10 Minuman yang Dilarang saat Haid, Wajib Tahu

​Mencegah lebih baik daripada mengobati!

10 Minuman yang Dilarang saat Haid, Wajib Tahu

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Bagi para perempuan, merasakan nyeri haid jadi salah satu momen paling menyebalkan tiap bulannya. Haid atau menstruasi bisa menjadi menakutkan ketika rasa nyeri melanda seluruh badanmu. Beberapa orang mungkin ada yang menangis ketika hal ini terjadi. Bagaimana denganmu?

Nah, ada satu hal yang tanpa disadari ternyata sangat berpengaruh terhadap keadaan tubuh saat haid. Apa itu? Ya, minuman yang kamu konsumsi saat haid. Ternyata, ada minuman tertentu yang harus kamu hindari ketika siklus haid datang. Tujuannya adalah untuk meminimalisir nyeri haid dan kembung pada perutmu.

Lalu, apa saja sih minuman yang dilarang saat haid datang? Yuk, lihat daftar minumannya di bawah ini!

1. Minuman penambah Stamina

1. Minuman penambah Stamina

Saat haid, tubuhmu pasti terasa lemas dan mood menjadi berantakan. Hal ini dikarenakan hormon estrogen dan progesteron sedang berada di level terendah. Nah, biasanya beberapa orang mengatasi rasa lemas dengan cara mengonsumsi minuman yang dapat menambah stamina. 

Usut punya usut, minuman penambah stamina ini tidak boleh diminum terlalu banyak ketika kamu sedang haid. Kenapa? Pasalnya, minuman penambah stamina berpotensi menambah kontraksi pada otot rahim saat mengeluarkan darah menstruasi. 

Nyeri menstruasi yang teramat hebat ini nantinya malah akan menghambat produktivitasmu, alih-alih menambah stamina mu.

2. Soda

2. Soda

Soda sering kali jadi pilihan favorit ketika haus atau kepanasan. Tapi kamu wajib tahu bahwa minuman satu ini termasuk minuman yang dilarang saat haid. Kenapa bisa begitu? 

Minuman bersoda ternyata memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein ini lah yang dapat mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah yang ada pada rahim. Kemungkinan besar, minuman bersoda ini akan membuatmu kram perut dan merasakan nyeri haid yang lebih parah dari sebelumnya. Wajib dihindari ya, Girls!

3. Minuman manis

3. Minuman manis

Minuman manis memang menjadi pilihan utama setelah kita beraktivitas seharian. Tapi, kamu perlu tahu bahwa saat haid, kamu lebih baik menghindari atau meminimalisir konsumsi minuman manis.

Minuman yang terlalu banyak gula malah akan meningkatkan energimu secara mendadak dan dalam kurun waktu yang singkat. Makanya, minuman manis ini bisa membuatmu mood swing seharian. Kamu masih boleh kok minum minuman manis, tapi dengan porsi yang sewajarnya, ya!

4. Cokelat

4. Cokelat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, haid memang akan membuat tubuhmu lemas. Otomatis, kamu akan membutuhkan energi yang lebih lagi untuk menjalani harimu.

Salah satu minuman yang sering orang incar saat haid pasti minuman manis atau yang berbahan dasar cokelat. Tapi ternyata, cokelat justru membuatmu jadi mood swing, lho!

Kandungan gula yang ada pada gula ini akan membuat kadar gulamu jadi tidak stabil. Alhasil, bukannya semangat, kamu malah mood swing seharian!

Baca Juga: ​15 Minuman yang Bagus untuk Ibu Hamil, Bisa Atasi Mual!

5. Kopi

5. Kopi

Pecinta kopi harap bersabar! Mengonsumsi kopi lebih dari tiga gelas sehari harus kamu hindari ketika haid datang, ya. Kafein yang ada pada kopi ternyata akan menyebabkan kram perut karena adanya penyempitan pembuluh darah. Pasti kamu gak mau dong jika hait jadi lebih menyakitkan?

6. Teh Berkafein

6. Teh Berkafein

Selain kopi, beberapa minuman teh juga mengandung kafein. Teh yang berkafein ini termasuk dalam daftar minuman yang dilarang saat haid. 

Zat tanin pada teh juga dapat menghambat penyerapan zat besi dari makanan ke tubuh. Hal ini akan menyebabkan pembentukan sel darah merah dalam tubuhmu terganggu dan menyebabkan seseorang mengalami kurang darah atau anemia.

7. Alkohol

7. Alkohol

Meminum minuman beralkohol pada saat haid akan mempengaruhi siklus menstruasimu. Pasalnya, alkohol dapat memicu peningkatan kadar hormon di tubuhmu sehingga membuat hormon di tubuh jadi tidak seimbang.

8. Susu

8. Susu

Apa benar minum susu dilarang saat haid? Susu ternyata dapat menyebabkan kram saat menstruasi karena mengandung asam arakidonat. Kamu masih bisa kok minum susu, tapi diganti dengan beberapa alternatif susu lainnya, seperti susuk oat, almond, ataupun kedelai.

9. Yogurt Manis

9. Yogurt Manis

Yogurt dengan berbagai rasa memang menggugah selera. Tapi kalau kamu sedang haid, mohon hindari beberapa pilihan yogurt manis ini, ya!

Kandungan gula yang ada pada yogurt membuat kadar gula pada tubuhmu tidak stabil dan akan mempengaruhi mood. Jangan khawatir, kamu tetap bisa mengonsumsi yogurt khusus greek yoghurt tanpa rasa.

10. Smoothies

10. Smoothies

Smoothies umumnya dibuat dengan tambahan gula dan pemanis buatan. Sama seperti minuman manis lainnya, minuman seperti ini sebaiknya kamu hindari saat haid karena gula yang berlebih pada smoothies akan membuat perut kembuh dan juga mempengaruhi mood

Kamu bisa mengganti smoothies dengan jus buah. Selain segar, beberapa buah juga bisa mengatasi kram perut saat haid, lho!

Nah, itu dia daftar minuman yang dilarang saat haid yang harus kamu hindari. Kamu bisa menggantinya dengan jus buah segar dan perbanyak air putih untuk menambah tenaga saat nyeri haid melanda. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: ​10 Ide Jualan Minuman Kekinian dengan Modal Kecil 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Wedang Kunyit Temulawak Praktis

Wedang Kunyit Temulawak Praktis

(5.0)

5 langkah

653

Artikel Lainnya di nutrisi