5 Buah untuk Melancarkan BAB, Dijamin Mujarab sebagai Pencahar Alami!

Buah-buahan dengan segudang manfaat, sembelit pun tuntas

5 Buah untuk Melancarkan BAB, Dijamin Mujarab sebagai Pencahar Alami!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Memulai hari dengan semangat, bahkan rasanya kamu siap menghadapi apapun hari ini. Tetapi secara tiba-tiba pencernaanmu diserang oleh konstipasi atau sembelit. Sakit yang dialami sampai merusak hari dan bikin mood turun saja, deh!

Sobat Yummy ingin mengatasinya dengan obat pencahar, tapi masih bimbang dengan efek sampingnya. Eits, jangan bersedih dulu, Yummy App telah merangkum beberapa buah untuk melancarkan BAB, yang dijamin manjur dan sembelit tuntas! Let's check it out!

1. Pepaya

pepaya buah pelancar BAB
ilustrasi pepaya pelancar BAB (unsplash.com/Bon Vivant)

Di beberapa negara, khususnya di Indonesia, buah pepaya sangat terkenal dan dipercaya dapat melancarkan BAB. Pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung tinggi serat, sehingga mendukung gerak peristaltik pada usus. Kamu akan mengalami dorongan untuk BAB atau kondisi ini dinamakan mulas perut.

Pada buku Cerdas Memilih Sayuran dijelaskan, bahwa terdapat kandungan baik pada pepaya, yakni adanya enzim papain. Enzim tersebut dapat membantu menyerap air untuk meningkatkan masa tinja. Sehingga tinja akan lebih lunak dan mudah dalam proses BAB.

2. Apel

apel buah pelancar BAB
ilustrasi apel pelancar BAB (unsplash.com/Shelley Pauls)

Apel menjadi buah pelancar BAB selanjutnya. Buah ini tidak kalah dengan buah lain dari segi kandungan seratnya.

Buah apel mengandung serat tidak larut air sekitar 2,8 g dan serat larut air sebesar 1,2 g. Tingginya serat ini, dapat melancarkan pencernaan kamu.

Tidak hanya itu, menurut studi pada Jurnal Gizi dan Pangan, apel kaya akan pektin. Senyawa ini dapat men-support penyerapan air dan efektif dalam melunakkan tinja. Pektin juga mendukung peningkatan bakteri baik dalam usus, sehingga dapat kesehatan pencernaan lebih terjaga.

Baca Juga: 5 Tips Minuman untuk Meredakan Diare beserta Penyebabnya

3. Alpukat

alpukat buah pelancar BAB
ilustrasi alpukat pelancar BAB (unsplash.com/Thought Catalog)

Jika membicarakan buah untuk melancarkan BAB, kamu tidak boleh melewatkan buah yang satu ini. Alpukat merupakan superfood yang populer karena segudang manfaatnya dikalangan masyarakat.

Salah satu manfaatnya yakni melancarkan BAB. Kandungan tinggi seratnya mampu membantu kelancaran masalah pencernaan. Buah ini juga mengandung kalium dan fruktosa yang rendah, hal itu dapat mengurangi penumpukan gas di perut yang menyebabkan kembung.

4. Jeruk

jeruk buah pelancar BAB
ilustrasi jeruk pelancar BAB (unsplash.com/Sheraz Shaikh)

Buah yang kaya akan vitamin C ini, juga memiliki manfaat keren dalam pelancar BAB, lho! Sama seperti apel, jeruk juga memiliki kandungan kaya akan pektin yang efektif dalam melunakkan tinja.

Bahkan, kandungan pektinnya setara dengan 10 persen asupan serat per hari dalam satu buah jeruk. Hal tersebut membuat si bulat oranye ini menjadi buah mujarab dalam pelancar BAB.

5. Pisang

pisang buah pelancar BAB
ilustrasi pisang pelancar BAB (unsplash.com/Eiliv Aceron)

Buah untuk melancarkan BAB selanjutnya, yakni pisang. Buah ini mengandung segudang manfaat baik yang dapat melancarkan dan meningkatkan kesehatan pencernaanmu.

Dijelaskan pada jurnal terbitan Biomed Science, selain sudah pasti mengandung kaya akan serat, pisang juga merupakan buah prebiotik. Manfaat tersebut dapat meningkatkan bakteri baik pada usus besar, sehingga menghasilkan enzim serta vitamin yang mampu memelihara kesehatan pencernaan dan tentunya melancarkan BAB. Selain itu, kandungan vitamin B6 pada pisang, dapat mengurangi gejala diare.

Jika kamu mengalami sembelit, coba konsumsi buah tinggi serat yang telah dirangkum Yummy App di atas. Masalah pencernaan akan mujarab dituntaskan, jika kamu banyak mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan. Selain mendapatkan manfaat serat, asupan vitamin yang dibutuhkan tubuhmu juga terpenuhi dengan mengonsumsi banyak buah!

Baca Juga: ​12 Buah yang Cocok untuk Salad Buah, Dijamin Lebih Segar dan Sehat!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lia_Ariani

Lia_Ariani

Es Alpukat Mutiara Karamel

Es Alpukat Mutiara Karamel

(5.0)

5 langkah

371

Artikel Lainnya di nutrisi