Advertisement

Advertisement

Advertisement

Diet untuk Penderita Asam Lambung yang Aman dan Sehat

Jangan sampai menerapkan pola diet yang salah, ya!

Diet untuk Penderita Asam Lambung yang Aman dan Sehat

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Pola diet bagi penderita asam lambung memang butuh lebih banyak perhatian. Sebab, penderita asam lambung harus memiliki pola makan dan menghindari mengonsumsi makanan tertentu agar asam lambung terkendali.

Salah-salah, asam lambung bisa naik yang dapat membuat penderitanya merasakan nyeri di tenggorokan hingga mual, muntah, dan beragam kondisi pencernaan lainnya yang membuat tidak nyaman.

Sebetulnya boleh-boleh saja untuk melakukan diet bagi penderita asam lambung. Namun, harus tetap memperhatikan pola diet dan program yang dijalani agar asam lambung tidak naik dan tetap bisa melakukan diet yang aman dan nyaman.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengendalikan asam lambung saat menjalankan diet. Simak ulasan terkait diet untuk penderita asam lambung berikut ini!

Advertisement

1. Atur Pola Diet

1. Atur Pola Diet

Lakukan riset mendalam mengenai pola diet yang cocok bagi penderita asam lambung. Dilansir berbagai sumber, hindari makanan yang tinggi lemak, tinggi gula, makanan pedas, asam, soda, atau makanan yang dapat menghasilkan gas.

Sebaiknya pilih makanan yang tinggi serat seperti buah, sayur, oat, dan biji-bijian utuh. Kamu juga dianjurkan untuk makan makanan bertekstur lembut dengan menghaluskan makananmu.

Dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil tapi dilakukan hingga beberapa kali, misal 5 hingga 6 kali sehari. Saat makan jangan terburu-buru dan hindari berbaring setelah makan.

Advertisement

2. Pilihan Makanan

2. Pilihan Makanan

Memilih menu makanan memang bisa jadi cukup sulit, sebab akan cukup banyak pantangan. Namun tidak perlu panik, tetap ada pilihan daging-dagingan seperti ikan, daging ayam, atau sapi.

Selain daging, mengonsumsi buah, sayur, biji-bijian utuh, dan tanaman herbal juga bisa menjadi pilihan makanan diet.

Batasi konsumsi makanan dan minuman manis yang memiliki kadar gula tinggi, seperti cokelat, kue, minuman kemasan, dan sirup. Hindari pula mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, dan minuman beralkohol.

3. Berolahraga Teratur

3. Berolahraga Teratur

Pilih jenis olahraga yang ingin dilakukan seperti misalnya latihan kardio, aerobik, jogging, atau bersepeda. Atur jadwal olahraga dan ikuti rutinitas tersebut dengan konsisten.

4. Aktif Bergerak

4. Aktif Bergerak

Meski ketika sedang tidak dalam jadwal berolahraga, usahakan untuk tetap aktif bergerak dan beraktivitas. Kamu dapat berjalan kaki, naik-turun tangga, atau beres-beres.

5. Istirahat yang Cukup

5. Istirahat yang Cukup

Jangan lupa untuk beristirahat dengan tidur 6-7 jam per hari untuk dapat mengontrol hormon dan meminimalisir stres. Tidur cukup tentu akan sangat membantumu dalam meminimalisir stres.

Itulah beberapa tips singkat mengenai diet untuk penderita asam lambung. Tetap lakukan cek kesehatan sebelum mulai melakukan diet.

Sesuaikan pula dengan kebutuhan tubuh, ya. Jangan lupa untuk selalu melakukan riset mandiri yang mendalam terkait program diet dan berkonsultasi dengan ahlinya.

Baca Juga: 10 Resep Infused Water Sederhana untuk Detox dan Meningkatkan Imunitas

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Atik Haryono

Atik Haryono

Sop Lidah Buaya Madu Campur

Sop Lidah Buaya Madu Campur

(5.0)

5 langkah

868

Tika Sembiring

Tika Sembiring

Salad Pepaya

Salad Pepaya

(5.0)

5 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi

Advertisement