10 Buah Pelancar BAB Bayi yang Bantu Atasi Sembelit

​Jangan sampai sembelit mengganggu keceriaannya

10 Buah Pelancar BAB Bayi yang Bantu Atasi Sembelit

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kondisi sulit buang air besar (sembelit) pada bayi memang dapat terjadi. Terutama ketika bayi sudah diberikan makanan pendamping ASI. Tekstur makanan yang berubah ke sedikit lebih padat memang membutuhkan penyesuaian di dalam pencernaan bayi.

Sembelit pada bayi tentu saja dapat mengganggu keceriaannya. Jika Mama melihat si Kecil mulai tidak nafsu makan, perut kembung, buang air besar sambil mengejan, ukuran tinja bisa cukup besar atau sangat kecil, terlihat kering, keras, dan menggumpal, ini bisa jadi merupakan ciri-ciri bahwa si Kecil mengalami sembelit. Jangan anggap enteng kondisi ini.

Agar pencernaan bayi lancar, pastikan ia mengonsumsi makanan yang cukup serat dan mengandung vitamin C. Salah satunya bisa didapatkan dari mengonsumsi buah-buahan.

Nah, berikut daftar buah pelancar BAB bayi yang dapat membantu memperlancar buang air besar (BAB) pada bayi. Sebab, buah-buah ini mengandung serat dan vitamin C yang dibutuhkan bayi untuk menghentikan sembelit.

1. Buah Naga

1. Buah Naga
freepik.com

Buah naga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Selain itu, kandungan air dan serat yang cukup tinggi, dapat membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar pada bayi. Namun buah naga dapat memengaruhi warna feses dan urine, apalagi jika mengonsumsi buah naga merah.

2. Plum

2. Plum
freepik.com

Buah plum juga merupakan salah satu buah yang kaya serat dan memiliki kalium yang tinggi. Selain itu, antioksidan pada buah plum juga dapat melawan sumber penyakit lainnya yang berisiko pada bayi.

3. Pepaya

3. Pepaya
freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi jika buah pepaya memiliki manfaat yang baik bagi sistem pencernaan. Kandungan serat, folat, vitamin A, C, dan E pada pepaya menjadi rahasia dibalik buah yang populer sebagai pelancar BAB ini.

Untungnya, di negara kita yang beriklim tropis, buah pepaya sangat mudah ditemui dan bisa didapat kapan saja. Jadi tidak perlu khawatir, Mama bisa mendapatkan buah pepaya dengan mudah.

4. Tomat

4. Tomat
freepik.com

Tomat dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan kandungan seratnya berperan dalam membantu menyehatkan sistem pencernaan. Maka dari itu, tomat juga cocok diberikan pada bayi untuk dikonsumsi ketika ia sedang sembelit.

5. Pir

5. Pir
freepik.com

Buah pir juga memiliki kandungan serat dan air yang baik untuk melancarkan BAB pada bayi. Namun, teksturnya yang keras, belum dapat dikunyah oleh bayi. Mama bisa memberikannya dengan menghaluskannya menggunakan blender agar bayi bisa mendapatkan manfaat dari buah ini.

6. Beri

6. Beri
freepik.com

Buah beri kaya akan antioksidan serta tinggi serat, sehingga baik bagi pencernaan bayi. Buah beri bisa diberikan pada bayi dengan mengolahnya menjadi campuran makanan pendamping ASI atau menghaluskannya dengan blender agar bayi lebih mudah menelan.

7. Apel Merah

7. Apel Merah
freepik.com

Selanjutnya ada buah apel merah yang juga kaya akan serat yang membantu sistem pencernaan bayi dan membantu melunakkan feses. Namun buah apel cukup keras untuk dikonsumsi oleh bayi. Sebelum diberikan, sebaiknya haluskan terlebih dahulu buah apel atau haluskan dan campurkan pada makanan bayi agar mudah ditelan.

8. Alpukat

8. Alpukat
freepik.com

Buah yang satu ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan bayi karena kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Teksturnya yang cukup lembut akan memudahkan bayi ketika mengunyah buah ini.

9. Pisang

9. Pisang
freepik.com

Pisang adalah buah yang mudah dicerna dan dapat menghasilkan bakteri baik yang dapat membantu produksi asam lemak rantai pendek.

10. Kiwi

10. Kiwi
freepik.com

Kiwi adalah buah berikutnya yang kerap dikonsumsi untuk dapat melancarkan BAB dan mengatasi masalah sembelit. Selain serat, kiwi juga mengandung enzim asam actinidin yang dapat merangsang gerakan usus sehingga bisa lebih rutin buang air besar.

Itulah daftar buah pelancar BAB bayi yang berkhasiat untuk melancarkan buang air besar pada bayi. Jangan lupa untuk selalu memberikan penanganan yang tepat untuk setiap masalah kesehatan si Kecil agar ia kembali sehat dan ceria.

Baca Juga: 8 Daun Penurun Panas pada Bayi, Alternatif Obat Praktis dan Alami

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Susu Buah Madu

Susu Buah Madu

(5.0)

5 langkah

348

Artikel Lainnya di nutrisi