Inilah Diet Simpel Ala Deddy Corbuzier dan Manfaatnya

​Diet simple ala Deddy Corbuzier yang wajib dicoba!

Inilah Diet Simpel Ala Deddy Corbuzier dan Manfaatnya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Memiliki tubuh ideal tentunya menjadi dambaan semua orang, kamu salah satunya, bukan? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencapai tubuh ideal, mulai dari makan makanan sehat, olahraga, hingga mengikuti program diet.

Kalau kamu ingin memilih diet diet, ada satu program yang sempat viral di Indonesia yang dicetuskan oleh magician ternama, yaitu diet OCD.

Program diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier ini sudah ada sejak tahun 2013. Penasaran seperti apa cara diet OCD ini? Berikut penjelasannya.

Cara diet OCD ala Deddy Corbuzier

Cara diet OCD ala Deddy Corbuzier
ilustrasi menu diet (freepik.com)

OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet ini menitikberatkan pada proses penurunan berat badan dengan cara berpuasa selama 16 jam. Ada empat tahapan jendela makan yang bisa dipilih ketika menjalani program diet OCD ini.

Maksud dari jendela makan adalah waktu di mana kamu diperbolehkan untuk makan makanan apa pun tanpa terkecuali. Hal tersebut mempertimbangkan kebutuhan tubuh akan zat gizi makanan yang diserap menjadi energi untuk beraktivitas.

Nah, berikut 4 tahapan jendela makan pada diet OCD.

1. Jendela makan 16:8

Cara diet Deddy Corbuzier yang pertama ini khusus ditujukan untuk pemula. Pada tahap ini, selama dua minggu pertama kamu boleh mengkonsumsi makanan selama 8 jam penuh dalam sehari dengan puasa 16 jam. 

Contohnya, jika kamu memulai diet OCD di jam 8 pagi, artinya kamu boleh makan apa pun dari jam 8–4 sore. Setelah itu, dari jam 4–8 pagi kamu hanya diperbolehkan untuk minum air putih.

Kalau kamu sukses melakukan tahap ini, kamu bisa masuk ke tahapan OCD selanjutnya.

2. Jendela makan 18:6

Di tahap ini, kamu akan melakukan diet OCD dengan hitungan waktu yang berbeda. Tahapan 18:6 ini berarti kamu bisa makan apapun dalam jangka waktu 6 jam. Setelah itu, kamu harus berpuasa selama 18 jam penuh dan hanya mengkonsumsi air putih.

Contohnya, diet dimulai pada jam 8 pagi, maka kamu diperbolehkan untuk makan dari jam 8–2 siang. Setelah jendela makan habis, kamu hanya bisa mengkonsumsi air putih dari jam 2–8 pagi. 

Sama seperti sebelumnya, kamu harus melakukan tahap ini hingga 2 minggu untuk bisa naik ke tahapan selanjutnya.

3. Jendela makan 20:4

Semakin lama semakin sedikit juga jendela makan yang kamu dapat. Nah, di tahap ketiga ini, kamu hanya bisa makan makanan apa pun dalam jangka waktu 4 jam saja. Setelah itu, selama 20 jam kamu harus berpuasa dan hanya bisa mengkonsumsi air putih.

Contohnya, kamu akan mulai diet OCD di jam 8 pagi. Maka dari jam 8–12 siang kamu bisa makan apa pun. Setelah jendela makan habis kamu harus berpuasa dari jam 12–8 pagi lagi.

Nah, kalau kamu merasa kesulitan untuk melakukan tahap ini, kamu bisa kok konsisten di tahapan yang kedua saja.

4. Makan satu kali sehari 

Kalau masih bertahan di tahapan yang ketiga, selamat karena kamu memasuki tahapan paling tinggi dari diet OCD ini. Yup, di tahap ini kamu hanya diperkenankan makan sekali dalam satu hari. Tapi, kamu masih bisa mengkonsumsi air putih kok supaya tubuh gak dehidrasi.

Ingat, kalau merasa nggak sanggup untuk lanjut ke tahap ini, kamu bisa untuk tetap konsisten di tahap 2 atau 3, ya. Jangan memaksakan diri.

Manfaat diet OCD

menjalani diet
ilustrasi diet (freepik.com/prostooleh)

Dengan melakukan diet OCD kamu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit, mulai dari obesitas, seperti diabetes, sleep apnea, kolestrol, stroke, inflamasi, dan beberapa jenis kanker. Gak cuma itu, ada beberapa manfaat lain dari diet OCD yang wajib kamu tahu.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat yang paling dirasakan adalah menurunnya berat badan secara sehat. Diet OCD dapat mengontrol masuknya kalori dalam tubuh yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Misalnya, di tahapan jendela makan 18:6, ternyata hanya sekitar 500 kalori saja yang masuk ke tubuh dalam sehari.

2. Menurunkan tekanan darah

Kalau kamu melakukan diet ini, makanan yang dikonsumsi setiap hari akan terkontrol. Hal ini, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam jangka waktu pendek. 

3. Membantu meningkatkan kesehatan otak

Diet OCD juga ternyata dapat meningkatkan metabolisme yang penting untuk otak. Diet ini dipercaya mampu membantu otakmu menangkal penyakit neurogeneratif, seperti Alzheimer, parkinson, dan memperbaiki memori.

Sekali dayung dua pulau terlampaui! Nggak cuma bisa bikin tubuh kamu jadi lebih ideal nih, diet ala Deddy Corbuzier ternyata bisa bikin tubuh dijauhkan dari berbagai macam penyakit. Berminat mencobanya?

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: Aturan Diet DEBM dan Rekomendasi Menu Selama Seminggu

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yuli

Yuli

Ikan Bakar Diet #INDONESIAKAYA

Ikan Bakar Diet #INDONESIAKAYA

(5.0)

5 langkah

2.6 rb

Artikel Lainnya di nutrisi