Granola: Manfaat, Cara Olah, dan Bedanya dengan Muesli

Terdiri dari berbagai macam biji, kacang, dan buah kering

Granola: Manfaat, Cara Olah, dan Bedanya dengan Muesli

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Apakah Sobat Yummy sedang mencari camilan yang lezat juga bernutrisi untuk teman duduk sehari-hari? Maka granola bisa jadi pilihan yang tepat!

Tidak hanya menyenangkan untuk disantap langsung, granola juga menjadi tambahan sempurna untuk berbagai hidangan, mulai dari salad buah hingga smoothie bowl.

Tapi, beberapa di antara kamu mungkin masih bingung dengan produk satu ini, ya. Untuk itu, mari kita bahas lebih lanjut tentang granola, mulai dari manfaat, perbedaannya dengan muesli, hingga bagaimana kamu dapat mengolahnya sendiri di rumah untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Apa itu granola?

Granola bar
ilustrasi granola (pixabay.com/waiterrodriguezph)

Granola adalah makanan yang terbuat dari campuran biji-bijian (seperti gandum dan oat), kacang-kacangan, biji-bijian (seperti chia seed atau biji labu), buah kering, dan pemanis alami (seperti madu atau sirup maple).

Campuran bahan-bahan ini kemudian dipanggang hingga kering, menghasilkan makanan ringan yang kaya nutrisi dan lezat. Granola sering dijadikan camilan sehat atau ditambahkan sebagai topping pada yogurt, smoothie bowl, atau salad buah.

Manfaat granola

Granola
ilustrasi granola (pixabay.com/anncapictures)

1. Sumber serat

Granola mengandung banyak serat yang membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Serat juga membantu menjaga kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk membantu mengontrol berat badan.

2. Sumber energi

Biji-bijian dan kacang-kacangan dalam granola mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi secara bertahap, menjaga stamina, dan kestabilan gula darah.

3. Kaya antioksidan

Buah kering dalam granola mengandung antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas dan dapat mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

4. Sumber protein nabati

Kacang-kacangan dalam granola menyediakan sumber protein nabati yang baik bagi vegetarians dan vegan.

5. Kaya zat gizi

Granola kaya akan berbagai vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, dan vitamin B kompleks.

Baca Juga: Ini Perbedaan Oat, Muesli, dan Granola, Lebih Baik Mana?

Granola vs muesli, apa perbedaannya?

semangkuk muesli
ilustrasi semangkuk muesli (pexels.com/JÉSHOOTS)

Meskipun granola dan muesli memiliki bahan dasar yang mirip, ada beberapa perbedaan antara keduanya:

  1. Panggangan
    Granola dipanggang hingga kering, sedangkan muesli biasanya dikonsumsi mentah tanpa proses pemanggangan.

  2. Kandungan lemak
    Granola cenderung mengandung lebih banyak lemak karena dipanggang dengan pemanis seperti madu atau sirup maple. Sementara muesli umumnya memiliki lebih sedikit lemak.

  3. Tambahan gula
    Granola biasanya lebih manis karena tambahan pemanis alami atau buatan. Muesli biasanya tidak memiliki tambahan gula dan lebih mengandalkan rasa dari buah segar.

  4. Tekstur
    Karena dipanggang, granola memiliki tekstur yang lebih renyah dibandingkan muesli yang lebih lunak.

Cara mengolah granola yang kreatif ala Yummy App

Granola dan gandum
ilustrasi granola (pixabay.com/genniebee512)

Bahan utama:

  1. 200 gram rolled oats
  2. 20 gram biji labu panggang
  3. 40 gram almond slice
  4. 40 gram cranberries kering
  5. 1 sdm chia seeds
  6. 20 gram biji bunga matahari panggang
  7. 40 gram butter unsalted
  8. 50 gram gula aren/palm sugar
  9. 1/2 sdt kayu manis bubuk

Alat dan perlengkapan:

  1. Loyang
  2. Oven

Cara memasak:

  1. Siapkan biji dan buah kering, seperti cranberries, biji labu, biji bunga matahari, dan chia seeds, sisihkan.
  2. Tuang rolled oats pada loyang panggang dengan suhu 150°C selama 10 menit sambil sesekali diaduk rata.
  3. Masukan almond slice, aduk rata panggang kembali selama 10 menit, aduk rata.
  4. Sambil menunggu oven, tim butter dengan gula aren hingga meleleh.
  5. Tuang lelehan gula aren ke dalam loyang oats, aduk rata.
  6. Tambahkan kayu manis bubuk, biji-bijian dan buah kering, aduk rata, panggang lagi selama 10 menit, sesudah matang keluarkan dari oven, jika sudah tidak panas ratakan buliran granola dan pastikan tidak ada gula yang bergerindil.
  7. Tuang granola pada tempat tertutup.

Selain bergizi, granola banyak digemari karena mengandung biji, kacang-kacangan, hingga buah kering yang bervariasi. Sehingga tidak mudah bosan untuk dijadikan camilan. Nikmat disantap langsung maupun jadi campuran, kamu sudah pernah coba belum, nih?

Baca Juga: Khasiat Kacang Almond: Gizi, Rasa, dan Manfaat Kesehatan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Retno Adiesty

Retno Adiesty

Sate Tegal #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

Sate Tegal #KURCEPPEJUANGRESEPNUSANTARA

(5.0)

30 mnt

146

Artikel Lainnya di nutrisi