​6 Jenis Buah untuk Kulit Berjerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Buah ini mengandung nutrisi yang dapat meredakan jerawat!

​6 Jenis Buah untuk Kulit Berjerawat yang Wajib Kamu Ketahui

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Jerawat merupakan permasalahan kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan adanya sel kulit mati yang menumpuk. Kondisi ini menyebabkan whiteheads dan blackheads atau jerawat. Terlepas dari jenis kulitnya, bekas luka karena jerawat membutuhkan waktu lama untuk memudar. 

Beberapa penyebab terjadinya jerawat adalah karena pola makan tidak sehat, gaya hidup tidak sehat, hormonal, dan tingkat stres seseorang.

Untuk mengatasinya, kamu bisa meredakannya dengan mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung nutrisi baik untuk kulit. Berikut ini beberapa buah untuk jerawat yang bisa membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas jerawat kamu!

1. Lemon

Buah lemon untuk meredakan jerawat
ilustrasi buah lemon (pexels.com/lukas)

Lemon merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Perasan lemon mengandung astringent alami yang dapat menyamarkan noda bekas jerawat dan noda lainnya. Selain itu, kandungan asam sitrat pada lemon dapat mengurangi peradangan karena jerawat. 

Namun, jangan menggunakan perasan lemon langsung ke wajah, hal ini akan menyebabkan skin barrier-mu justru menjadi rusak. Kamu bisa memilih skincare dengan kandungan vitamin C dari lemon atau mencampurkannya dengan makanan sehat lainnya.

2. Buah Beri

Macam-macam buah beri
ilustrasi buah beri (pexels.com/pixabay)

Berbagai buah beri memiliki manfaat yang baik untuk kulit, terutama untuk kulit berjerawat dan flek hitam. Strawberry, cherry, blueberry, dan blackberry memiliki kandungan vitamin C dan juga antioksidan.

Kedua kandungan tersebut mampu membantu meredakan peradangan kulit akibat jerawat, mempercepat proses penyembuhan luka dan juga menghindari adanya hiperpigmentasi pada kulit.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mengandung Kolagen untuk Meremajakan Kulit

3. Pepaya

Buah pepaya bagus untuk radang tenggorokan
ilustrasi buah pepaya (pexels.com/alleksana)

Enzim papain pada pepaya mampu membantu memudarkan bekas jerawat, menghidrasi kulit, mengangkat sel kulit mati, hingga mencegah datangnya jerawat.

Kandungan vitamin A pada pepaya juga mampu menghindari kulitmu dari sumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, kandungan mineral di dalam pepaya dapat membuatmu awet muda, loh! Pasalnya, pepaya dapat membantu menghilangkan garis halus pada wajah dan meningkatkan elastisitas kulit.

4. Alpukat

Potongan buah alpukat
ilustrasi buah alpukat (pexels.com/ivansamkov)

Alpukat memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan omega-3 yang mampu membantu menghilangkan bekas jerawat pada kulit, menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Selain itu, antimikroba pada alpukat ini juga dapat mengurangi resiko timbulnya jerawat baru pada kulit.  

Omega-3 yang merupakan lemak sehat atau semacam lemak tak jenuh yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dan menghidrasi kulit dari dalam.

5. Apel Hijau

Buah apel hijau
ilustrasi buah apel hijau (pexels.com/mónikaerdei)

Tak bisa dimungkiri kalau penyebab utama kulit berjerawat adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung gula. Maka dari itu, makanan dengan indeks glikemiks tinggi sangat tidak direkomendasikan untuk para pejuang kulit sehat. 

Indeks glikemiks adalah ukuran yang digunakan untuk mengindikasi dan mengukur seberapa cepat karbohidrat yang ada pada makanan diubah menjadi gula di dalam tubuh.

Apel hijau merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki indeks glikemiks rendah dan mengandung asam salisilat. Selain sering dikonsumsi untuk diet, apel juga bisa membantu meredakan jerawat, dan menghidrasi kulit dari dalam.

6. Delima (Pomegranate)

Buah delima merah
ilustrasi buah pomegranate (pexels.com/annanekrashevich)

Terlalu sering terpapar radikal bebas adalah salah satu alasan kenapa jerawat pada kulit semakin parah. Kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan tinggi antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dari dalam. Salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi adalah pomegranate atau delima merah!

Selain mengandung antioksidan, pomegranate juga mengandung vitamin C dan E yang bagus untuk meredakan peradangan akibat jerawat, meregenerasi kulit, melawan tanda-tanda penuaan, dan melembabkan kulit dari dalam.

Nah, itulah beberapa buah untuk kulit berjerawat yang bisa kamu konsumsi ketika kulit dalam kondisi berjerawat. Selain dapat meredakan jerawat, buah-buahan di atas juga bisa membuat kulitmu terlihat awet muda dan sehat. Konsultasikan dulu ke dokter kulit untuk menyesuaikan porsi konsumsinya sesuai kondisi kulit kamu, ya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Makanan yang Aman untuk Sariawan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Wati Wartini

Wati Wartini

Smoothies Pepaya Yogurt #SmoothiesSobatYummy

Smoothies Pepaya Yogurt #SmoothiesSobatYummy

(5.0)

6 langkah

183

Artikel Lainnya di nutrisi