6 Jus Buah untuk Melancarkan BAB dan Atasi Sembelit

Segar dan menyehatkan, bye-bye perut melilit dan sembelit!

6 Jus Buah untuk Melancarkan BAB dan Atasi Sembelit

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Saat kondisi sembelit muncul akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman diperut. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan kurangnya mengonsumsi serat, tidak cukup minum air putih, hingga gaya hidup kurang sehat. Sehingga gerak peristaltik yang berfungsi mendorong makanan, bergerak sangat lambat. Sembelit yang terlalu lama pun, memicu masalah kesehatan lain bermunculan, seperti wasir, radang usus, hingga hernia.

Cara untuk mengatasi masalah sembelit bisa dilakukan dengan obat pencahar. Tapi, konsumsi obat tersebut terlalu sering akan menimbulkan efek samping yang serius. Jangka pemulihannya pun lebih pendek.

Maka solusi yang terbaik adalah dengan meningkatkan asupan serat dan air. Sobat Yummy bisa minum jus buah untuk memperlancar pencernaan. Yuk, cari tahu apa saja jus buah untuk melancarkan bab dalam artikel Yummy App kali ini.

1. Jus pepaya

pepaya untuk mengatasi sembelit
ilustrasi pepaya (unsplash.com/debora cardenas)

Khasiat pepaya dalam memperlancar sistem pencernaan sudah tidak diragukan lagi. Jus buah ini dapat mengatasi sembelit dan mencukupi kadar air dalam tubuh.

Selain tinggi serat, pepaya juga mengandung enzim papain yang ampuh dalam perannya efektif dalam memecah molekul makanan khususnya protein ke bentuk lebih kecil, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Dilansir dari Halodoc, jus pepaya dapat membunuh parasit ataupun cacing pada usus, sehingga sistem pencernaan dapat terjaga kesehatannya. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan karpain dalam pepaya.

2. Jus apel

jus apel untuk atasi sembelit
ilustrasi apel (unsplash.com/shelley pauls)

Jus apel menjadi jus dengan efek pencahar yang efektif selanjutnya. Pasalnya apel kaya akan serat dan air yang berkhasiat untuk mengatasi kondisi sembelit.

Dalam 100 g apel mengandung 2,4 g serat baik, yang dapat mencukupi 17% asupan serat harian. Air pada apel juga mencapai 86%, sehingga membantu mencukupi kadar air dalam tubuh. Tidak hanya itu, apel juga lengkap dengan ragam vitamin yang bagus dalam memperlancarkan metabolisme tubuh.

3. Jus anggur

anggur untuk atasi sembelit
ilustrasi anggur (unsplash.com/maja petic)

Buah dengan banyak air, seperti anggur, mampu meningkatkan kebutuhan air dalam tubuhmu. Selain itu, jika Sobat Yummy mengonsumsi jus buah satu ini, maka akan mendapatkan manfaat sorbitol di dalamnya.

Dikutip dari laman Honestdocs, sorbitol digunakan sebagai pencahar alami yang dapat menarik air ke usus untuk melunakkan feses dan menstimulasi rasa mulas, sehingga feses lebih cepat dikeluarkan.

Baca Juga: Penuhi Asupan Nutrisi dengan 7 Buah yang Mengandung Asam Folat Ini!

4. Jus mangga

mangga untuk atasi sembelit
ilustrasi mangga (unsplash.com/ama journey)

Serat dalam 1 buah mangga mencapai hingga 2,6 g. Tingginya serat ini membuat jus mangga dapat membantu memperlancar BAB. Perannya yang dapat menyerap air, membuat feses menjadi lebih lunak dan mudah dalam proses pengeluaran.

Tidak berhenti di situ, hadirnya enzim amilase pada mangga mendukung pemecahan molekul makanan pada pencernaan lebih efektif. Sehingga mangga juga membantu memaksimalkan penyerapan nutrisi makanan pada tubuh.

5. Jus jeruk

jeruk untuk atasi sembelit
ilustrasi jus jeruk (unsplash.com/mateusz feliksik)

Seperti yang Sobat Yummy ketahui, bahwa jeruk menjadi buah dengan sumber vitamin C yang baik. Tidak hanya mendukung peningkatan daya tahan tubuh, vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan proses sekresi cairan ke dalam usus, sehingga meningkatkan massa feses dan menjadi lunak.

Proses tersebut juga dibantu oleh serat dan antioksidan naringenin dalam jeruk. Kadar air dalam jeruk juga mampu memperlancar pencernaan. Sehingga mengonsumsi jus jeruk menjadi salah satu untuk mengatasi sembelit.

6. Jus pisang

pisang untuk atasi sembelit
ilustrasi pisang (unsplash.com/rodrigo dos)

Pisang selalu menjadi jawaban dalam solusi mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kurang lebih 3 g serat dalam 100 g buahnya. Serat dalam pisang ini merupakan jenis pektin, yang mana mudah larut dan bagus untuk pencernaan.

Tidak hanya itu, buah ini juga memiliki sifat probiotik sehingga menstimulasi bakteri baik dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Mengonsumsi banyak buah-buahan terlebih yang di jus, lebih baik ketimbang menggunakan obat pencahar. Tidak hanya mengatasi, jus buah diatas juga mencegah Sobat Yummy dari kondisi susah BAB.

Tapi disarankan saat membuat jus buah untuk tidak memberi banyak gula. Hal ini karena banyak konsumsi gula sendiri menjadi salah satu penyebab terjadinya sembelit. Sobat Yummy boleh banget hanya mengandalkan cita rasa manis yang sudah ada pada buah, atau mengganti gula dengan madu.

Baca Juga: 5 Buah yang Mengandung Zat Besi untuk Menambah Sel Darah Merah

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Anugrah Lestari

Anugrah Lestari

Jus Pisang Apel Madu

Jus Pisang Apel Madu

(5.0)

5 langkah

820

Artikel Lainnya di nutrisi