Advertisement

Advertisement

Advertisement

10 Jus yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Jaga kesehatan ibu dan janin dengan 10 jus ini!

10 Jus yang Bagus untuk Ibu Hamil dan Janinnya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Mengkonsumsi buah-buahan pada masa kehamilan penting untuk memenuhi nutrisi ibu hamil dan juga janin. Kalau kamu bosan dengan cara makan buah yang itu-itu saja, membuatnya menjadi jus tidak ada salahnya. Ini dia 10 jus yang bagus untuk ibu hamil dan pasti akan memenuhi nutrisi untuk future baby!

Advertisement

1. Jus lemon

sebotol jus lemon
ilustrasi jus lemon (unsplash.com/Milo McDowell)

Jus Lemon adalah solusi untuk mengatasi morning sickness-mu. Menurut beberapa studi ilmiah, aroma lemon yang segar bisa menyegarkan rasa mual yang sering dirasakan wanita hamil. Tentu saja, dengan kandungan vitamin C yang tinggi akan meningkatkan imun sang ibu.

Advertisement

2. Jus anggur

buah anggur untuk ibu hamil
ilustrasi buah anggur (pexels.com/Kai-Chieh Chan)

Ada begitu banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil pada buah anggur. Mulai dari vitamin K, antioksidan, serat, folat, pektin, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan ini disebut-sebut bagus membantu ibu hamil yang mengalami perubahan biologis karena kehamilan.

3. Jus pir

manfaat buah pir untuk ibu hamil
ilustrasi buah pir (unsplash.com/Masahiro Naruse)

Buah pir memiliki kandungan kalium yang dapat menjaga jantung ibu hamil tetap sehat dan stabil. Selain itu, buah pir juga memiliki serat dan folat yang dibutuhkan oleh janin. Jus pir ditambah dengan madu atau lemon dijamin akan memberikan kesegaran bagi ibu hamil terutama di cuaca panas.

4. Jus mangga

segelas jus mangga
ilustrasi jus mangga (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Mangga adalah buah yang powerful! Hanya dengan meminum secangkir jusnya, kamu sudah memenuhi 100% kebutuhan harian akan vitamin C berdasarkan angka kecukupan gizi (AKG). Tidak hanya vitamin C, ada juga vitamin A pada buah mangga yang menguatkan sistem imun untuk bayi sejak kelahirannya.

5. Jus pisang

segelas jus pisang
ilustrasi jus pisang (freepik.com/racool-studio)

Rasa mual pada masa awal kehamilan kadang membuat para ibu hamil kesulitan untuk makan. Padahal, asupan gizi sangat diperlukan bagi si ibu dan janinnya.

Jus pisang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini dikarenakan, pisang memiliki vitamin B-6 yang dapat meredakan rasa mual. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi akan memberikan rasa kenyang.

Baca Juga: 7 Asupan Gizi dan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Muda 

6. Jus apel

segelas jus apel dan raspberry
ilustrasi jus apel dan raspberry (unsplash.com/Francesca Hotchin)

Kalium, serat, vitamin C dan A adalah beberapa nutrisi yang sangat diperlukan pada masa pertumbuhan janin. Semua kandungan tersebut ada pada buah apel.

Selain itu, dengan kandungan-kandungan tersebut pada buah apel, bayi akan terhindar dari risiko alergi dan asma. Untuk itu, jus apel adalah jus yang bagus untuk ibu hamil yang Yummy App rekomendasikan.

7. Jus aprikot

segelas jus aprikot
ilustrasi jus aprikot (freepik.com/8photo)

Beberapa ibu hamil memiliki kecenderungan menderita anemia selama masa kehamilan. Mengonsumsi buah aprikot dapat mencegah hal tersebut. Kandungan nutrisi buah aprikot kaya akan vitamin, kalsium, hingga beta karoten yang juga dibutuhkan si janin pada masa pertumbuhannya.

8. Jus jeruk

manfaat jus jeruk untuk ibu hamil
ilustrasi jus jeruk (unsplash.com/Mateusz Feliksik)

Buah jeruk adalah salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil setiap hari ini. Hal ini dikarenakan, asam folat yang dikandungnya dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin. Selain itu, vitamin C-nya juga akan dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga imun tubuhnya selama masa kehamilan.

9. Jus alpukat

jus alpukat untuk ibu hamil
ilustrasi jus alpukat tanpa air (unsplash.com/Art Rachen)

Alpukat adalah salah satu dari sekian buah yang dapat membantu meredakan gejala mual atau morning sickness yang umum dialami para ibu hamil. Selain itu, magnesium dan kalium pada alpukat juga dapat meredakan kram pada kaki yang kerap dirasakan ibu hamil. 

10. Jus delima

segelas jus delima
ilustrasi jus delima (freepik.com/azerbaijan-stockers)

Asupan zat besi yang cukup akan menurunkan risiko cedera pada plasenta sehingga janin akan terlindung dengan baik pada masa pertumbuhannya. Buah delima memiliki kandungan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil dan janinnya tersebut. Untuk itu, pastikan untuk sering mengkonsumsi jus yang satu ini, ya!

Pada masa kehamilan, jangan lupa untuk terus menjaga asupan nutrisi pada tubuh. Dengan begitu, kesehatan ibu maupun janin dalam kandungan akan terus terjaga. Selain itu, bayi dapat lahir dan tumbuh dengan sehat pula.

Kamu bisa menemukan resep-resep jus yang bagus untuk ibu hamil juga janin di Yummy App bersama dengan resep sehat lainnya!

Penulis: Embun Nadha Pawestri

Baca Juga: 7 Asupan Nutrisi dan Makanan yang Baik untuk Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Diana Nurjanah

Diana Nurjanah

Es Alpukat Gulmer Sagu Mutiara

Es Alpukat Gulmer Sagu Mutiara

(5.0)

6 langkah

344

Rani Rarun

Rani Rarun

Jus Mangga

Jus Mangga

(5.0)

15 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi

Advertisement