Nutrisi Telur Rebus: Jumlah Kalori hingga Resep Olahan

Kamu sudah tahu ini belum?

Nutrisi Telur Rebus: Jumlah Kalori hingga Resep Olahan

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Telur rebus dikenal sebagai sumber protein berkualitas tinggi dengan beragam nutrisi penting untuk kesehatan. Artikel ini akan menjelaskan komposisi nutrisi, manfaat kesehatan, dan resep olahan yang lezat.

Jelajahi manfaatnya mulai dari memperkuat otot hingga meningkatkan fungsi otak. Temukan pula beragam resep kreatif untuk mengolah telur rebus menjadi hidangan istimewa bagi keluarga kamu, Sobat Yummy.

Kandungan Nutrisi dalam Telur Rebus

telur rebus dengan irisan sayuran mentimun dan wortel di atasnya
ilustrasi telur rebus (pixabay.com/pepperlola)

Melansir Healthline, pada setiap satu butir telur rebus atau setara dengan 50 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

  1. Kalori: 77 
  2. Karbohidrat: 0,6 gram
  3. Lemak total: 5,3 gram
  4. Lemak jenuh: 1,6 gram
  5. Lemak tak jenuh: 2 gram
  6. Kolesterol: 212 miligram
  7. Protein: 6,3 gram
  8. Vitamin A: 6% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  9. Vitamin B2 (riboflavin): 15% dari AKG
  10. Vitamin B12 (cobalamin): 9% dari AKG
  11. Vitamin B5 (asam pantotenat): 7% dari AKG
  12. Fosfor: 86 miligram atau 9% dari AKG
  13. Selenium: 15,4 mikrogram

Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Cangkang telur rebus dibuka setengah
ilustrasi telur rebus (pixabay.com/jackmac34)

1. Meningkatkan kolesterol baik

Meskipun telur rebus memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, studi telah menunjukkan bahwa bagi kebanyakan orang, asupan kolesterol dari makanan tersebut tidak berdampak buruk pada kolesterol darah.

Faktanya, penelitian menemukan bahwa telur dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang bermanfaat, yang membantu mengurangi kadar kolesterol LDL yang tidak diinginkan.

2. Jaga kesehatan otak dan mata

Kuning telur adalah sumber kolin yang sangat baik, suatu nutrisi penting untuk kesehatan dan perkembangan otak. Selain itu, kuning telur juga mengandung banyak lutein dan zeaxanthin, yang merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata.

3. Sumber protein yang tinggi

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik karena mengandung nutrisi penting serta kesembilan asam amino esensial. Nutrisi ini terdapat pada kedua bagian telur, yaitu putih dan kuning telur.

Protein berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta berperan dalam berbagai proses biologis lainnya. Selain itu, kehadiran kesembilan asam amino esensial di telur menunjukkan bahwa makanan ini memiliki profil protein yang lengkap dan dapat mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Baca Juga: Resep Pizza Teflon yang Mudah untuk Pemula! 

Telur Rebus vs Telur Dadar atau Ceplok

Telur sedang direndam air
ilustrasi telur (pixabay.com/ivabalk)

Meskipun cara penyajiannya berbeda, telur rebus disiapkan tanpa bahan tambahan, sementara telur goreng membutuhkan tambahan mentega atau minyak, yang menyebabkan kandungan kalorinya lebih tinggi. Meskipun demikian, dari sudut pandang mikronutrien, keduanya memiliki kesamaan yang signifikan.

Memang terdapat sedikit perbedaan nutrisi antara telur rebus dan goreng karena tambahan mentega atau minyak dalam proses memasak. Namun keduanya tetap merupakan sumber makanan yang bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam batas yang wajar dan dalam konteks pola makan yang seimbang.

Resep Olahan Telur Rebus ala Yummy App

1. Tumis Telur Rebus

Bahan utama:

  1. 8 butir telur ayam
  2. 50 gram sayuran campur (mix vegetable)
  3. 1 sdm saus tiram 
  4. secukupnya garam
  5. secukupnya kaldu ayam bubuk
  6. 100 mL air
  7. Secukupnya gula pasir
  8. Secukupnya merica bubuk

Bumbu iris:

  1. 1 siung bawang bombay
  2. 5 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 5 buah cabai merah keriting
  5. 5 buah cabai hijau
  6. 5 buah cabai rawit merah

Cara memasak:

  1. Rebus telur hingga matang selama 7 menit sejak air mendidih. Lalu, kupas telur dan belah menjadi 2.
  2. Goreng hingga berkulit, kemudian, sisihkan.
  3. Panaskan 5 sdm minyak, lalu tumis bawang putih bombay, bawang merah, dan bawang putih hingga layu.
  4. Lalu, masukkan cabai dan aduk rata.
  5. Tambahkan air, saus tiram, gula pasir, garam, merica bubuk, dan kaldu ayam. Masak hingga mendidih, lalu cicipi rasanya.
  6. Masukkan mix vegetable , kemudian, aduk rata.
  7. Terakhir, masukkan telur. Pastikan bahwa telur terendam merata. Kemudian, masak hingga bumbu meresap. Lalu, angkat dan sajikan.

2. Telur Rebus Balado

Bahan utama:

  1. 3 butir telur ayam rebus
  2. 1 buah kentang
  3. 1 lembar daun jeruk
  4. Secukupnya garam
  5. Secukupnya kaldu bubuk

Bumbu halus:

  1. 3 buah cabai merah besar
  2. 2 buah cabai rawit merah
  3. 2 siung bawang merah
  4. 1 siung bawang putih
  5. 1 biji kemiri

Cara memasak:

  1. Siapkan telur rebus, kupas.
  2. Goreng telur rebus tadi, demikian juga dengan kentangnya.
  3. Tumis bumbu halus dengan daun jeruk sampai matang dan mengharum.
  4. Tuang sedikit air, kemudian masukkan telur dan kentangnya.
  5. Tambahkan garam, merica bubuk, kaldu bubuk. Aduk hingga merata. Masak sampai menyusut.
  6. Sajikan di atas piring saji dan telur rebus baladomu siap untuk disajikan.

Baca Juga: Telur Asin: Sejarah, Cara Buat, Manfaat, hingga Resep Olahan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Angken Keenan

Angken Keenan

Vanilla Butter Cookies #KURCEPCEMILANANAK

Vanilla Butter Cookies #KURCEPCEMILANANAK

(5.0)

25 mnt

193

Artikel Lainnya di nutrisi