Buah Anti-Inflamasi yang Bagus untuk Radang Tenggorokan

Bisa dinikmati langsung maupun dibuat sajian khusus

Buah Anti-Inflamasi yang Bagus untuk Radang Tenggorokan

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Radang tenggorokan adalah terjadinya iritasi yang membuat tenggorokan bengkak, nyeri, dan terasa tidak nyaman. Kondisi itu membuat orang kesulitan untuk menelan sesuatu, sehingga berdampak pada hilangnya nafsu makan. 

Sebagai alternatif, ada aneka buah yang baik untuk radang tenggorokan karena memiliki nutrisi yang bisa membantu mempercepat pemulihan. Buah-buahan itu juga bisa dijadikan olahan yang mudah dikonsumsi dan tidak merepotkan.

Berikut daftar buah untuk radang tenggorokan. Perbanyak asupannya, yuk!

1. Pisang

ilustrasi buah pisang
ilustrasi buah pisang (freepik.com/KamranAydinov)

Buah yang baik untuk radang tenggorokan adalah yang bertekstur lembut, seperti pisang. Rasanya yang manis dan mengenyangkan, membuat pisang cocok jadi kudapan saat sakit tenggoroan. 

Nutrisi pisang yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh juga dinilai bermanfaat untuk membantu pemulihan. Cara terbaik untuk memperoleh manfaat pisang adalah dengan memakannya langsung. Namun, jika kamu butuh kelembutan ekstra kamu bisa mengukusnya. Pisang kukus akan terasa lebih manis dan mudah ditelan.

2. Alpukat

ilustrasi buah alpukat
ilustrasi buah alpukat (freepik.com/dashu83)

Terkenal karena rasanya yang gurih dan creamy, alpukat adalah sumber lemak nabati yang sangat bernutrisi. Buah yang menghasilkan jus paling enak ini memiliki sifat anti-inflamasi yang jarang ditemukan di buah lain. 

Kandungan lemak tak jenuh, serat, dan karotenoidnya diklaim mampu bekerja sama untuk meredakan peradangan di tubuh. Atas dasar itu, alpukat termasuk buah yang bagus buat radang tenggorokan. Tekstur lembutnya juga memudahkan untuk dimakan, apalagi jika ditambah susu cokelat bubuk, maka jadilah alpukat kocok yang menggiurkan!

3. Pepaya

Buah pepaya bagus untuk radang tenggorokan
ilustrasi buah pepaya (pexels.com/alleksana)

Mengingat teksturnya yang lunak, pepaya dipercaya menjadi buah yang baik untuk radang tenggorokan. Profil nutrisi pepaya menunjukkan bahwa buah tropis ini tinggi antioksidan. Itu berdampak pada efek anti-peradangan yang bisa kita peroleh saat menikmati pepaya.

Jika radang tenggorokan kamu dipicu oleh pola makan yang tidak sehat, pepaya bisa membantu menetralisir dengan mengurangi gejala inflamasi. Selain rasanya yang manis, harga pepaya yang lebih ekonomis juga menjadi kelebihan tersendiri, bukan?

4. Jus delima

segelas jus delima
ilustrasi jus delima (freepik.com/azerbaijan-stockers)

Menikmati delima dari bijinya mungkin agak menyulitkan bagi yang tenggorokannya sakit. Tapi tidak dengan meminum sari buah delima. Jus delima yang menyegarkan ternyata memiliki khasiat untuk meredakan radang tenggorokan, lho.

Kandungan polifenol yang tinggi membuat buah delima memproduksi sifat antioksidan sekaligus anti-inflamasi dengan kadar tinggi. Hal ini berarti bahwa mengonsumsi jus delima bisa mengobati berbagai kondisi peradangan. Sehingga, saat diminum secukupnya, jus delima bisa menjadi buah yang bagus buat radang tenggorokan.

5. Semangka

Potongan buah semangka merah
ilustrasi buah semangka (pexels.com/lisafotios)

Dengan kandungan air yang mencapai 92 persen, kesegaran buah semangka tentu efektif mengusir dahaga. Ini sangat bermanfaat buat kamu yang tenggorokannya kering karena radang. 

Entah dinikmati langsung atau dibuat jus, semangka bisa mempercepat pemulihan karena cepat menghidrasi tubuh. Warnanya yang merah terang menandakan semangka punya senyawa likopen, yang bisa melindungi kerusakan tubuh akibat radikal bebas. 

Baca Juga: 10 Buah Tinggi Kalori untuk Menambah Berat Badan

6. Buah naga

ilustrasi buah naga
ilustrasi buah naga (freepik.com/8photo)

Pilihan lain dari buah yang bagus untuk radang tenggorokan adalah buah naga. Senyawa yang berjasa mengurangi peradangan tidak lain adalah antioksidan, yang juga berguna untuk mentralkan radikal bebas. 

Menurut laman Healthy Fyme, para pakar mengganggap buah naga bisa menjadi obat penghilang rasa sakit untuk rasa nyeri. Bahkan jika tidak mengehilangkan rasa sakitnya, buah naga bisa mengurangi keparahan peradangan. 

Tidak lupa menyebutkan bahwa sifat anti-inflamasi buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lalu sifat antibakterinya juga mendukung sel darah putih dan membantu melawan infeksi yang menyerang tenggorokan.

7. Apel

ilustrasi buah apel
ilustrasi buah apel (freepik.com/KamranAydinov)

Nutrisi penting untuk meredakan gejala radang seperti antioksidan juga bisa diperoleh dari apel. Apel telah dikonsumsi secara luas dan mendapat acungan jempol dari pakar karena sifat antiinflamasi itu. 

Apel kaya akan polifenol yang tidak hanya mampu mengurangi radang tenggorokan, tetapi juga membantu menjaga tekanan dan pembuluh darah tetap fleksibel. Mengonsumsi apel juga dapat mempercepat kesembuhan dengan manfaat penambah kekebalannya. 

Jika menggigit apel terlalu menyakitkan, cobalah untuk membuatnya menjadi jus segar. Namun, perhatikan takaran pemanis tambahannya, ya!

8. Melon orange

ilustrasi melon oranye
ilustrasi melon oranye (freepik.com/jcomp)

Cantaloupe atau melon oranye juga dibekali kandungan air yang tidak kalah dengan semangka, yakni hingga 90 persen. Mengonsumsi melon oranye akan memastikan kebutuhan cairan tubuh kamu terpenuhi. Apalagi jika dibuat salad buah, kenikmatan melon ini pasti berlipat!

Melon oranye yang penuh elektrolit juga membantu menjaga hidrasi saat kamu sakit. Tidak hanya itu, nutrisi penting seperti vitamin C dan A dari cantaloupe bisa mendukung kekebalan tubuh. Mempertimbangkan manfaat tersebut, melon oranye sangat berpotensi jadi buah yang baik untuk radang tenggorokan.

9. Nanas

ilustrasi nanas
ilustrasi nanas (freepik.com/KamranAydinov)

Nanas yang matang sempurna bisa menjadi buah yang bagus untuk radang tenggorokan. Pasalnya, nanas mengandung enzim unik bernama bromelain, yang memiliki pengaruh anti-inflamasi. 

Enzim ini secara klinis bisa mempercepat pemulihan bagian tubuh yang bengkak dengan mengurangi peradangan. Untuk yang radang tenggorokan, pilihlah jenis nanas manis seperti nanas madu yang lebih enak disantap.

Aneka buah yang bagus untuk radang tenggorokan secara umum bisa dinikmati langsung. Namun, sebagian buah seperti delima akan optimal memberi manfaat saat dikonsumsi sari buahnya. Kamu juga bisa membuat smoothies atau sorbet dari pilihan buah itu, karena hawa dingin bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Baca Juga: ​6 Jenis Buah untuk Kulit Berjerawat yang Wajib Kamu Ketahui

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Naila Rizqa

Naila Rizqa

Sorbet Pisang Naga

Sorbet Pisang Naga

(5.0)

5 langkah

702

Artikel Lainnya di nutrisi