Kalori Ayam Bakar, Kandungan Gizi dan Manfaat Ayam Bakar

Suka makan ayam bakar? Yuk simak kalori ayam bakar

Kalori Ayam Bakar, Kandungan Gizi dan Manfaat Ayam Bakar

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ayam bakar adalah salah satu hidangan yang paling disukai oleh banyak orang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lezat membuat ayam bakar menjadi pilihan yang sempurna untuk acara makan keluarga atau bahkan untuk santapan harian.

Namun, sebelum menikmati ayam bakar dengan lahap, penting untuk mengetahui berapa kalori yang terkandung dalam hidangan ini.

Di artikel ini, Sobat Yummy akan menemukan informasi tentang kalori ayam bakar, kandungan gizi ayam bakar, dan manfaatnya bagi tubuh.

Kalori Ayam Bakar

ilustrasi ayam bakar (freepik.com/jcomp)
ilustrasi ayam bakar (freepik.com/jcomp)

Ayam bakar adalah pilihan yang sehat dan rendah kalori dibandingkan dengan ayam goreng karena tidak menggunakan minyak dalam proses pengolahannya. 

Dilansir dari Fatsecret, untuk satu potong ayam bakar berukuran sedang, setelah masak dan tulang dihilangkan, memiliki 98 kkal, 3,82 gram lemak, dan 14,2 gram protein.

Namun, perlu diingat bahwa jumlah kalori ini dapat berbeda tergantung pada bumbu dan saus yang digunakan dalam proses pembakaran ayam.

Jika Sobat Yummy ingin mengontrol asupan kalori, memilih bagian daging tanpa kulit adalah pilihan yang lebih baik. Bagian daging tanpa kulit mengandung lebih sedikit lemak, sehingga memiliki kalori yang lebih rendah.

Kandungan Gizi Ayam Bakar

ayam bakar iloni makanan khas Gorontalo
ilustrasi ayam bakar iloni khas Gorontalo (yummy.co.id/Heny Rosita)

Selain mengetahui jumlah kalori ayam bakar, penting juga untuk mengetahui kandungan gizi dalam ayam bakar. Ayam bakar mengandung protein tinggi, vitamin B kompleks, seperti vitamin B3 (niacin), vitamin B6, dan vitamin B12, serta mineral seperti zat besi, fosfor, dan seng.

Protein merupakan zat penting dalam pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh. Vitamin B kompleks berperan dalam pengaturan metabolisme dan produksi energi dalam tubuh. Sedangkan zat besi penting untuk membantu pembentukan sel darah merah dan fosfor adalah mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat kandungan gizi ayam bakar ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga fungsi organ tubuh tetap optimal.

Baca Juga: ​6 Resep Bumbu Oles Ayam Bakar Rumahan yang Mudah Dibuat

Manfaat Ayam Bakar

Ayam bakar khas Padang dengan selada sebagai pelengkap
ilustrasi ayam bakar Padang (dok. Yummy App)

Ayam bakar juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaatnya antara lain:

1. Sumber Protein

Ayam bakar mengandung protein yang tinggi, yang sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga membantu meningkatkan massa otot dan menjaga kekuatan otot.

2. Mengandung Vitamin B

Ayam bakar juga kaya akan vitamin B kompleks yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan mengatur metabolisme tubuh.

3. Rendah Lemak

Ayam bakar tanpa kulit memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan ayam goreng. Ini menjadikan ayam bakar sebagai pilihan yang baik untuk menjaga berat badan sehat.

4. Sumber Mineral

Ayam bakar juga mengandung mineral seperti zat besi, fosfor, dan seng yang esensial untuk kesehatan tubuh seperti pembentukan sel darah merah, kesehatan tulang, dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Dengan menikmati ayam bakar secara moderat dan sebagai bagian dari pola makan yang seimbang, Sobat Yummy dapat memperoleh manfaat kandungan gizinya yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: 10 Resep Ayam Bakar Enak dan Mudah Dibuat

Ayam bakar adalah hidangan lezat yang tidak hanya enak, tetapi juga bisa menjadi pilihan yang lebih sehat. Dengan jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan ayam goreng, ayam bakar dapat membantu menjaga berat badan sehat.

Selain itu, kandungan gizinya yang tinggi protein, vitamin B kompleks, dan mineral, menjadikan ayam bakar sebagai makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, tetap penting untuk mengonsumsinya dengan perhatian dan seimbang. Jadi, jangan ragu untuk menikmati ayam bakar sebagai hidangan lezat dan sehat di meja makan Sobat Yummy!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Selvi Maryani

Selvi Maryani

Ayam Bakar Manis

Ayam Bakar Manis

(5.0)

10 mnt

1.3 rb

Artikel Lainnya di nutrisi