Penuhi Asupan Nutrisi dengan 7 Buah yang Mengandung Asam Folat Ini!

Selain segar, beberapa buah ini juga punya banyak manfaat!

Penuhi Asupan Nutrisi dengan 7 Buah yang Mengandung Asam Folat Ini!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Berbicara mengenai nutrisi, Sobat Yummy harus tahu, asam folat (acid folic) merupakan salah satu mikronutrien yang termasuk dalam jenis vitamin B9 larut air. Nutrisi ini sangat dibutuhkan bagi tubuh, khususnya sangat baik untuk ibu hamil.

Asam folat memiliki peran sebagai metabolisme protein, pembentukan gen dalam tubuh, hingga mampu menjaga kesehatan mentalmu. Dalam studi terbitan Jurnal Sehat Masada (2022), ibu hamil yang mengonsumsi makanan mengandung asam folat, dapat mencegah terjadinya cacat bawaan pada janin akibat neural tube yang tidak menutup sempurna. Selain itu, nutrisi ini juga mencegah ibu hamil mengalami anemia.

Asam folat tidak bisa dihasilkan tubuh secara alami. Maka dari itu, untuk memenuhi asupannya, Sobat Yummy bisa mengonsumsi beberapa buah yang mengandung asam folat seperti yang telah Yummy App rangkum dibawah ini. Yuk, cari tahu!

1. Alpukat

alpukat mengandung asam folat
ilustrasi alpukat mengandung asam folat (unsplash.com/kelly sikkema)

Alpukat sebagai buah yang fleksibel, bisa diolah sebagai makanan dengan cita rasa manis maupun asin. Alpukat menjadi salah satu buah yang mengandung asam folat. Setengah porsi dari buah ini sudah mencangkup 21 persen asupan asam folat sehari.

Selain itu, buah dengan rasa creamy ini, kaya akan nutrisi lain seperti kalium, zat besi, vitamin E, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, dan lemak tidak jenuh. Melimpahnya kandungan nutrisi pada alpukat, membuat buah ini menyandang sebagai superfood.

2. Stroberi

stroberi mengandung asam folat
ilustrasi stroberi mengandung asam folat (unsplash.com/jacek dylag)

Buah yang mengandung asam folat selanjutnya yakni stroberi. Mengonsumsi 8 buah stroberi mampu memenuhi 9 persen kebutuhan folat pada tubuh.

Selain itu, buah ini memiliki nutrisi baik lainnya seperti vitamin C, potasium, hingga flavonoid. Gizi tersebut bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah serta mencegah resiko cacat lahir pada janin.

3. Pepaya

pepaya mengandung asam  folat
ilustrasi pepaya mengandung asam folat (unsplash.com/pranjall kumar)

Buah tropis seperti pepaya juga memiliki kandungan asam folat yang melimpah. Sekitar 140 gram daging buah pepaya mampu memenuhi 13 persen asupan folat sehari.

Buah yang ampuh melancarkan BAB ini juga mengandung vitamin C, kalium, antioksidan, yang mampu menjaga kekebalan tubuhmu.

Baca Juga: 5 Buah untuk Melancarkan BAB, Dijamin Mujarab sebagai Pencahar Alami!

4. Pisang

pisang mengandung asam folat
ilustrasi pisang mengandung asam folat (unsplash.com/waldemar)

Pisang dikenal sebagai buah dengan manfaat yang melimpah. Selain memperlancar pencernaan, buah ini juga mampu melancarkan aliran oksigen pada otak, menjaga kesehatan tulang, menurunkan berat badan dan kekebalan tubuh.

Hal ini karena pisang dipenuhi oleh nutrisi baik seperti serat, vitamin A, fosfor, protein, kalsium, hingga asam folat. Folat yang terkandung dalam satu buah pisang berukuran sedang setara dengan 6 persen asupan asam folat sehari.

5. Mangga

mangga mengandung asam folat
ilustrasi mangga mengandung asam folat (unsplash.com/desirae hayes)

Mangga merupakan buah yang mengandung asam folat selanjutnya. Folat pada satu buah mangga setara dengan 38 persen asupan AKG. Tingginya asam folat pada mangga memaksimalkan manfaat baik di dalamnya.

Selain itu, buah berair yang banyak digemari masyarakat ini juga kaya akan vitamin C, antioksidan, serat, kalium, dan sebagainya. Segudang nutrisi mangga dapat menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

6. Jeruk

jeruk mengandung asam folat
ilustrasi jeruk mengandung asam folat (unsplash.com/chang duong)

Buah segar dengan cita rasa asam manis ini, selain kaya akan vitamin C juga kaya akan kandungan asam folat di dalamnya. Dalam satu buah jeruk setara dengan 14 persen asupan asam folat sehari.

Kolaborasi nutrisi dominan pada jeruk, yakni asam folat dan vitamin C, mampu menjaga kekebalan tubuh dari berbagai penyakit, hingga mencegah resiko terkena kanker lambung, dan kanker payudara.

7. Bit

bit mengandung asam folat
ilustrasi bit mengandung asam folat (unsplash.com/nick collins)

Buah bit memiliki warna merah pekat yang kerap digunakan sebagai pewarna alami. Siapa sangka ternyata buah ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Sekitar 136 gram buah bit setara dengan 37 persen kebutuhan asam folat harian. Selain mikronutrien folat, bit juga mengandung nutrisi baik lainnya seperti protein, karbohirat, natrium, zat besi, vitamin, dan serat.

Selain opsi buah-buahan di atas, Sobat Yummy bisa penuhi asupan asam folat dari makanan tinggi protein, sayuran hijau, hingga kacang-kacangan. Pastikan tubuhmu tidak kekurangan asam folat karena dapat menyebabkan anemia, penyakit jantung, resiko cacat janin, dan efek fatal lainnya. Segera hubungi dokter jika Sobat Yummy mengalami gejala akibat kekurangan asam folat!

Baca Juga: Buah Anti-Inflamasi yang Bagus untuk Radang Tenggorokan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Friska Resmi Sunarto Putri

Friska Resmi Sunarto Putri

Klepon Strawberry

Klepon Strawberry

(5.0)

35 mnt

316

Artikel Lainnya di nutrisi