Advertisement

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Apa Itu Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh

Definisi karbohidrat dan fungsinya bagi tubuh

Mengenal Apa Itu Karbohidrat dan Fungsinya Bagi Tubuh

penulis:

Azizah

Bagikan:

Karbohidrat merupakan salah satu makronutrien, yaitu nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar dan dapat menghasilkan energi karena mengandung kalori. Selain karbohidrat, nutrisi yang juga tergolong makronutrien adalah lemak dan protein.

Lalu apa itu karbohidrat? Untuk mengetahui jawaban pertanyaan tersebut, simak artikel dari Yummy App berikut ini ya.

Apa itu Karbohidrat?

description
Ilustrasi jenis makanan karbohidrat(unspalsh.com)

Apa itu karbohidrat? Menurut laman dari Halodoc Karbohidrat adalah zat gizi yang berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh. Sumber energi ini merupakan makanan utama bagi otak. Oleh sebab itu, kekurangan karbohidrat justru bisa memicu masalah kesehatan, sehingga Sobat Yummy tidak bisa menghindarinya. 

Pada saat Anda mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan memecahnya menjadi glukosa. Glukosa atau gula darah yaitu sumber energi utama untuk sel, jaringan, dan organ tubuh. Zat ini dapat segera digunakan atau disimpan di hati dan otot. 

Sebagian besar karbohidrat dapat dijumpai dalam biji-bijian. Namun, tidak sedikit pula produsen makanan yang menambahkan zat gizi ini ke dalam makanan olahan lainnya, berupa pati atau tambahan gula.

Baca Juga: 8 Makanan Rendah Karbohidrat yang Sehat untuk Berat Badan Tubuh

Fungsi Karbohidrat

description
Ilustrasi fungsi karbohidrat(unsplash.com)

Setelah Sobat Yummy mengetahui apa itu karbohidrat, ternyata karbohidrat selain mengenyangkan, karbohidrat juga memiliki dampak baik bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari karbohidrat: 

1. Sumber Energi

Manfaat dari karbohidrat bagi tubuh adalah sebagai sumber energi utama. Gula dan pati yang dikonsumsi akan dipecah menjadi gula sederhana dalam tubuh yang nantinya akan diserap ke dalam aliran darah, sehingga dikenal sebagai gula darah atau glukosa. 

Setelah dicerna, Karbohidrat diubah menjadi glukosa yang kemudia digunakan oleh tubuh sebagai bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan fungsi tubuh lainnya.

Bila tubuh memiliki kelebihan glukosa, maka akan disimpan sebagai glikogen yang sebagian besar akan disimpan di otot dan hati. 

2. Mendukung Kinerja Otak

2. Mendukung Kinerja Otak
Ilustrasi kinerja otak(unsplash.com/naeblys)

Terbukti, mencukupi kebutuhan karbohidrat juga dapat membantu otak agar tetap berfungsi dengan baik.

Otak menggunakan sebagian besar glukosa yang ada dalam tubuh sebagai bahan bakar. Karbohidrat membantu menjaga konsentrasi, fokus, dan performa kognitif yang optimal.

3. Melindungi Diri dari Penyakit 

3. Melindungi Diri dari Penyakit 
Ilustrasi melindungi diri dari penyakit(unsplash.com/Manuel Puga)

Serat yang mengandung karbohidrat dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit, mulai dari obesitas, kanker usus besar, dan diabetes tipe 2. 

Menurut penjelasan dari Halodoc Selain itu, biji-bijian dan serat makanan dari makanan utuh juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Bahkan, serat juga diketahui dapat membantu meningkatkan kinerja pencernaan agar lebih optimal. 

4. Mengontrol Berat Badan

4. Mengontrol Berat Badan
Ilustrasi mengontrol berat badan(unsplash.com/spukkato)

Mengkonsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu tubuh untuk mengontrol berat badan. Sebab, serat dapat membantu Sobat Yummy merasa kenyang dengan kalori yang sedikit. 

Bahkan, mengonsumsi karbohidrat kompleks juga bisa membuat Sobat Yummy merasa kenyang lebih lama. Mengenai ini tentunya bisa membantu penurunan berat badan.

5. Memelihara Keseimbangan Protein

5. Memelihara Keseimbangan Protein
Ilustrasi keseimbangan protein(unsplash.com/tbraInina)

Disampaikan oleh Dokter Gia, peran karbohidrat juga dapat membantu protein agar bisa berfungsi dengan baik. 

Karbohidrat akan membantu memelihara keseimbangan protein, sehingga protein yang dikonsumsi oleh tubuh dapat berperan untuk membangun jaringan tubuh dan tidak digunakan sebagai sumber energi. 

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

6. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Ilustrasi kesehatan pencernaan(unsplash.com/LightFieldStudios)

Baca Juga: Karbohidrat Kompleks dan Contoh Makanannya

Karbohidrat yang kaya akan serat dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal ini dapat sangat mengurangi risiko terjadinya sembelit atau susah buang air besar (BAB). 

Itulah beberapa informasi penting tentang karbohidrat, mulai dari apa itu karbohidrat sampai dengan beberapa fungsi karbohidrat bagi tubuh Sobat Yummy, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Sobat Yummy ya.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Cicik Ary

Cicik Ary

Nasi Goreng Merah

Nasi Goreng Merah

(5.0)

20 mnt

688

Artikel Lainnya di nutrisi