6 Makanan dan Minuman Penetralisir Daging Kambing

simak hidangan yang mampu menetralisir daging kambing

6 Makanan dan Minuman Penetralisir Daging Kambing

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Daging kambing menjadi salah satu bahan masakan yang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, seperti gulai, sate, hingga tongseng. Namun, mengonsumsi daging kambing kerap dikaitkan dengan peningkatan risiko peningkatan kolesterol dan tekanan darah.

Namun, jangan khawatir! Sobat Yummy dapat mengintip penjelasan enam makanan dan minuman penetralisir daging kambing dari Yummy App berikut ini. Yuk, simak selengkapnya!

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Daging Sapi dan Kambing dengan Mudah

1. Tomat

1. Tomat
freepik.com

Tomat kaya akan antioksidan seperti likopen, vitamin C, dan kalium. Likopen dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Kalium dalam tomat juga membantu mengatur tekanan darah, menjadikannya pilihan yang baik untuk menetralkan efek daging kambing.

Baca Juga: 10 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh

2. Jeruk

ilustrasi es jeruk perak
Es Jeruk Peras ala Wini Yulita (app.yummy.co.id/wini-yulita)

Jeruk dan buah-buahan sitrus lainnya mengandung vitamin C dan flavonoid yang tinggi. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol, sementara flavonoid membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Selain itu, kandungan serat dalam jeruk dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol. Sobat Yummy dapat mengolah jeruk menjadi jus atau es jeruk sesuai dengan selera.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Jeruk yang Manis dan Segar, biar Gak Salah Pilih

3. Acar

Acar mentimun, salah satu jenis sayur yang tidak bisa masuk kulkas
ilustrasi acar mentimun (pixabay.com/PhotoMIX-Company)

Acar biasanya dibuat dengan menggunakan cuka, yang mengandung asam asetat. Asam asetat dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan metabolisme lemak. Acar merupakan pilihan yang tepat untuk menemani Sobat Yummy menyantap olahan daging kambing.

4. Air Kelapa

air kelapa untuk diminum
ilustrasi kelapa yang siap untuk dikonsumsi (pexels.com/linakivaka)

Air kelapa mengandung elektrolit seperti kalium, magnesium, dan kalsium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah. Kalium dalam air kelapa sangat efektif dalam mengurangi tekanan darah, sehingga cocok untuk menetralkan efek daging kambing yang tinggi lemak jenuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

5. Teh Tawar

es teh manis
ilustrasi es teh manis (pexels.com/vivitamalite)

Teh, terutama teh hijau, mengandung katekin dan antioksidan lainnya yang membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Katekin dapat membantu mengurangi pembentukan plak pada arteri dan meningkatkan fungsi endotel (lapisan pembuluh darah). Sobat Yummy dapat membuat teh menjadi teh panas atau es teh.

6. Buah-buahan

buah-buahan segar makanan rendah kalori sehat
ilustrasi buah-buahan segar (unsplash.com/Brenda Godinez)

Buah-buahan secara umum kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan. Serat dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus yang didapat dari daging kambing, sementara vitamin dan antioksidan membantu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Buah-buahan seperti apel, berry, dan anggur sangat baik karena kandungan polifenol dan seratnya yang tinggi.

Baca Juga: ​6 Makanan dan Minuman Penetralisir Daging Sapi

Itulah beberapa makanan dan minuman penetralisir daging kambing, mulai dari tomat, jeruk, teh, hingga buah. Dengan mengonsumsi makanan di atas dapat membantu menetralkan efek negatif dari daging kambing sekaligus mendapatkan nutrisi tambahan.

Nah, jika Sobat Yummy ingin melihat informasi lebih banyak lagi mengenai makanan, yuk, unduh dan jelajahi Yummy App.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Friska Resmi Sunarto Putri

Friska Resmi Sunarto Putri

Es Air Kelapa Muda Jeruk Nipis Madu

Es Air Kelapa Muda Jeruk Nipis Madu

(5.0)

10 mnt

293

Artikel Lainnya di nutrisi