10 Jus yang Melancarkan Peredaran Darah, Segar dan Menyehatkan

Rutin diminum untuk peredaran darah lancar

10 Jus yang Melancarkan Peredaran Darah, Segar dan Menyehatkan

penulis:

Langgeng Irma Salugiasih

Bagikan:

Sayuran dan buah-buahan memiliki banyak manfaat termasuk melancarkan peredaran darah. Sayangnya, banyak yang tidak menyukainya karena rasa atau teksturnya.

Oleh karena itu, dengan meraciknya menjadi minuman atau jus bisa menjadi alternatif. Berikut adalah 10 minuman dan jus yang melancarkan peredaran darah rekomendasi Yummy App untuk kamu para picky eater!

1. Jus Anggur

buah anggur
ilustrasi buah anggur (unsplash.com/Marius Ciocirla)n

Anggur memiliki kandungan flavonoid yang mencegah terjadinya pembekuan darah. Dengan porsi yang tepat, anggur dapat menjadi pengencer darah alami dengan dikonsumsi sebanyak 5 hingga 7 buah Anggur setiap harinya. Kamu bisa mencoba Jus anggur apabila tidak menyukai memakannya secara langsung.

2. Green Juice

green juice
ilustrasi green juice (unsplash.com/Christina Rumpf)

Kandungan vitamin K dalam mentimun adalah salah satu kandungan krusial untuk menekan risiko proses pembekuan darah. Begitu pula dengan seledri yang memiliki kandungan yang mirip namun dengan kombinasi vitamin lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Membuat green juice, dijamin akan melengkapi tubuhmu dengan vitamin-vitamin penting demi kelancaran peredaran darah pada tubuh.

3. Jus Jeruk

manfaat jus jeruk untuk ibu hamil
ilustrasi jus jeruk (unsplash.com/Mateusz Feliksik)

Jus Jeruk adalah salah satu jus yang cukup populer dikonsumsi di seluruh dunia. Ternyata jus ini adalah salah satu jus yang melancarkan peredaran darah. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk juga antioksidan yang bekerja untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

4. Jus Tomat dan Wortel

jus wortel dan tomat
ilustrasi jus wortel dan tomat (pixabay.com/rawpixel)

Jika biasanya diolah menjadi sup, tomat dan wortel juga populer dibuat jus untuk minuman sehat harian, lho. Tak hanya mengandung kalium, tomat dan wortel juga diperkaya dengan beta karoten yang memiliki sifat antioksidan.

Kandungan potasium dalam wortel bermanfaat untuk mengendurkan arteri dan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah lebih lancar. Manfaat yang sama pun diperoleh dari tomat. Di mana buah kaya air satu ini bisa membantu mengurangi aktivitas enzim pengubah angiotensin yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Baca Juga: 7 Asupan Nutrisi dan Makanan yang Baik untuk Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

5. Jus Delima

segelas jus delima
ilustrasi jus delima (freepik.com/azerbaijan-stockers)

Di balik kesegarannya, delima turut diperkaya dengan antioksidan dan nitrat. Kedua senyawa tersebut sangat baik untuk mendukung sirkulasi darah dalam tubuh. Tak heran ya, kalau delima juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama masker wajah.

Rutin mengkonsumsi jus delima 30 menit sebelum olahraga bisa membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan otot, lho. Buah beri satu ini juga rendah kalori dan lemak sehingga relatif aman untuk konsumsi harian, bahkan bagi yang memiliki penyakit kolesterol dan jantung.

6. Jus Buah Bit

jus buah bit
ilustrasi jus buah bit (freepik.com)

Buah merah satu ini populer di kalangan olahragawan, lho. Buah bit merupakan sumber nitrat yang baik, di mana senyawa tersebut diproses dalam tubuh menjadi oksida nitrat.

Oksida nitrat dibutuhkan untuk melemaskan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke jaringan otot lebih lancar. Melansir Healthline, minum jus buah bit secara rutin dapat membantu penurunan tekanan darah dan peradangan pada pembuluh darah secara signifikan, lho.

7. Jus Almond Kurma

jus almond kurma
ilustrasi jus almond kurma (freepik.com/jcomp)

Bukan rahasia lagi jika kacang almond menyimpan banyak kebaikan untuk tubuh. Almond merupakan sumber protein nabati, vitamin E, lemak tak jenuh, dan magnesium yang dibutuhkan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kamu bisa mengkombinasikan almond dengan kurma lho, untuk dibuat jus yang segar. Kurma ajwa mengandung kaya antioksidan yang berperan penting untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

8. Jus Pisang

jus pisang
ilustrasi jus pisang (freepik.com)

Bagi beberapa orang, tekstur jus pisang mungkin terasa aneh, ya. Namun, minuman satu ini justru disarankan untuk bantu menjaga kestabilan tekanan darah, lho.

Saat tubuh terlalu banyak mendapat natrium dari makanan yang kamu konsumsi akan mengganggu kesehatan ginjal dan memicu tekanan darah tinggi. Kandungan potasium dan kalium dalam pisang berguna membuang kelebihan natrium yang dikeluarkan melalui urin. Hal tersebut akan membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga melancarkan sirkulasi darah.

9. Jus Semangka

jus semangka
ilustrasi jus semangka (pexels.com/Tamanna Rumee)

Kesegaran buah musim panas ini memang selalu bikin nagih, ya. Selain berserat tinggi dan rendah kalori, kandungan antioksidan jenis likopen dalam semangka turut berperan meningkatkan sirkulasi darah. Mengkonsumsi semangka dengan tepat akan bantu dalam mencegah prehipertensi, kondisi awal dari penyakit kardiovaskular.

10. Jus Alpukat

jus alpukat untuk ibu hamil
ilustrasi jus alpukat tanpa air (unsplash.com/Art Rachen)

Lalu, ada alpukat yang digemari oleh pelaku diet sebagai menu makan sehari-hari. Dalam dagingnya yang tebal dan lembut, terdapat banyak kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsi membantu melancarkan aliran sirkulasi darah dalam tubuh.

Buah ini juga aman bagi penderita kolesterol, lho. Journal of the American Heart Association menyebut, mengkonsumsi alpukat dengan takaran yang tepat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum mengkonsumsi jus buah di atas, yaitu mengenali kebutuhan nutrisi harian yang disarankan sesuai kondisi tubuh. Lalu, pastikan kamu tidak memiliki alergen terhadap buah-buahan di atas, ya.

Baca Juga: ​10 Resep Jus yang Bagus untuk Kulit, Auto Glowing!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ayu Aura

Ayu Aura

Puding Coklat Delima

Puding Coklat Delima

(5.0)

30 mnt

249

Artikel Lainnya di nutrisi