Ketahui Jumlah Kalori Air Putih dan Manfaatnya bagi Tubuh!

Kalori air putih? Memang ada? Yuk, ketahui di sini!

Ketahui Jumlah Kalori Air Putih dan Manfaatnya bagi Tubuh!

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Pernahkah kalian bertanya-tanya, apa saja, sih, kandungan dalam air putih? Pasalnya, cairan putih bening yang selalu menemanimu selesai makan ini termasuk salah satu minuman paling sehat di dunia. Tidak heran jika air putih dianjurkan untuk diminum setidaknya 2 liter per hari. Hal ini karena air putih sangat bermanfaat untuk peran dan kinerja organ.

Tapi mengapa cairan dengan rasa ringan ini sangat penting untuk tubuh? Apakah memiliki kandungan spesifik, seperti kalori? Yuk, cari tahu jawabannya pada artikel Yummy App kali ini, agar kamu paham fakta tentang air putih untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum diketahui.

Berapa Kalori Air Putih dan Apa Saja Kandungannya?

Menurut studi terbitan Majalah Kedokteran UKI (2019), air putih sebenarnya merupakan minuman nol kalori atau tanpa kandungan kalori apa pun. Pada umumnya kalori didapatkan dari makronutrien seperti karbohidrat, protein hingga lemak. Sedangkan air putih tidak memiliki kandungan nutrisi tersebut.

In fact, air putih nyaris tidak memiliki kandungan apa pun, hanya sejumlah kecil dari kelompok mineral seperti seng, kalsium, magnesium, natrium. Karena air putih 0% kalori, maka minum ini tidak akan berkontribusi dalam kenaikan berat badan.

Sebaliknya, jika kamu minum banyak air putih, maka kalori dalam tubuh akan lebih banyak berkurang. Bahkan disebut-sebut bahwa, jika seseorang ingin menurunkan berat badan, tidak perlu secara spesifik mengubah pola hidup. Cukup dengan banyak minum air putih ampuh dalam penurunan berat badan.

Eits, tidak hanya itu manfaat air putih bagi kesehatanmu. Ternyata masih banyak manfaat tersembunyi lain yang tidak kalah keren dari minuman bening ini. Apa saja? Let's check!

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan

1. Melancarkan keluarnya limbah dan racun dari tubuh

manfaat air putih untuk kesehatan
ilustrasi air putih bantu menjaga sistem ekspresi (unsplash.com/engin akyurt)

Minum banyak air putih dapat menghidrasi tinja, sehingga akan lebih lunak. Pergerakan dalam mengeluarkan tinja, yang sudah pasti membawa limbah tubuh pun, sehingga menjadi lancar.

Jika Sobat Yummy minum cukup air putih, juga akan menstimulasi produksi urine, maka senyawa buangan tubuh yang tidak terpakai lagi akan keluar bersama urine. Air putih juga mampu meningkatkan kinerja ginjal tetap stabil, hingga mencegah kondisi batu ginjal.

2. Pembakaran kalori tubuh

Faktanya, meskipun air putih nol kalori, minuman ini justru dapat membakar kalori pada tubuhmu. Dilansir dari Halodoc, air putih dapat memicu kondisi termogenesis (proses pemanasan tubuh). Dalam kondisi ini membutuhkan energi, kalori pada tubuh-lah sebagai bahan bakarnya dalam melanjutkan termogenesis. Sehingga jumlah kalori dapat berkurang.

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Kalori Pada Makanan yang Simpel dan Akurat!

3. Mempercepat proses metabolisme

manfaat proses metabolisme tubuh
ilustrasi air putih mempercepat metabolisme (unsplash.com/janosch lino)

Kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur saat perut kosong, terbukti dapat mempercepat proses metabolisme hampir 25%. Hal ini karena air putih yang mampu memicu termogenesis dalam tubuh.

4. Mengurangi asupan kalori

Saat Sobat Yummy selesai makan, dan lebih memilih meminum air putih sebagai penutupnya, hal tersebut dapat mengurangi tambahan asupan kalori. Alih-alih memilih minuman lain yang lebih berat dan manis. Karena air 0% kalori, sehingga kamu tidak perlu worry akan menambah kalori setelah selesai makan.

5. Membantu menjaga fungsi organ dalam kondisi baik

air putih membantu fungsi organ
ilustrasi air putih membantu fungsi organ (unsplash.com/chinh le duc)

Sobat Yummy harus tahu, manusia terdiri dari 70% air. Maka dari itu, agar tetap bugar dan membantu organ dalam tubuh tetap bekerja dengan baik, diperlukan minum air putih yang cukup, agar tubuh terhidrasi dengan optimal.

Kalori air putih yang 0%, sehingga jika diminum tidak menimbulkan efek kenaikan berat badan ataupun efek buruk lainnya. Kecuali jika kamu berlebihan dalam meminumnya, ataupun kurang minum air putih, akan menyebabkan sejumlah dampak untuk kesehatan. Maka dari itu, minum air putih setiap hari setidaknya dianjurkan 8 gelas per hari, ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: Fakta Tentang Air Zamzam yang Kaya Akan Manfaat untuk Tubuh

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Atik Haryono

Atik Haryono

Infused Water Jeruk Lemon Stroberi

Infused Water Jeruk Lemon Stroberi

(5.0)

15 mnt

225

Artikel Lainnya di nutrisi