9 Makanan Cemilan untuk Penderita Tipes agar Cepat Pulih

Kamu bisa tetap makan cemilan walaupun sedang tipes!

9 Makanan Cemilan untuk Penderita Tipes agar Cepat Pulih

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Siapa di antara kamu yang sering jajan sembarangan? Kamu harus hati-hati loh, saat memilih jajanan apa yang akan dikonsumsi. Karena, bila jajanan yang kamu beli ternyata tidak bersih dari segi wadah, bahan, hingga cara pengolahannya, bisa berdampak buruk bagi kesehatan kamu.

Biasanya, pada makanan yang kurang bersih lebih besar kemungkinan terdapat bakteri Salmonella typhi di dalamnya, yang dapat menyebabkan penyakit tipes. Jadi, kamu harus pintar saat memilih makanan yang ingin kamu beli untuk dikonsumsi. 

Apalagi jika sedang terkena tipes, pola makan dan makanan apa saja yang masuk ke tubuh harus benar-benar diperhatikan. Untuk bantu percepat proses pemulihan, kamu bisa pilih beberapa makanan cemilan untuk pederita tipes berikut yang aman dikonsumsi. Apa saja, ya?

1. Kentang

kentang
ilustrasi kentang (pexels.com/pixabay)

Makanan cemilan untuk penderita tipes yang pertama adalah kentang. Studi yang dilakukan pada tahun 2014 dalam Jurnal Widya Medika Surabaya, menjelaskan bahwa orang yang sedang sakit tipes mengalami kekurangan protein, karbohidrat, dan juga lemak. Sehingga, para penderita tipes membutuhkan asupan protein, karbohidrat, dan lemak, untuk memperoleh kembali energi yang berkurang karena penyakit tersebut.

Kentang sendiri memiliki kandungan protein dan karbohidrat, yang dibutuhkan bagi para penderita tipes. Tapi, kamu hanya boleh makan kentang yang direbus, kentang tumbuk, atau kentang yang dipanggang, supaya makanan bisa dicerna dengan mudah di dalam tubuh. 

Saat sakit tipes, kamu harus menghindari makan-makanan yang berminyak. Jadi, walaupun kamu diperbolehkan untuk menjadikan kentang sebagai cemilan, kamu perlu mengindari olahan kentang dengan cara digoreng.

2. Telur

telur rebus
ilustrasi telur rebus (pexels.com/klausnielsen)

Selain menjadi lauk untuk makan bersama nasi, telur juga bisa dijadikan sebagai makanan cemilan untuk penderita tipes. Telur yang mengandung protein, zat besi, kalsium, dan banyak gizi baik lainnya, bisa membantu untuk mempercepat proses pemulihan tipes.

Sama seperti kentang, kamu bisa merebus telur untuk dijadikan cemilan yang enak dan bermanfaat bagi tubuh yang sedang tidak sehat.

3. Pisang

pisang
ilustrasi buah pisang (pexels.com/luisquintero)

Buah pisang yang bisa membantu mengatasi diare dan juga anemia, ternyata bisa juga menjadi makanan cemilan untuk penderita tipes. Buah pisang memiliki kalori yang dibutuhkan tubuh saat tipes, untuk menambah energi kamu agar tidak terlalu lemas walaupun sedang sakit. Kamu bisa mengonsumsi pisang dengan memakannya secara langsung, ataupun direbus terlebih dahulu.

4. Bubur

bubur
ilustrasi bubur (unsplash.com/maemu)

Bubur memang sering kali menjadi makanan yang dipilih untuk dikonsumsi orang yang sakit. Karena, selain teksturnya yang lembut dan membuatnya mudah dicerna, bubur merupakan makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat tinggi, serta tidak dicampurkan dengan bumbu-bumbu yang bisa berpengaruh buruk bagi tubuh. Jadi, bubur selalu dijadikan makanan andalan ketika sedang sakit, dengan berbagai manfaatnya yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: ​15 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5. Melon

buah melon
ilustrasi buah melon (pexels.com/karolinagrabowska)

Karena banyaknya makanan yang dilarang, kamu bisa makan buah-buahan sebagai alternatif makanan cemilan untuk penderita tipes. Bukan hanya pisang, kamu juga boleh makan buah melon yang banyak mengandung cairan, untuk menjaga kamu supaya terhindar dari dehidrasi. Walaupun sedang sakit, kamu tetap bisa menikmati buah-buahan yang manis dan segar.

6. Yoghurt

yoghurt
ilustrasi yoghurt (pexels.com/catscoming)

Nah, cemilan yang satu ini sepertinya sudah sering kamu konsumsi, ya, dalam kondisi sehat. Untungnya, yoghurt juga bisa kamu nikmati walaupun sedang sakit tipes. Jadi, lidah kamu bisa dimanjakan dengan rasa manis dan asam dari yoghurt. 

Pasti kamu juga terkadang merasa bosan dan sedih, jika harus makan-makanan yang direbus secara terus-menerus. Rasanya yang hambar justru membuat kamu kehilangan nafsu makan. Tapi tak perlu khawatir, yoghurt bisa mengobati kesedihan kamu, dengan rasanya yang dapat menggugah selera makan. Walaupun diperbolehkan, tetap makan yoghurt sesuai dengan kebutuhan ya, karena jika terlalu banyak dikhawatirkan akan menyebabkan sakit pada lambung.

7. Bayam

bayam
ilustrasi sayur bayam (pexels.com/rodolfoquiros)

Sudah menjadi sebuah keharusan bagi kamu untuk makan sayur-sayuran, ketika sehat maupun sakit. Sayur yang bisa dijadikan makanan cemilan untuk penderita tipes adalah bayam. Bayam tidak selalu harus kamu makan dengan nasi, kamu bisa menikmati rasa bayam itu sendiri tanpa perlu makanan pendamping lainnya.

8. Daging Ayam

daging ayam
ilustrasi daging ayam (pexels.com/jeshoots)

Daging ayam merupakan makanan yang sangat mudah diolah menjadi makanan utama maupun cemilan. Saat ini, ada banyak cara untuk mengolah daging ayam menjadi cemilan yang sehat dan enak. Tapi kamu tetap harus memperhatikan, kalau kamu harus menghindari gorengan. Kamu bisa menikmati daging ayam yang direbus ataupun dipanggang, selama tidak dimasak menggunakan minyak atau mentega.

9. Puding

puding
ilustrasi puding (pexels.com/pixabay)

Puding juga bisa dikonsumsi bagi para penderita penyakit tipes. Teksturnya yang lembut, membuatnya jadi lebih mudah untuk dicerna. Puding juga mengandung glukosa yang bisa meningkatkan energi kamu yang sedang lemas karena penyakit tipes.

Walaupun ada banyak cemilan untuk penderita tipes, kamu tetap tidak boleh melupakan makanan utama, ya. Kamu harus makan nasi dan juga minum air putih yang cukup, supaya proses pemulihannya jadi lebih cepat. Pastikan juga porsi cemilan yang kamu makan masih pada batasnya, dan jangan terlalu berlebihan.

Umumnya, penyakit tipes bisa sembuh dalam jangka waktu 7-14 hari, tergantung pengobatan dan kondisi tubuh kamu. Cukup lama kan waktu pemulihannya? Jadi, jangan coba untuk jajan sembarangan lagi, ya!

Baca Juga: ​10 Resep Makanan Sehat ala Rumahan, Lezat dan Bergizi

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

laily puspitasari

laily puspitasari

Bubur Ayam Rice Cooker

Bubur Ayam Rice Cooker

(5.0)

6 langkah

372

Artikel Lainnya di nutrisi