7 Makanan Pokok di Indonesia dan Kandungan Gizinya

Opsi pilihan makanan pokok dijamin ga bosan

7 Makanan Pokok di Indonesia dan Kandungan Gizinya

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Makanan pokok merupakan makanan utama yang dipilih karena ketersediaannya yang luas, keterjangkauannya, dan kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dasar. Makanan-makanan ini sering kali merupakan bagian penting dari asupan kalori harian dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan manusia. 

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan pokok setiap negara pasti memiliki karakteristiknya masing-masing, makanan pokok Indonesia adalah nasi, yang memainkan peran penting dalam masakan dan budaya bangsa.

Dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat sehari-hari, nasi kerap disandingkan dengan berbagai lauk pauk, seperti sayur mayur, daging, dan aneka sambal yang beraroma. Berikut merupakan 7 makanan pokok di Indonesia yang harus Sobat Yummy ketahui!

1. Nasi

semangkuk nasi putih
ilustrasi nasi putih (pexels.com/makafood)

Nasi merupakan makanan pokok utama masyarakat Indonesia, nasi berfungsi sebagai sumber karbohidrat yang signifikan, memasok energi, dan tergantung pada jenisnya, nasi dapat menawarkan berbagai nutrisi seperti vitamin B dan mineral. Rasanya yang netral memungkinkannya untuk melengkapi berbagai macam hidangan.

Baca Juga: Kalori Nasi Putih, Kandungan Gizi dan Manfaatnya

2. Ubi Jalar

ubi jalar ungu
ilustrasi ubi jalar ungu (instagram.com/infusedwater_corner)

Ubi jalar adalah makanan pokok dengan tekstur lembut saat dimasak, ubi kaya akan karbohidrat kompleks, serat makanan, vitamin (A, C), dan mineral (kalium). Rasa manis alaminya meningkatkan rasa, menjadikannya pilihan ketika sedang lapar dan butuh makanan untuk mengganjal perut apalagi ubi itu merupakan salah satu makanan pokok yang beraroma dan bergizi. 

3. Singkong

Ilustrasi singkong
Ilustrasi singkong (istockphoto.com/Luis Echeverri Urrea)

Singkong, dengan teksturnya yang bertepung, merupakan makanan pokok yang bisa menjadi pengganti nasi karena menyediakan karbohidrat penting. Ini adalah sumber energi yang baik dan, bila diproses dengan benar, dapat menjadi sumber nutrisi tertentu yang layak. Namun, penting untuk diingat bahwa singkong harus diolah dengan benar untuk menghilangkan senyawa beracun, karena rasanya bisa pahit jika tidak diolah dengan benar. 

Baca Juga: 15 Resep Olahan Singkong yang Bikin Ngiler

4. Jagung

Ilustrasi jagung
Ilustrasi jagung (freepik.com/freepik)

Jagung adalah makanan pokok yang dikenal karena teksturnya yang unik, memberikan rasa renyah yang memuaskan saat dimakan utuh atau konsistensi yang halus saat digiling menjadi tepung atau makanan. Ini adalah sumber karbohidrat, serat makanan, dan berbagai vitamin dan mineral yang baik. Rasanya yang manis alami menjadikannya bahan serbaguna baik dalam masakan gurih maupun manis.

Baca Juga: 10 Resep Jagung Bakar untuk Tahun Baruan Seru

5. Kentang

Ilustrasi kentang
Ilustrasi kentang (freepik.com/frimufilms)

Kentang berfungsi sebagai makanan pokok serbaguna karena teksturnya yang mudah beradaptasi, menawarkan pilihan seperti dihaluskan, dipanggang, atau digoreng. Kaya karbohidrat, mereka menyediakan energi dan nutrisi penting seperti vitamin C, potasium, dan serat. Rasanya yang lembut melengkapi berbagai hidangan, menjadikannya pilihan yang dapat diandalkan di banyak masakan.

Baca Juga: 10 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

6. Pisang

cara menyimpan pisang agar awet
ilustrasi pisang (freepik.com/azerbaijan-stockers)

Pisang merupakan makanan pokok dengan tekstur lembut dan creamy, menawarkan rasa manis alami. Dikemas dengan potasium, vitamin C, dan serat makanan, mereka berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan pencernaan. Sifatnya yang mudah dikupas dan dimakan menjadikannya camilan yang mudah dan bergizi. 

Baca Juga: 10 Manfaat Pisang

7. Labu

resep labu kuning bakar
ilustrasi labu kuning bakar (youtube.com/Fontana Forni USA)

Labu dihargai karena tekstur gandanya - lembut saat dimasak dan renyah saat dipanggang. Tingginya vitamin A dan C, serta serat, mendukung fungsi kekebalan dan kesehatan pencernaan. Rasanya yang sedikit manis menambah kedalaman pada hidangan gurih dan manis, menjadikannya pilihan makanan pokok yang lengkap.

Kuliner Indonesia kaya dan beragam, dengan beragam pilihan makanan pokok yang bisa dikonsumsi. Mulai dari nasi sebagai makanan pokok hingga cita rasa rempah-rempah, dan buah-buahan yang bisa mengganjal perut. Agar bisa eksplorasi kuliner Indonesia lebih luas lagi, segera install Yummy App untuk mengetahui beragam informasi hingga resep makanan, minuman hingga cemilan yang enak!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nanda Hapsari

Nanda Hapsari

Bubur Ubi Enak Dan Praktis

Bubur Ubi Enak Dan Praktis

(5.0)

30 mnt

1.0 rb

Yummy Official

Yummy Official

Sayur Asem

Sayur Asem

(5.0)

60 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi