10 Jenis Dressing Salad Paling Populer yang Lezat 

Racikannya mudah dibuat!

10 Jenis Dressing Salad Paling Populer yang Lezat 

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Salad adalah hidangan segar yang bisa terbuat dari aneka sayur, buah, atau pun sumber protein. Penyajian salad ditemani oleh saus khusus yang dikenal sebagai dressing.

Mengingat ada begitu banyak resep salad, maka sewajarnya jenis dressing-nya juga tak kalah beragam. Macam-macam dressing salad ini punya komposisi berbeda, sehingga punya cita rasa unik saat dicampur ke makanan. 

Artikel ini akan menggambarkan bagaimana karakter 10 jenis dressing salad yang terkenal.

1. Ranch Dressing

potret ranch dressing
potret ranch dressing (flickr.com/Happy Herbivore)

Ranch adalah sejenis saud salad yang terbuat dari buttermilk, garam, peterseli, dan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, lada hitam serta biji sawi.

Semua bahan tersebut dicampur dengan mayones, sehingga menghasilkan rasa tajam, asam, gurih-pedas, dan tekstur lembut saat digigit. Jenis dressing salad yang populer di Amerika ini biasa berpasangan dengan sayur segar seperti wortel mini. 

Selain itu, ranch dressing juga merupakan saus celup yang enak untuk chicken wings, piza, hingga kentang goreng.

2. Thousand Island

potret thousand island dressing salad
potret thousand island dressing salad (flickr.com/Melissa Tow)

Jenis dressing salad yang juga terkenal adalah thousand island. Penamaan saus berwarna oranye cerah ini memang unik, yang konon terinspirasi dari Thousand Island, sebuah wilayah di antara AS dan Kanada, tepatnya di Sungai St. Lawrence. 

Terlepas dari rumor historisnya, dressing salad ini berbahan dasar mayones, saus tomat, cuka, dan penyedap rasa. Sebagian resep menyertakan buah zaitun, bawang putih, bahkan ada yang dicampur dengan jus jeruk. 

Namun, apa pun variasi bahannya, thousand island identik dengan dengan rasa gurih dan asam yang cukup kuat. Selain menjadi pendamping salad, thousand island juga menjadi saus pelengkap sandwich yang nikmat. 

3. Blue Cheese Dressing

potret salad dengan blue cheese dressing
potret salad dengan blue cheese dressing (flickr.com/ bour3)

Seperti namanya, blue cheese dressing adalah saus yang menggabungkan potongan tebal blue cheese, dengan mayones, yogurt atau krim asam, dan peterseli. 

Rasa asam dari mayones dan yogurt berperan untuk menetralkan rasa pedas dari blue cheese, sehingga membuat saus ini lebih enak. Ada beberapa jenis blue cheese yang biasa dipakai membuat dressing salad, misalnya Fench Roquefort, Italian Gorgonzola, Spanish Cabrales, dan Danish Blue Cheese

Namun, laman Tasting Table menyarankan untuk memilih Danish blue cheese bagi kamu yang baru mencicipi keju ini. Pasalnya, Danish Blue Cheese memiliki rasa lebih ringan dibandingkan yang lain sehingga cocok untuk menjadi perkenalan.

Cara terenak untuk menikmati saus blue cheese adalah dengan mencampurnya bersama tumpukan sayur selada segar. Rasakan selada yang renyah dengan saus yang lembut di setiap gigitan.

4. Vinaigrette

potret vinaigrette dressing salad
potret vinaigrette dressing salad (pexels.com/MART PRODUCTION)

Vinaigrette adalah jenis dressing yang menggunakan kombinasi sederhana dari minyak zaitun dan cuka untuk menyempurnakan sajian salad serta sayur panggang. Beberapa rempah atau herbal juga dapat dimasukkan, seperti bawang putih hingga mostar.

Racikan umum dari vinaigrette klasik adalah memakai rasio 3:1 untuk minyak zaitun vs cuka. Selebihnya kamu bisa sesuaikan sejumput garam, lada, atau gula yang ingin ditambahkan. Resep ini adalah cara termudah membuat sepiring salad menjadi istimewa tanpa mengalahkan rasa alaminya.

Rasa gurihnya akan makin keluar jika kamu memakai minyak zaitun extra virgin. Dengan perpaduan bahan rendah kalori dan bernutrisi tinggi, vinaigrette bisa membuat salad kamu menjadi makanan sehat.

5. Italian Dressing

potret italian dressing salad
potret italian dressing salad (flickr.com/Brown Eyed Baker)

Italiandressing adalah pengembangan dari resep vinaigrette dengan sentuhan tambahan rempah. Di luar bahan dasar minyak zaitun dan cuka, ada jus lemon, bawang putih, dan herba seperti oregano yang ditambahkan untuk memperkaya rasa.

Sebagain orang juga kerap memasukkan parutan keju parmesan dan paprika kering ke dalam italian dressing. Meskipun paling sering digunakan sebagai saus, jenis dressing salad ini juga sangat cocok menjadi bumbu marinasi untuk olahan ayam dan daging merah.

Baca Juga: ​4 Cara Simpel Membuat Salad Buah yang Enak dan Praktis

6. Honey Mustard

potret honey mustard dressing salad
potret honey mustard dressing salad (flickr.com/Sherene Campbell)

Honeymustard merupakan dressing yang dibuat dari campuran saus moster dan madu. Kombo dari legitnya madu dan menyengat khas mustard menghasilkan rasa seimbang untuk salad. 

Kalau menginginkan saus salad yang lebih dominan manis, maka kamu harus mencari yang lebih banyak madu pada komposisinya. Sementara jika mendambakan rasa pedas tajam, kamu bisa membeli dressing dengan perbandingan mustard lebih tinggi.

Sebenarnya akan lebih mudah mendapat rasa honey mustard yang ideal, jika membuatnya di rumah. Gunakan rasio 3:1 untuk madu dibanding moster, dengan sedikit tambahan cuka apel kalau diperlukan. 

Selain enak untuk menjadi dressing salad, honey mustard juga merupakan saus cocol yang lezat untuk nuget, ayam goreng, hingga piza. 

7. Caesar

potret caesar salad
potret caesar salad (flickr.com/Ron & Alenka Co)

Caesar salad memiliki jenis dressing khusus yang dibuat dari ikan teri. Sementara bahan saus lainnya adalah jus lemon, minyak zaitun, kuning telur, bawang putih, mustard, dan lada hitam.

Dengan kombinasi bahan-bahan tersebut, jenis dressing salad ini memiliki rasa asin, pedas, dan seperti campuran krim bawang putih dengan aroma lemon. 

Penyajian saus caesar biasanya dikombinasikan dengan sepiring sayur bertabur keju parmesan, roti panggang (crouton) dan potongan daging ayam.

Rasa yang unik dari saus caesar tidak hanya ditujukan untukk salad saja. Saus kental ini cukup serbaguna untuk disajikan sebagai olesan sandwich atau celupan.

8. French Dressing

ilustrasi french dressing
ilustrasi french dressing (pexels.com/Cocobols)

Jenis dressing salad yang juga diimprovisasi dari vinaigrette adalah franch. Saus ini digambarkan sebagai campuran berminyak dari cuka dan rempah-rempah.

Rona oranye yang menjadi ciri khas franch dressing diperoleh dari penambahkan pasta tomat atau juga paprika. Saus berwarna cerah ini tidak hanya cocok untuk salad.

Kelezatan rasanya bisa dimanfaatkan untuk membumbui sumber protein hewani seperti ayam atau udang. Banyak orang yang menggunakan franch sebagai pengganti mayones untuk penambah rasa dalam salad dingin.

Meski sekilas terlihat sama dengan thousand island, tapi keduanya punya bahan dasar berbeda. Seperti yang diketahui, thousand island berkomposisi utama dari mayo, sedangkan franch mengandalkan minyak nabati.

9. Balsamic Vinaigrette

potret salad dengan dressing balsamic vinaigrette
potret salad dengan dressing balsamic vinaigrette (unsplash.com/Margherita Turrin)

Balsamik (balsamic) adalah cuka asal Italia yang berwarna gelap dengan komposisi utama dari jus anggur. Cita rasa balsamik dideskripsikan sebagai kompleksitas dari manis, asam, dan agak tajam di lidah.

Sementara warna cuka ini mengkilap seperti sirup, dengan aroma buah layaknya ceri atau ara. Namun, balsamik hanya salah satu komponen dari jenis dressing salad ini. 

Cuka balsamik perlu dicampur dengan minyak zaitun extra virgin untuk menjadi bahan dasar, lalu dari situ resep balsamic vinaigrette akan divariasikan. Karena balsamik bisa terlalu menyengat, salah satu resep menambahkan madu untuk menyeimbangkan rasa manis dan mengecilkan rasa getirnya. 

Saus ini cocok untuk salad caprese yang terbuat dari irisan tomat segar, mozzarella, dan kemangi. Selain itu, balsamic vinaigrette juga menjadi pasangan serasi untuk potongan roti kering yang disajikan sebagai makanan pembuka. 

10. Tahini

ilustrasi tahini dressing salad
ilustrasi tahini dressing salad (unsplash.com/Alexandra Andersson)

Jenis dressing salad berwarna cokelat ini berasal dari Timur Tengah yang sejak dulu dipakai untuk memperkaya rasa aneka makanan. Tahini dibuat dari biji wijen yang digiling lembut sampai berubah menjadi pasta kental berminyak yang mirip selai kacang alami.

Alih-alih manis seperti selai kacang, tahini memiliki rasa bijen yang gurih dan sedikit pedas. Saat digunakan untuk dressing salad, tahini dipadukan dengan jus lemon, bawang putih, dan air guna mengencerkan pasta. 

Tekturnya yang lembut bisa menyempurkan hidangan paling sederhana sekalipun, termasuk semangkuk sayuran mentah. Apalagi jika dipakai untuk baluran bumbu tahu atau ikan panggang, dijamin tak mengecewakan.

Beragam jenis dressing salad dari yang rasanya ringan hingga tajam, memiliki komposisi berbeda yang menentukan masing-masing karakteristiknya. Mempelajari sifat dari tiap-tiap saus bisa membantu menentukan dressing yang cocok untuk salad buatanmu. Kamu juga bisa berkreasi menciptakan dressing salad sendiri, setelah membaca informasi tersebut.

Baca Juga: ​12 Buah yang Cocok untuk Salad Buah, Dijamin Lebih Segar dan Sehat!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Salad Mixed with Honey Lime Dressing

Salad Mixed with Honey Lime Dressing

(4.6)

60 mnt

recooks-0
Hana Arnin

Hana Arnin

Homemade Thousand Island Dressing

Homemade Thousand Island Dressing

(5.0)

5 langkah

9.3 rb

Artikel Lainnya di nutrisi