​Kalori Risol Mayo dan Nilai Kandungan Gizinya

Cemilan lezat untuk disantap sore hari bersama kopi!

​Kalori Risol Mayo dan Nilai Kandungan Gizinya

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Sebelum mengonsumsi cemilan, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui kalori yang terkandung dalam makanan tersebut terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah tubuh mendapatkan asupan kalori berlebihan yang menjadi penyebab kolesterol tinggi. Salah satu cemilan yang termasuk favorit banyak orang adalah risol mayo. 

Risol mayo merupakan salah satu gorengan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dijadikan teman ketika minum teh. Rasanya yang gurih dan lezat, sering kali membuat kamu ketagihan dan mengkonsumsi risol mayo secara berlebihan.

Namun, sudah tahukah kamu berapa kandungan kalori yang terdapat pada setiap satu buah risol mayo? Ketahui kalori risol mayo pada artikel Yummy App kali ini!

Baca Juga: Apa Itu Kalori? Kunci Berat Badan Ideal dan Pola Makan Sehat

Kalori risol mayo

ilustrasi risol mayo ala Margo
ilustrasi risol mayo ala Margo (flickr.com/Iis Sukendar)

Risol mayo merupakan cemilan yang terbuat dari kulit hasil dari adonan tepung terigu dan tepung roti. Dalam balutan kulit tepung terdapat telur, sosis, smoked beef, dan mayones, sehingga cemilan satu ini bisa mengganjal perut yang lapar. 

Kalori dalam satu buah risol mayo (sekitar 40 g) biasanya mencapai 110 kalori. Namun, jumlah kalori tersebut bisa berbeda tergantung bahan yang digunakan dan cara memasaknya. Jika dalam risol mayo terdapat lebih banyak telur dan mayones, maka kalorinya pun bisa lebih banyak dibandingkan dengan risol mayo tanpa mayones.

Cara memasak dengan deep frying juga bisa memicu naiknya jumlah kalori pada risol mayo. Akan lebih baik jika risol mayo diolah menggunakan air fryer yang bisa menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak goreng.

Kalori pada risol mayo diperoleh dari tepung terigu yang merupakan bagian kulit, bagian isi, hingga minyak yang digunakan untuk menggoreng. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jumlah kalori pada risol mayo bisa berbeda-beda tergantung isinya.

Berikut ini perkiraan jumlah kalori setiap 100 gram risol mayo dengan isian yang berbeda, melansir FatSecret Indonesia.

  • Risol mayo dengan isian telur, mayones, keju, smoked beef, mengandung hingga 275 kalori.
  • Risol mayo dengan isian daging cincang, daun bawang, dan juga sayur wortel mengandung hingga 241 kalori.
  • Risol mayo dengan isian ayam yang dicincang atau disuwir mengandung 178 kalori.

Risiko konsumsi risol mayo secara berlebihan

putih telur menjaga kadar kolesterol
ilustrasi pemeriksaan kolesterol (unsplash.com/hush naidoo jade photography)

Sama seperti gorengan lainnya, jika dikonsumsi dengan porsi yang cukup, maka tidak akan menimbulkan resiko atau dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Namun, berbeda hal jika kamu mengkonsumsi risol mayo dalam jumlah yang berlebihan. Hal tersebut bisa memicu tubuh kelebihan kalori yang menyebabkan berbagai penyakit.

Salah satu penyakit yang paling banyak disebabkan oleh kebanyakan kalori adalah naiknya jumlah kolesterol. Jika dibiarkan, kenaikan kolesterol ini dapat menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya lagi seperti penyakit jantung hingga stroke. Hal ini disebabkan karena kolesterol yang menumpuk dapat menyumbat aliran darah yang mengalir ke jantung. 

Tapi sebenarnya kamu tidak perlu khawatir apabila mengonsumsi risol mayo hanya sebanyak satu atau dua buah saja. Karena walaupun mengandung kalori yang cukup banyak, jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, tidak akan membahayakan tubuh. 

Selain itu, risol mayo yang diisi dengan sayuran, mayones, daging juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Terdapat kandungan gizi dalam satu buah risol mayo seperti karbohidrat sekitar 9,58 gram, lemak sebanyak 6,19 gram, vitamin E, vitamin K, dan juga omega-3 yang berasal dari mayonaise, 3,73 gram protein berasal dari telur. 

Itu dia kalori risol mayo yang perlu kamu ketahui untuk dapat menjaga asupan risol mayo yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsi risol mayo tidak terlalu banyak, apalagi jika risol mayo diolah menggunakan minyak goreng. Cukup konsumsi satu atau dua risol mayo berukuran kecil saja, untuk menjaga kalori di dalam tubuh.

Baca Juga: Jumlah Kalori Gorengan, Apakah Bikin Gemuk?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur Panda

Dapur Panda

Risol Mayo Smoke Beef #JagoMasakMinggu5Periode2

Risol Mayo Smoke Beef #JagoMasakMinggu5Periode2

(5.0)

6 langkah

2.7 rb

Artikel Lainnya di nutrisi