​4 Cara Simpel Membuat Salad Buah yang Enak dan Praktis

​Salad buah ternyata banyak manfaatnya lho!

​4 Cara Simpel Membuat Salad Buah yang Enak dan Praktis

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi sehari-hari adalah salad buah. Dengan jumlah dan jenis buah yang tepat, salad buah bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Dalam satu porsi salad buah, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin, antioksidan dan serat yang dapat menyehatkan sistem pencernaan. Berikut ini beberapa manfaat dan cara membuat salad buah yang perlu kamu ketahui.

Manfaat salad buah

cara membuat salad buah simpel
ilustrasi makan salad buah (freepik.com/nensuria)

Manfaat salad buah dapat kamu rasakan sesuai dengan buah yang kamu pilih. Contohnya buah apel yang umum digunakan dalam salad buah. Apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan, serat, dan flavonoid. Nutrisi ini dapat mengurangi resiko terkena diabetes, hipertensi, hingga penyakit jantung. 

Buah apel sendiri bisa memberikanmu manfaat kesehatan yang luar biasa, bukan? Bagaimana jika kamu mencampurkan berbagai buah di dalam satu wadah salad buah? Berikut ini manfaat salad buah yang bisa kamu dapat.

1. Dapat menurunkan berat badan

Buah -buahan kaya akan kalori dan serat yang mengenyangkan. Semangkuk salad buah bisa membuat kamu kenyang dalam waktu lama. Buah-buahan yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah alpukat, jeruk, dan semangka.

2. Meningkatkan imunitas

Buah-buahan mengandung berbagai macam jenis antioksidan yang dapat menjaga tubuh agar tetap kuat dan terhindar dari radikal bebas. Buah yang mengandung antioksidan tinggi adalah jeruk, ceri, jemabu biji, dan pepaya.

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Salad buah bisa mencegah kamu dari resiko sembelit. Ini dikarenakan kandungan serat dalam buah yang cukup tinggi. Beberapa buah yang mengandung serat tinggi adalah pir, apel, pisang, pepaya, dan alpukat.

4. Meningkatkan energi

Semangkuk salad buah dapat membantu peningkatan energi dalam tubuh. Buah mengandung serat dan juga kalori yang merupakan satuan ukuran energi. Semakin banyak kalori yang dimakan, maka semakin banyak energi yang akan didapatkan. 

5. Menyehatkan kulit

Vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam buah dapat membantu menyehatkan kulit dengan cara meningkatkan pembentukan kolagen dan elastisitas kulit.

6. Mengurangi resiko sakit jantung

Salad buah kaya akan serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Semua itu, dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Baca Juga: ​20 Menu Resep Smoothies Buah dan Sayur yang Mudah Diolah

Bahan-bahan salad buah

cara simpel membuat salad buah
ilustrasi buah-buahan (freepik.com/freepik)

Manfaat salad buah di atas bisa kamu nikmati dengan berbagai pilihan buah didalamnya. Semakin banyak buah yang kamu gunakan, makan semakin banyak nutrisi yang kamu dapatkan.  Berikut ini beberapa bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat salad buah antara lain:

  • 1 buah apel
  • 1 buah pir
  • 1 buah naga
  • 100 gr buah anggur
  • 200 ml yogurt
  • 100 gram mayones
  • 200 gram susu kental manis
  • 1 sdt air jeruk lemon
  • 50 gr keju cheddar
  • 1 saset jelly rasa
  • Air secukupnya

Cara membuat salad buah

Cara simpel membuat salad buah
ilustrasi membuat salad buah (freepik.com/recool-studio)

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, berikut ini cara membuat salad buah yang enak dan praktis. Yuk, simak step by step-nya.

1. Buat jelly rasa

Kamu perlu membuat jelly rasa terlebih dahulu, karena jelly perlu didiamkan hingga set dan membutuhkan waktu yang lama. Pertama-tama, campurkan satu bungkus jelly powder dengan gula pasir sebanyak 200 gram dan air sebanyak 700 gram. Aduk-aduk hingga rata dan masak campuran jelly di atas api sedang. Jangan lupa untuk terus diaduk hingga mendidih.

Setelah terlihat mendidih, matikan api, dan tiriskan sebentar hingga sedikit mendingin (sekitar 3 menit). Lalu, masukkan ke dalam wadah dan simpah di dalam lemari es hingga jelly set. Jika sudah set atau mengeras, potong-potong jelly sesuai selera. 

2. Kupas buah

Sembari menunggu jelly yang kamu buat set, kamu bisa menyiapkan buah-buah terlebih dahulu. Siapkan bahan-bahan buah, setelah itu cuci bersih semua buahnya. Selanjutnya, kupas kulit buah apel dan pir sampai bersih. Potong juga tangkai pada buah anggur.

Setelah semua bersih, kamu bisa potong menyerupai dadu buah-buah tersebut. Untuk buah anggur, kamu boleh menyajikannya utuh ataupun dipotong kecil. Kamu bisa menyesuaikan ukuran buah sesuai seleramu ya! Jika semua buah selesai dipotong, simpan potongan buah ke dalam mangkuk saji.

3. Buat dressing salad

Dressing dalam salad adalah saus yang dipergunakan untuk melengkapi rasa lezat pada salad, termasuk salad buah. Untuk salad buah, bahan dressing salad yang biasanya dibutuhkan adalah kental manis putih, yogurt plain, mayones, dan juga perasan jeruk lemon.

Cara membuat dressing salad buah juga sangat simpel. Kamu hanya perlu mencampurkan semua bahan dressing salad dalam satu wadah. Setelah itu, kamu bisa mencampurkan dressing salad ini ke bahan lainnya. 

4. Campurkan semua bahan

Setelah semua bahan selesai dibuat, saatnya platting. Siapkan buah yang sudah disimpan di dalam wadah. Lalu siapkan jelly rasa yang sudah dipotong-potong, masukkan jelly ke dalam wadah buah.

Setelah itu, tuang dressing salad yang sudah dibuat dan taburi keju sesuai selera. Akan lebih segar jika kamu menyimpan salad buah di dalam lemari es sebelum disantap.

Tak perlu diragukan lagi manfaat salad buah sebagai asupan nutrisi harian. Cara membuatnya pun praktis tak membutuhkan waktu banyak. Buah yang digunakan untuk salad buah bisa kamu sesuaikan dengan selera.

Baca Juga: ​15 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janin

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Heny Rosita

Heny Rosita

Salad Buah Mangga

Salad Buah Mangga

(5.0)

10 mnt

426

Artikel Lainnya di nutrisi