Menu Diet Mayo 13 Hari, Berat Badan Turun Efektif!

Berat badan turun efektif dengan menu diet mayo ini!

Menu Diet Mayo 13 Hari, Berat Badan Turun Efektif!

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Pernah mendengar diet mayo? Benar, diet mayo adalah salah satu program diet yang populer di dunia.

Program ini pertama kali dipopulerkan oleh Mayo Clinic asal Amerika Serikat dengan berfokus pada keseimbangan asupan nutrisi dan tenaga yang dikeluarkan.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan terkait diet mayo berikut ini, yuk!

Mengenal Diet Mayo

Mengenal Diet Mayo
Unsplash/Anna Pelzer

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, diet mayo adalah diet yang berfokus menjaga energi pada tubuh tetap seimbang. Hal ini dikarenakan, diet mayo juga harus dibarengi dengan aktivitas fisik.

Sehingga, energi yang dikeluarkan saat beraktivitas juga diimbangi dengan asupan nutrisi yang sama. Dengan begitu, tubuh tidak kehilangan energi terlalu lama.

Kebanyakan orang mengira diet mayo terbatas pada pembatasan asupan garam dan karbohidrat. Padahal sebenarnya, diet mayo tidak sesederhana itu. Diet mayo berfokus pada 5 prinsip berikut

  1. Asupan kalori tetap di antara 1.200 - 1.800 kalori per hari
  2. Memperbanyak makan sayur dan buah
  3. Batasi asupan gula dan garam
  4. Tambah asupan protein
  5. Membatasi asupan lemak.

Kalau kamu tertarik untuk menjalani program diet ini. Berikut adalah menu-menu rekomendasi dari Yummy App untuk dietmu selama 13 hari.

Menu Diet Mayo 13 Hari

Menu Diet Mayo 13 Hari
Unsplash

Perlu diingat, diet mayo pada dasarnya berfokus pada menjaga asupan kalori, menambah protein, sayur dan buah, dan mengurangi lemak, gula juga garam. Agar mempermudah pola makanmu, Yummy App membagi menu seperti di bawah ini:

1. Hari ke-1, 5 dan 9

1. Hari ke-1, 5 dan 9
Unsplash/Drew Jemmett

Pada pagi hari, kamu bisa minum secangkir kopi tubruk atau teh. Usahakan untuk tidak menggunakan pemanis. Namun apabila kamu belum terbiasa dengan kopi atau teh pahit, gunakan stevia yang memiliki 0 kalori.

Ketika makan siang tiba, kamu bisa merebus kentang sebagai pengganti nasi. Lauk yang bisa dipilih adalah 2 telur rebus matang.

Jangan lupa makan dengan satu buah tomat dan seikat bayam atau kangkung yang direbus atau dikukus. Kurangi makanan yang digoreng untuk menekan asupan lemak. 

Menu makan malam tidak perlu terlalu banyak bahan makanan. Cukup dengan 1,5 ons bistik daging goreng. Untuk menekan asupan lemak, gunakan minyak zaitun, sunflower, canola, atau unsalted butter. 

Meski begitu, daging rebus atau kukus lebih direkomendasikan. Lengkapi dengan selada segar yang disiram dengan air jeruk nipis yang segar.

Baca Juga: Aturan Diet DEBM dan Menu Diet DEBM Seminggu

2. Hari ke-2, 6, dan 10

2. Hari ke-2, 6, dan 10
Unsplash/Tania Melnyczuk

Di hari kedua, kamu bisa sarapan dengan menu yang sama. Namun, untuk makan siang Yummy App menyarankan 1,5 ons bistik daging goreng sebagai asupan protein kamu.

Lengkapi dengan sumber vitamin yaitu buah segar dan salad selada yang disiram dengan air jeruk nipis. Sedangkan untuk sumber karbohidrat, 2 kentang rebus akan cukup.

Di malam hari, 2 ons ayam yang dikukus dan 1 buah pisang akan cukup untuk melengkapi nutrisi makan malam. Pastikan untuk tidak makan terlalu banyak sebelum tidur, ya!

3. Hari ke-3, 7, dan 11

3. Hari ke-3, 7, dan 11
Unsplash/Yukiko Kanada

Pada set menu ketiga, Yummy App menyarankan kamu untuk sarapan dengan secangkir kopi tubruk atau teh tawar hangat dan sepotong roti tawar bakar. Mulai di hari ketiga, biasakan untuk mengonsumsi teh dan kopi tanpa pemanis ya, guys!

Untuk menu makan siang, siapkan 2 telur rebus matang dengan seikat bayam atau kangkung yang direbus beserta tomat segar sebagai hidangan utama. Seperti biasa, 2 buah kentang rebus bisa menjadi sumber karbohidrat kamu siang itu. Terakhir, lengkapi dengan buah segar kesukaanmu.

Pada malam hari, Yummy App merekomendasikan 2,5 ons ayam kukus sebagai menu utama makan malam. Siapkan selada siram jeruk nipis dan buah-buahan segar favoritmu sebagai sumber vitamin dan serat.

4. Hari ke-4, 8 dan 12

4. Hari ke-4, 8 dan 12
Unsplash/Hello I'm Nik

Menu set keempat ini, dimulai dengan menu sarapan secangkir kopi atau teh dengan roti tawar bakar.

Untuk menu makan siang, siapkan sebutir telur rebus matang. Yang sedikit berbeda pada menu kali ini, selain telur siapkan 1 batang wortel yang dipotong korek api dan rebus sebentar untuk memberikan tekstur renyah.

Tambahkan selembar keju slice untuk memberikan rasa gurih. Jangan lupa tambahkan juga satu buah segar kesukaanmu.

Di malam hari, untuk menjaga pencernaan tetap sehat, satu mangkuk besar pepaya yang dipotong-potong bisa menjadi menu makan malam. Temani dengan segelas susu non-fat untuk sumber asupan kalsium kamu, ya.

5. Hari ke-13

5. Hari ke-13
Unsplash/Julia Zolotova

Di hari terakhir, nikmati secangkir kopi atau teh tanpa gula dan salad sebagai menu sarapan. Salad yang bisa kamu nikmati, Yummy App sarankan terdiri dari parutan kasar dari wortel besar segar yang disiram dengan air jeruk nipis.

Saat makan siang, nikmati 2,5 ons ayam kukus yang disiram dengan sedikit saus yang terbuat dari mentega tawar. Dua buah kentang rebus bisa menjadi menu yang menemani makan siangmu hari itu.

Terakhir, menu makan malam yang Yummy App sarankan adalah 1,5 ons bistik daging goreng, seikat bayam atau kangkung kukus, dan salad selada jeruk nipis.

Itu dia rekomendasi menu diet mayo untuk kamu konsumsi selama 13 hari. Kamu bisa memodifikasi menu di atas dengan resep-resep yang bisa kamu temukan di Yummy App.

Pastikan bahan yang kamu pakai sesuai dengan prinsip diet mayo. Jangan lupa untuk mengimbangi program diet ini dengan berolahraga, ya. Selamat diet!

Penulis: Embun Nadha Pawestri

Baca Juga: ​10 Menu Jus Sehat yang Bagus untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

petronela Yulia Auria ola

petronela Yulia Auria ola

salad selada

salad selada

(5.0)

7 langkah

5.4 rb

Artikel Lainnya di nutrisi