​Cold Pressed Juice Lebih Sehat? Inilah Manfaat dan Cara Membuatnya! 

​Benarkah minum cold pressed juice bisa detox tubuh?

​Cold Pressed Juice Lebih Sehat? Inilah Manfaat dan Cara Membuatnya! 

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Siapa pun pasti setuju kalau buah dan sayuran memiliki manfaat yang dahsyat bagi kesehatan tubuh. Cara yang efektif untuk menikmati nutrisi esensial dari olahan jus salah satunya adalah dengan cold pressed juice. Jus jenis ini dianggap lebih mudah menyerap nutrisi ke seluruh aliran darah dan mampu mendetoks tubuh dari berbagai racun.

Sebenarnya apa itu cold pressed juice? Dan apa perbedaannya dengan jus biasa yang kita minum? Berikut ini beberapa penjelasan tentang cold pressed juice yang harus kamu tahu! 

1. Apa itu cold pressed juice?

ilustrasi produk cold pressed juice
ilustrasi produk cold pressed juice (flickr.com/rockitpromo)

Cold pressed juice adalah metode pembuatan jus di mana nektar manis dari buah dan sayuran diekstraksi dengan alat pemeras hidrolik. Tidak seperti metode jus umum lainnya, tidak ada proses pemanasan yang digunakan pada metode cold press ini. Hal inilah yang membantu menjaga vitamin dan mineral untuk dinikmati tubuh kita.

Cold pressing menggunakan teknik yang sama dengan pemeras jeruk tangan. Buah atau sayur yang diperas di antara dua pelat logam untuk mengekstrak sarinya. Cold pressed juice tidak mengandung gula tambahan, jus jenis ini mengandalkan pemanis alami yang terkandung dalam buah dan sayur. 

2. Manfaat cold pressed juice untuk kesehatan

ilustrasi cold pressed juice
ilustrasi wanita memegang segelas jus (freepik.com/jcomp)

Cold pressed juice mempertahankan kandungan nutrisi asli buah dan sayuran, sehingga jus ini sarat dengan banyak manfaat kesehatan fisik dan mental. Berikut ini beberapa manfaat cold pressed juice yang paling menonjol.

1. Baik untuk kesehatan jantung

Jus dari buah dan sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dengan mengganti makanan padat dengan cold pressed juice, kamu secara efektif dapat mengurangi kadar triasilgliserol dan insulin dalam tubuh. Kamu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat memperbaiki kondisi jantung secara signifikan.

2. Bantu mengatasi diabetes tipe-2

Pola makan modern yang penuh dengan karbohidrat dan gula dapat meningkatkan resiko terkena diabetes tipe-2. 

Cold pressed juice memiliki banyak manfaat, termasuk mengurangi kadar insulin yang berhubungan dengan diabetes tipe-2. Jus dari buah dan sayur sangat efektif dalam melawan diabetes tipe-2 karena kaya akan serat dan nutrisi mikro. Selain itu, cold pressed juice juga mengandung indeks glikemiks yang sangat rendah. 

3. Sesuai dengan RDI

Reference Daily Intake atau RDI adalah tingkat asupan harian rata-rata dari zat gizi tertentu yang mungkin memenuhi kebutuhan zat gizi sebesar 97-98 persen pada individu sehat.

Gaya hidup modern saat ini mampu mempengaruhi asupan nutrisi yang direkomendasikan. Satu botol cold pressed juice terbukti efektif dalam memasok tubuh kamu dengan dosis vitamin dan mineral yang direkomendasikan setiap harinya.

4. Dapat mendetoksifikasi tubuh

Di zaman yang modern ini, kebanyakan orang sering mengkonsumsi junk food, minuman manis, hingga alkohol berlebihan. Tanpa kamu sadari, makanan dan minuman seperti itu dapat menimbun racun pada tubuhmu. Cold pressed juice bisa membantu membersihkan tubuhmu dari racun tersebut melalui proses detoksifikasi. 

Detoksifikasi dengan menggunakan jus adalah cara efektif untuk memperkaya tubuh dengan nutrisi dan memberikan tubuh istirahat dari efek makanan tak sehat. 

5. Dapat meningkatkan mood

Cold pressed juice juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati, lho. Buah dan sayuran mentah dapat mengurangi gejala yang terkait dengan tekanan mental ringan hingga sedang. Cold pressed juice dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan lebih efisien. 

6. Memperlambat penuaan

Kalau kamu tidak memakan buah dan sayuran setiap hari, maka tubuhmu akan kehilangan satu nutrisi penting yaitu antioksidan. 

Antioksidan dapat membantu mencegah tubuh kamu dari oksidasi yang berkaitan langsung dengan penuaan dini. Selain itu, antioksidan juga dapat melawan penyakit kanker, diabetes, jantung, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: ​15 Jus yang Aman untuk Asam Lambung, Segar dan Menyehatkan! 

3. Proses pembuatan cold pressed juice

produk cold pressed juice
ilustrasi produk cold pressed juice (flickr.com/nature_juice)

Cara membuat cold pressed juice melalui dua tahap proses yang menggunakan cold press hidrolik untuk mengekstrak nektar dari buah dan sayur. Pada proses pembuatan cold pressed juice, tidak melibatkan kecepatan tinggi dan suhu panas yang akan menjaga kualitas jus. Cara ini juga dapat mempertahankan masa simpan jus, dua hingga tiga kali lebih lama.

Berikut dua tahap pembuatan cold pressed juice yang perlu kamu tahu.

Langkah 1: Proses pertama adalah mesin memotong dan menggiling produk menjadi pulp yang lunak.

Langkah 2: Selanjutnya, proses penekanan (pressing). Pulp ditempatkan di antara dua pelat padat yang dingin. Mesin menggunakan tekanan hidrolik ke pulp untuk memeras dan mengekstrak jus secara stabil, dan meninggalkan seratnya. 

Cold pressed juice dibuat dengan menggiling, meremas, dan menekan buah secara perlahan. Beberapa mesin cold pressed juicer mengklaim dapat mengekstrak jus hingga 35 persen lebih banyak dibandingkan mesin jus biasa. Hasilnya, jus yang di proses dengan cold pressed juicer terasa lebih enak dan sehat dalam satu tegukan.

Cold pressed juice vs. Jus biasa

ilustrasi jus buah dan sayuran
ilustrasi jus buah dan sayuran (freepik.com/freepik)

Perbedaan cold pressed dan jus biasa adalah cold pressed tidak melibatkan panas dalam proses pembuatannya. Hal penting dilakukan untuk mempertahankan kualitas jus. Jus yang dibuat dengan proses panas kurang bergizi dan kurang beraroma.

Kesimpulannya, jus biasa yang menggunakan proses sentrifugal dapat memecah enzim penting dalam buah dan sayuran. Metode ini menggunakan panas, sehingga merusak nutrisi yang dibawa oleh buah. Di sisi lain, cold pressed juice mampu mempertahankan vitamin, mineral, enzim, dan nutrisi penting.

Cold pressed juice rupanya punya banyak manfaat untuk tubuh, ya. Kalau kamu ingin minum jus sambil mendetoksifikasi tubuhmu, cold pressed juice bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca Juga: 8 Jus yang Baik Diminum saat Haid, Bantu Redakan Nyeri

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur Bunda Vee

Dapur Bunda Vee

Jus Buah Naga

Jus Buah Naga

(5.0)

5 langkah

627

Artikel Lainnya di nutrisi