10 Macam Buah Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia

Kamu kekurangan darah? Coba makan 10 buah ini ya!

10 Macam Buah Penambah Darah untuk Mengatasi Anemia

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Sobat Yummy, tahukah kamu, kalau macam-macam buah yang sering dikonsumsi di rumah punya manfaat yang berbeda? Ternyata, setiap buah-buahan mempunyai manfaatnya masing-masing dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Supaya manfaat dari buah dapat terasa secara efektif, kamu harus memakan buah-buahan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Jika kamu merupakan penderita anemia, kamu tentu harus makan buah-buahan yang kandungannya memang bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh. Karena, anemia sendiri merupakan salah satu penyakit, di mana penderitanya mengalami kekurangan sel darah merah. Dampak dari kurangnya darah ini dapat membuat pusing hingga kehilangan kesadaran sementara (pingsan).

Untuk itu, kamu harus tahu macam-macam buah penambah darah, bagi kamu penderita anemia. Simak di sini, ya!

1. Buah Bit

buat bit
ilustrasi buah bit (pexels.com/evabronzini)

Buah pertama yang diketahui dapat membantu menambah sel darah merah dalam tubuh adalah buah bit. Kandungan antioksidan dan folat yang memang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Hal ini juga dikatakan dalam Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, bahwa kandungan yang ada di dalam buah bit, dapat membantu mengatasi dan mencegah terjadinya anemia. Jadi, sangat tepat mengkonsumsi buah bit bagi para penderita anemia.

2. Buah Sitrus

buah sitrus
ilustrasi buah sitrus (unsplash.com/rayiasoderberg)

Tidak jauh berbeda dengan buah bit, buah sitrus bisa bermanfaat untuk kamu yang mempunyai riwayat anemia. Hal ini dikarenakan, buah sitrus mengandung asam folat yang cukup tinggi, untuk bantu produksi kembali sel darah merah. Tidak aneh bukan, kalau buah sitrus disebut sebagai buah penambah darah?

Selain itu, buah sitrus juga banyak mengandung vitamin C yang bisa menjaga kekebalan tubuh. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan tubuh, hanya dengan mengkonsumsi satu buah.

3. Buah Naga

buah naga
ilustrasi buah naga (pexels.com/anylane)

Anemia bisa juga disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi, sehingga mempengaruhi proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Buah naga hadir untuk membantu kamu yang mengalami anemia, karena kurangnya zat besi di dalam tubuh.

Buah naga sendiri mempunyai kandungan vitamin C yang bisa membantu penyerapan zat besi secara optimal. Seperti dalam Jurnal Abdimas Kesehatan yang juga mengatakan bahwa, kandungan dalam buah naga dapat mencegah terjadinya anemia jika dikonsumsi secara teratur.

Baca Juga: ​15 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janin

4. Mangga

buah mangga
ilustrasi buah mangga (pexels.com/romanodintsov)

Walaupun dilihat dari bentuk dan rasanya yang berbeda, ternyata mangga dan buah naga mempunyai manfaat yang sama, loh. Buah mangga dapat membantu penyerapan zat besi lebih optimal, serta berperan dalam peningkatan sel darah merah. Dengan begitu, masalah anemia kamu bisa terbantu jika mengkonsumsi buah mangga secara rutin.

5. Stroberi

buah stroberi
ilustrasi buah stroberi (pexels.com/danatentis)

Bukan hanya rasanya saja yang lezat, namun manfaat buah stroberi sangat bagus untuk membantu meringankan penyakit anemia. Stroberi dikatakan mempunyai kandungan vitamin C yang bisa membantu tubuh menyerap zat besi secara optimal. Stroberi juga diyakini sebagai buah penambah darah, karena mampu meningkatkan proses pembentukan sel darah merah.

6. Apel

buah apel
ilustrasi buah apel (pexels.com/pixabay)

Buah apel sudah menjadi buah yang familiar pastinya buat para, Sobat Yummy. Tapi, apakah Sobat Yummy sudah tahu kalau buah apel juga bisa bermanfaat bagi penderita anemia?

Ya, kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah apel, ternyata mampu mengoptimalkan proses penyerapan zat besi, dan juga mampu meningkatkan produksi sel darah merah. Apel bisa kamu konsumsi dengan memakannya secara langsung, atau dibuat menjadi segelas jus segar.

7. Kurma

buah kurma
ilustrasi buah kurma (pexels.com/antonishkraba)

Siapa sangka, buah kurma yang sering kali dikonsumsi saat bulan puasa ini, juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Kurma bisa membantu untuk meringankan dan mengatasi anemia, karena di dalamnya mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, jangan hanya makan buah kurma saat bulan puasa saja, ya, karena ternyata kurma bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

8. Delima

buah delima
ilustrasi buah delima (pexels.com/pixabay)

Menurut laman Kementerian Kesehatan, buah delima mempunyai banyak zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti zat besi, vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin C. Oleh sebab itu, buah delima menjadi salah satu buah yang bisa dimanfaatkan dalam mengatasi anemia. Dengan kandungan nutrisi yang banyak, buah delima juga bisa mencegah berbagai penyakit lainnya. 

9. Leci

buah leci
ilustrasi buah leci (pexels.com/olgakovalski)

Buah leci biasanya ditemukan pada kue ulang tahun, sebagai hiasan yang cantik. Namun, pada nyatanya buah leci ini mempunyai kegunaan yang lebih dari sebatas hiasan kue. Buah leci dinilai mampu mengatasi anemia dengan kandungan vitamin C tinggi yang terdapat dalam buah leci.

10. Pisang

buah pisang
ilustrasi buah pisang (pexels.com/kio)

Buah pisang biasanya dikenal sebagai buah yang bisa membantu dalam pemadatan feses, ketika kamu mengalami diare. Tapi, pisang juga memiliki manfaat yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Buah pisang bisa menjadi buah penambah darah, karena mengandung asam folat dan vitamin C.

Dalam jurnal Enfermeria Clinica, juga membahas terkait penelitian yang dilakukan untuk melihat perbedaan hemoglobin beberapa siswa, sesudah dan sebelum makan pisang ambon. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa, hemoglobin para siswa setelah memakan pisang ambon mengalami peningkatan. Karena itulah, pisang disebut memiliki peran dalam mengatasi penyakit anemia.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan, kalau ternyata ada banyak jenis buah yang bermanfaat untuk mengatasi anemia. Namun, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang juga mengandung banyak zat besi, ya, disertai dengan buah-buahan di atas. Kamu juga harus membatasi aktivitas yang terlalu padat, beristirahat dengan cukup, dan rajin berolahraga, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Jadi, di antara 10 buah yang disebutkan oleh Yummy App, mana yang jadi buah favorit kamu?

Baca Juga: Buah Anti-Inflamasi yang Bagus untuk Radang Tenggorokan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Cookies Buah

Cookies Buah

(5.0)

5 langkah

306

Artikel Lainnya di nutrisi