10 Makanan Berkuah Enak dan Lezat

Cocok disantap hangat-hangat pas pagi, siang, dan malam

10 Makanan Berkuah Enak dan Lezat

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Selain mampu menghangatkan badan, makanan berkuah juga dapat menambah cairan dalam tubuh.

Jika Sobat Yummy sedang ingin makan makanan berkuah tapi bingung mau memilih apa, yuk, simak artikel Yummy App berikut sebagai inspirasi menu makanan berkuah yang lezat. 

1. Rawon

makanan berkuah rawon daging
ilustrasi rawon daging (app.yummy.co.id/raradebtasari)

Rawon adalah hidangan dari Jawa Timur yang terkenal akan rempah dan kuah hitamnya.

Keluak atau kluwek adalah kunci utama dari kuah hitam rawon. Biji dari buah picung ini digeprek halus, lalu dicampurkan ke dalam rawon. Tak hanya mengubah warna, kluwek juga membuat rasa rawon menjadi segar dan khas.

Bahan utama rawon umumnya menggunakan daging sapi dengan campuran kikil atau lemak, agar kuahnya semakin gurih.

Rawon disajikan bersama nasi putih. Tak lupa sambal, taburan tauge, kerupuk atau emping sebagai pelengkap rasa yang lebih nikmat.

2. Soto Banjar

soto banjar makanan khas banjarmasin
ilustrasi soto banjar (instagram.com/rumah_kuliner_yulisupandi)

Soto banjar berasal dari Kalimantan Selatan yang juga populer di daerah lain. Soto ini memiliki cita rasa unik dengan penyajian yang berbeda dari soto-soto lainnya. Jika kebanyakan soto umumnya dihidangkan bersama nasi, soto banjar disajikan bersama ketupat.

Kuah soto banjar umumnya terlihat keruh karena kaldu ayam dan berbagai rempah yang ditambahkan. Telur dan perkedel kentang juga merupakan komponen yang tak boleh dilupakan ketika Sobat Yummy menyantap soto Banjar.

3. Bakso Urat

Bakso Urat Lor Patung Kuda Manahan
ilustrasi bakso urat (Google Maps/Asha Rizky)

Bakso urat adalah varian bakso yang memiliki ciri khas berupa urat yang dicampurkan pada bola-bola daging. Urat pada bakso terbuat dari serat otot sapi atau jaringan ikat yang memberikan tekstur kenyal saat digigit dan dikunyah.

Paduan antara mie, pangsit, bola bakso berurat, dan kuah yang gurih dijamin akan menggoyang lidah Sobat Yummy.

4. Sup Egg-Drop

makanan berkuah sup egg drop
ilustrasi sup egg drop (Dotdash Meredith Food Studios)

Sup egg drop adalah hidangan populer dalam masakan Asia, terutama masakan Tionghoa dan beberapa varian masakan Asia Timur. Sup ini memiliki ciri khas telur yang dituangkan ke dalam kuah panas dan membentuk gumpalan-gumpalan kecil saat dimasak.

Sup egg drop umumnya menggunakan kaldu ayam atau kaldu sayuran dan dibuat sedikit lebih kental agar teksturnya lebih terasa. Jahe juga bisa ditambahkan agar lebih menyehatkan.

Biasanya, sup egg drop disantap sebagai hidangan pembuka atau sebagai bagian dari menu utama bersama nasi atau mie.

5. Sayur Asem

resep sayur asem
ilustrasi sayur asem (flickr.com/SafacMagz)

Sayur asem adalah hidangan berkuah yang memiliki komponen berbagai macam sayuran seperti kacang panjang, labu siam, daun melinjo, jagung muda, dan terong. Rasa asam pada sayur ini berasal dari asam jawa atau belimbing wuluh.

Hidangan ini pun menjadi menu makan sehari-hari karena bahan yang murah dan pembuatannya yang mudah. Sayur asem biasanya disajikan bersama ikan asin, tahu bacem, dan sambal.

Baca Juga: 6 Resep Menu Makanan Pencegah Stunting pada Anak

6. Garang Asem

garang asem makanan khas jawa tengah
ilustrasi garang asem (yummy.co.id/Rani Rarun)

Garang asem merupakan makanan khas Jawa Tengah yang banyak ditemukan, khususnya di Sragen. Hidangan satu ini memiliki cita rasa asam, segar, dan pedas yang kemudian dipadu dengan empuknya ayam yang dibalut daun pisang.

Rasa asam di kuahnya diperoleh dari belimbing wuluh atau tomat, dan bisa juga menggunakan asam jawa yang telah dicampur dengan sedikit air terlebih dulu.

Setelah ayam dan rempah-rempah, seperti bawang-bawangan dan cabai hijau dilipat di dalam daun pisang, ayam akan dikukus hingga empuk. Garang asem cocok disajikan bersama nasi putih dan teh manis. 

7. Laksa Betawi

laksa betawi makanan khas betawi
ilustrasi laksa betawi (dok. Yummy App/Heny Rosita)

Sajian hangat berkuah santan kali ini berasal dari Betawi, Jakarta. Laksa betawi akan memanjakan lidah Sobat Yummy dengan kuah yang gurih. Kombinasi dari daging ayam kampung, ketupat bersama, bihun, kecambah, telur rebus, kemangi, dan daun kucai

8. Sayur Lodeh

makanan berkuah sayur lodeh
ilustrasi sayur lodeh (commons.wikimedia.org/iNews)

Sayur lodeh adalah hidangan berkuah yang terdiri dari berbagai sayuran seperti kacang panjang, labu siam, tauge, terong, dan daun melinjo. Tidak seperti sayur asem, sayur lodeh menggunakan santan kelapa dan tidak menggunakan asam jawa.

Terdapat beberapa versi sayur lodeh. Ada yang tidak membuat kuahnya pedas, sehingga kuah cenderung berwarna putih keruh. Ada pula yang mencampurkan cabai merah halus untuk membuat kuahnya berwarna merah.

Sayur lodeh biasanya disantap bersama nasi putih dan lauk pauk seperti tahu, tempe, atau bakwan jagung.

9. Sayur Kuning Ikan Kakap

pallumara ikan kakap makanan khas makassar
ilustrasi pallumara ikan kakap (youtube.com/Ceceromed Kitchen)

Sayur kuning ikan kakap dapat Sobat Yummy temukan di restoran khas Indonesia. Terdapat beberapa variasi dari sayur kuning, yakni yang tidak menggunakan santan dan yang menggunakan santan untuk menambah kekentalan serta gurih kuahnya.

Daging ikan kakap yang bergizi tinggi dipadukan dengan kuah segar dan nasi putih sangat cocok dinikmati kapan saja.

10. Coto Makassar

coto makassar
ilustrasi coto makassar (flickr.com/Arie P. Prasetyo)

Coto makassar memiliki kuah yang kental dan berwarna cokelat kemerahan. Daging sapi yang menjadi salah satu bahan utama pun harus empuk dan penuh dengan resapan bumbu.

Menjadi sajian yang lezat serta kaya akan rempah, coto makassar merupakan hidangan yang tidak boleh Sobat Yummy lewatkan, khususnya jika sedang berkunjung ke Sulawesi Selatan. 

Baca Juga: 9 Resep Bumbu Kuah Bakso Gurih, Enak dan Mudah Dibuat

Itulah beberapa rekomendasi makanan berkuah dari Yummy App yang patut Sobat Yummy coba, mulai dari rawon, sayur lodeh, sup, soto, hingga garang asem.

Untuk mendapatkan rekomendasi lain, yuk, segera unduh Yummy App dan temukan berbagai informasi mengenai kuliner yang pasti berguna bagi Sobat Yummy.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Atik Rusmiyati

Atik Rusmiyati

Soto Banjar #JelajahTengah

Soto Banjar #JelajahTengah

(5.0)

7 langkah

693

Artikel Lainnya di nutrisi