10 Makanan Penambah Tinggi Badan yang Bernutrisi

Murah dan mudah didapatkan, lho!

10 Makanan Penambah Tinggi Badan yang Bernutrisi

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari genetik, ras, lingkungan, dan hormon. Tak hanya itu, asupan nutrisi juga berpengaruh terhadap tinggi badan, lho.

Nutrisi yang terkandung dalam makanan berkontribusi pada pembentukan tulang dan organ-organdi dalam tubuh. Bahkan menurut studi dalam jurnal Gaceta Sanitaria, kekurangan zat gizi, seperti protein, zinc, vitamin, akan mengganggu hormon pertumbuhan (GH) dan Insulin-like Growth Factor I (IGF-1).

Umumnya, tinggi badan manusia tidak bertambah lagi setelah usia 18 tahun. Namun, kamu bisa memaksimalkan tinggi badan ketika masa pertumbuhan dengan makan makanan bernutrisi, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

Lalu, apa saja makanan penambah tinggi badan yang sebaiknya dikonsumsi? Berikut daftarnya.

1. Telur

ilustrasi telur kaya protein
ilustrasi telur (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Makanan penambah tinggi badan yang pertama merupakan telur, yang mungkin sudah sering kamu konsumsi. Telur adalah sumber nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan mineral, seperti disampaikan Healthline.

Protein dalam telur mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan, termasuk tinggi badan. 

Selain itu, telur menyediakan vitamin D dan B12 yang berperan dalam kesehatan tulang dan pertumbuhan secara keseluruhan. Mineral seperti fosfor dan seng dalam telur juga berkontribusi pada pembentukan tulang.

Secara keseluruhan, nutrisi telur mendukung pertumbuhan yang sehat. Sehingga cocok bagi kamu yang ingin menambah tinggi badan.

2. Ikan Salmon

Makanan penambah tinggi badan yang selanjutnya merupakan ikan salmon. Salmon kaya akan nutrisi penting seperti protein, asam lemak omega-3, vitamin D, dan berbagai mineral.

Protein mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk tulang. Asam lemak omega-3 berkontribusi terhadap kepadatan tulang dan dapat membantu penyerapan kalsium, yang penting untuk kekuatan tulang.

Sementara itu, vitamin D, selenium, dan magnesium pada ikan salmon membantu mengatur penyerapan fosfor dan mendukung mineralisasi tulang.

Baca Juga: ​15 Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh dan Kandungan Gizinya

3. Ayam

Ayam merupakan sumber protein berkualitas yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan secara keseluruhan. Daging ayam menyediakan nutrisi seperti seng, yang berperan dalam pembelahan dan pertumbuhan sel. 

Dilansir Healthline, ayam mengandung vitamin seperti B12 dan niasin yang penting untuk kesehatan tulang dan metabolisme.

Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi tinggi badan, profil nutrisinya mendukung kesehatan secara keseluruhan, berkontribusi terhadap potensi pertumbuhan yang optimal.

4. Ubi

ubi ungu makanan penambah tinggi badan
ilustrasi ubi (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Ubi merupakan salah satu menu pilihan yang tepat untuk menu makanan penambah tinggi badan. Ubi jalar kaya akan nutrisi penting yang berkontribusi terhadap kesehatan dan dapat mendukung pertumbuhan, meskipun tinggi badan lebih ditentukan oleh genetika.

Ubi jalar menyediakan mineral seperti potasium, yang membantu menjaga keseimbangan elektrolit untuk fungsi otot dan saraf yang optimal.

5. Stroberi

Stroberi kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, mangan, dan folat. Cocok dijadikan cemilan sebagai makanan penambah tinggi badan.

Vitamin C mendukung pembentukan kolagen, membantu perkembangan tulang dan tulang rawan. Sementara mangan yang terkandung dalam stroberi dapat membantu kesehatan tulang, sedangkan folat berkontribusi pada pembelahan sel. 

Meskipun stroberi tidak secara langsung meningkatkan tinggi badan, profil nutrisinya mendukung kesehatan secara keseluruhan. Termasuk perkembangan tulang, yang sangat penting selama fase pertumbuhan.

6. Bayam

Seperti yang kita ketahui bahwa sayur-sayuran memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya sayuran bayam yang bisa dijadikan menu yang cocok sebagai makanan penambah tinggi badan.

Bayam memiliki nutrisi penting yang menunjang kesehatan dan mendukung terhadap peningkatan tinggi badan. Sayuran ini mengandung vitamin seperti A, C, dan K, serta mineral seperti kalsium dan magnesium. 

Baca Juga: 10 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

7. Yoghurt

yogurt makanan penambah tinggi badan
ilustrasi yogurt (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Jelaskan Healthline, yogurt kaya akan kalsium, yang merupakan nutrisi penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Produk olahan suus ini juga menyediakan protein, penting untuk perkembangan jaringan. 


Selain itu, yogurt mengandung vitamin seperti D dan B12, yang mendukung tulang dan kesehatan secara keseluruhan. Meskipun tidak secara langsung menambah tinggi badan, namun kandungan nutrisinya berkontribusi terhadap kondisi pertumbuhan yang optimal.

8. Kacang Almond

Almond adalah kacang padat nutrisi. Jenis kacang-kacangan ini mengandung vitamin seperti E yang mendukung kesehatan kulit, dan mineral seperti magnesium dan fosfor yang penting untuk perkembangan tulang. Sehingga cocok dijadikan cemilan sebagai makanan penambah tinggi badan bagi Sobat Yummy!

Selain itu, kacang almond menyediakan protein yang membantu pertumbuhan otot.

9. Kacang Kedelai

Kedelai memiliki nutrisi penting yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan jaringan dalam tubuh. Sehingga cocok untuk mendukung penambahan tinggi badan.

Kacang kedelai menyediakan protein berkualitas tinggi, asam amino esensial, vitamin, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan fosfor. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam kesehatan tulang, yang berhubungan langsung dengan tinggi badan.

Selain itu, kedelai mengandung senyawa yang disebut fitoestrogen yang dapat mempengaruhi keseimbangan hormonal. Sehingga berpotensi mempengaruhi pertumbuhan selama masa remaja. 

10. Brokoli

brokoli makanan penambah tinggi badan
ilustrasi brokoli (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Selain bayam, brokoli merupakan pilihan tepat untuk dikonsumsi sebagai makanan penambah tinggi badan.

Brokoli kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C dan K, folat, dan serat. Nutrisi tersebut mendukung kesehatan secara keseluruhan, namun tidak ada bukti langsung bahwa brokoli saja dapat menambah tinggi badan. 

Mengkombinasikan brokoli dengan sumber protein dan kalsium lain dapat dapat menjadi strategi alami dan efektif untuk memaksimalkan tinggi badan.

Baca Juga: 20 Makanan Tinggi Kalori Sehat untuk Menambah Berat Badan

Dari daftar makanan penambah tinggi badan di atas, adakah yang jadi kesukaanmu? Yuk, mulai terapkan pola makan sehat sebagai booster yang baik untuk menjaga jaringan tubuh tetap sehat.

Yuk, download aplikasi Yummysekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru setiap hari.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Uzla amaliyah

Uzla amaliyah

Strawberry Yogurt Cake (Gluten Free)

Strawberry Yogurt Cake (Gluten Free)

(5.0)

45 mnt

545

Artikel Lainnya di nutrisi