10 Buah Penambah Berat Badan yang Tinggi Kalori

Buah ini yang mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh!

10 Buah Penambah Berat Badan yang Tinggi Kalori

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Lagi mencoba untuk menambah berat badan? Buah yang tinggi kalori ini cocok untuk camilan enak dengan rasa yang luar biasa dan penuh nutrisi.

Beberapa orang beranggapan kalau makan buah adalah makanan untuk diet yang rendah kalori. Namun, nyatanya ada banyak variasi dan jenis buah yang tersedia.

Buah yang tinggi kalori umumnya mengandung lemak baik, vitamin, dan mineral penting yang dapat mendukung kesehatan tubuh. Meski begitu, buah-buahan tinggi kalori kerap dihindari oleh pelaku diet karena dapat meningkatkan berat badan.

Berikut ini Yummy App membagikan beberapa buah penambah berat badan yang tinggi kalori. Layak dijadikan santapan sehari-hari jika kamu sedang dalam rangka menambah berat badan, nih!

1. Alpukat

ilustrasi buah alpukat
ilustrasi buah alpukat (freepik.com/dashu83)

Buah penambah berat badan yang tinggi kalori pertama dari Yummy App adalah buah alpukat. Dalam satu buah alpukat mengandung sebanyak 322 kalori yang baik untuk tubuh. Buah ini juga mengandung lemak sehat yang dapat mendistribusikan nutrisi dan vitamin ke seluruh tubuhmu. Apukat juga terkenal dapat menyehatkan jantung dan mampu menyehatkan saluran pencernaan karena tinggi akan serat. 

2. Pisang

ilustrasi buah pisang
ilustrasi buah pisang (freepik.com/KamranAydinov)

Buah penambah berat badan yang tinggi kalori kedua adalah buah pisang. Satu buah pisang berukuran besar mengandung sebanyak 121 kalori. Jumlah ini sangat pas untuk kamu yang ingin menaikan berat badan dengan cara alami. Pisang juga menawarkan berbagai gizi alami untuk tubuh, seperti potasium yang menyehatkan jantung dan juga vitamin C yang dapat menaikkan imun. 

3. Daging Kelapa

ilustrasi daging kelapa
ilustrasi kelapa (pexels.com/craigadderley)

Kelapa merupakan buah yang sangat populer karena serbaguna. Mulai dari serabutnya hingga dagingnya, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak. Daging kelapa ternyata merupakan salah satu sumber kalori yang bagus untuk kesehatan, lho.

Daging kelapa tinggi akan lemak tak jenuh dan mengandung sedikit karbohidrat. Satu buah yang penuh daging mengandung sebanyak 99 kalori. 

4. Mangga

Buah mangga matang dan olahannya
ilustrasi buah mangga (pexels.com/arunthomas)

Mangga memiliki rasa manis yang segar dan cocok dimakan sebagai camilan di siang hari. Jika kamu sedang menjalani program menambah berat badan, kabar baiknya ternyata buah mangga juga termasuk salah satu buah penambah berat badan yang tinggi kalori dan buah ini pas untuk kamu hidangkan setiap hari.

Mangga merupakan sumber kalori yang baik untuk tubuh yang berasal dari karbohidrat. Satu gelas penuh buah mangga atau setara 165 gram mengandung sebanyak 99 kalori. 

Baca Juga: ​8 Menu Sarapan Sehat Rendah Kalori untuk Kamu yang Sedang Diet

5. Buah-buahan Kering

ilustrasi buah kering
ilustrasi buah kering (freepik.com/racool_studio)

Buah kering adalah buah yang kandungan airnya hampir hilang melalui beberapa metode pengeringan. Karena itu, yang tersisa dari buah kering ini adalah kalori yang pas untuk menambah energimu.

Buah-buahan kering dipercaya padat akan energi dan cocok untuk dikonsumsi saat ingin menambah berat badan. Kamu bisa menambahkan buah kering ke dalam sumber lemak dan protein sehat lainnya untuk hasil yang lebih optimal. 

6. Kurma

Semangkuk buah kurma
ilustrasi buah kurma (pexels.com/azerbajian_stockers)

Buah manis yang satu ini kurang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam porsi banyak jika kamu sedang menjaga berat badan. Pasalnya, dua buah kurma seberat (48 gram) memberikan tubuhmu sebanyak 133 kalori dengan tambahan gula alam. Biasanya kurma yang sering digunakan untuk menambah berat badan adalah kurma medjool.

7. Jambu Biji

ilustrasi jambu biji
ilustrasi jambu biji (freepik.com/freepik)

Buah penambah berat badan yang tinggi kalori selanjutnya adalah buah jambu biji. Perlu kamu ketahui, dalam satu buJambu biji seberat 110 gram mengandung sebanyak 136 kalori baik untuk tubuh. Selain itu, jambu biji juga mengandung vitamin C yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk. 

8. Pomegranate

Buah delima merah
ilustrasi buah pomegranate (pexels.com/annanekrashevich)

Pomegranate atau delima merah dinobatkan sebagai buah tersehat di dunia. Bagaimana tidak, buah ini mengandung antioksidan yang tinggi dan berbagai vitamin di dalamnya.

Bukan hanya itu, delima merah juga mengandung tinggi kalori. Satu buah delima merah seberat 282 gram mengandung 234 kalori yang sehat untuk tubuh. 

9. Anggur

Buah anggur berkulit ungu
ilustrasi buah anggur (pexels.com/darinabelonogova)

Untuk kamu yang sedang diet, sebaiknya batasi asupan buah manis satu ini. Namun,  bagi kamu yang sedang mencari buah penambah berat badan yang tinggi kalori, buah anggur bagus untuk kamu tambahkan ke dalam daftar makanan kamu. Pasalnya, anggur seberang 151 gram mengandung sebanyak 104 kalori baik. Bukan cuma itu, anggur juga merupakan sumber vitamin C dan K yang baik untuk tubuh. 

10. Apel

Tiga buah apel
ilustrasi buah apel (pexels.com/gustavofrong)

Dalam daftar buah penambah berat badan tinggi kalori terakhir kali ini, buah apel bisa menjadi pilihan kamu. Apel merupakan buah yang mengandung polifenol tinggi yang bagus untuk kesehatan jantung.

Selain itu, apel juga mengandung pektin yang dapat membunuh bakteri dalam tubuh. Bukan hanya itu, apel juga tinggi kalori, lho. Apel dengan ukuran sedang seberat 100 gram ternyata mengandung sebanyak 104 kalori!

Itulah beberapa buah penambah berat badan yang tinggi kalori. Jika kamu sedang diet, boleh kok, mengkonsumsinya, namun tetap dalam batasan, ya. Buah-buahan di atas bisa kamu kombinasikan dengan makanan tinggi lemak lain agar hasilnya lebih optimal.

Baca Juga: ​6 Jenis Buah untuk Kulit Berjerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Vhita Hani

Vhita Hani

Pisang Mangga Smoothies

Pisang Mangga Smoothies

(5.0)

5 langkah

224

andrenia giawati

andrenia giawati

Jus Jambu Biji dan Kurma

Jus Jambu Biji dan Kurma

(5.0)

6 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi