Makanan yang Tepat saat Mulut Terasa Pahit

Berikut makanan supaya mulut tidak pahit

Makanan yang Tepat saat Mulut Terasa Pahit

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Manusia dikaruniai 5 indra pada tubuh untuk membantu menjalani kehidupan sehari-hari. Salah satunya, indera pengecap yang merupakan tugas dari lidah dalam menentukan rasa-rasa setiap makanan yang masuk mulut. Lidah mampu mengenali 4 rasa, yaitu manis, asin, asam, pahit. Rasa inilah yang mengundang nafsu makan kamu selama ini.

Akan tetapi, bagaimana jika terjadi gangguan pada lidah kamu? Sebetulnya, ini biasa terjadi pada orang banyak. Hanya saja, kalau terjadi, makanan menjadi hambar dan nafsu makan pun menurun. Makanan yang masuk mulut seakan-akan hanya numpang lewat saja. Biasanya, apa, sih, alasan mulut terasa pahit? Mengutip IDN Times berikut beberapa kemungkinannya.

Baca Juga: Resep Risol Mayo ala Margo yang Lumer dan Creamy

Penyebab mulut terasa pahit

1. Mulut Kering

Mulut kering terasa seperti terbakar terjadi karena produksi air liur oleh kelenjar air ludah tidak dalam jumlah yang cukup. Alasan pemicu biasanya karena stres atau cemas. Kondisi yang dalam bahasa medisnya adalah Xerostomia ini dapat menyebabkan infeksi jamur pada mulut dan gangguan rasa. Jika terjadi secara terus menerus, konsultasikan pada dokter untuk mengetahui langkah pengobatan yang tepat.

2. Gerd

Gerd merupakan penyakit melemahnya esofagus bagian bawah yang kemudian, makanan dari perut dapat naik ke kerongkongan, bahkan ke mulut. Makanan tersebut telah mengandung enzim pencernaan dan asam. Sehingga, mulut dapat terasa sangat pahit. 

3. Pengaruh Obat dan Suplemen

Ketika Sobat Yummy mengonsumsi obat dan suplemen, sangat mungkin lidah menjadi terasa begitu pahit. Biasanya, jenis obat yang menimbulkan rasa pahit pada lidah antara lain antibiotik, vitamin yang mengandung metal dan mineral, dan lain sebagainya.

Lalu, kita harus makan apa supaya mulut tidak pahit? Untuk mengantisipasi kejadian mulut pahit seperti ini, kamu bisa siasati dengan makan-makanan yang memang cocok dimakan saat mulut pahit. Hal ini agar rasa pahit tersebut dapat reda. 

Baca Juga: 15 Resep Olahan Putih Telur yang Enak dan Mudah Dibuat

Makanan yang cocok saat mulut terasa pahit

1. Buah-buahan

Makanan yang cocok saat mulut terasa pahit
ilustrasi buah-buahan (pexels.com/Jane Doan)

Berbagai macam buah dapat menghilangkan rasa pahit di mulut karena memiliki rasa manis. Sobat Yummy bisa memilih buah apel, anggur, mangga, dan lain sebagainya. Selain penghilang rasa pahit, dengan kandungan vitamin di dalamnya, buah akan menyempurnakan kebutuhan gizi pada tubuh.

2. Yoghurt

Makanan yang cocok saat mulut terasa pahit
ilustrasi yoghurt dan buah (pexels.com/Stijn Dijkstra)

Kandungan probiotik di dalamnya, yoghurt dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan serta menghilangkan rasa pahit. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari yoghurt, kamu bisa memilih varian yoghurt alami atau rasa plain agar tidak ada tambahan gula.

3. Sayuran

Makanan yang cocok saat mulut terasa pahit
ilustrasi sayuran (pexels.com/Cats Coming)

Tubuh membutuhkan nutrisi dan serat dari sayuran. Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam mengandung zat yang dapat membantu membersikan lidah dan meredakan asa pahit tersebut.

4. Jahe

Makanan yang cocok saat mulut pahit
ilustrasi jahe dan lemon (pexels.com/Angele J)

Jahe memiliki sifat antiradang dan dapat membantu meredakan gangguan pencernaan yang merupakan salah satu penyebab mulut menjadi pahit. Nah, kamu bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk teh atau dengan ditambahkan air panas. 

5. Air Lemon Hangat

Ketika mulut kamu pahit, meminum air lemon hangat dapat membantu membersihkan lidah dan merangsang produksi air liur, loh. Sehingga, membantu menghilangkan rasa pahit. Peraslah setengah buah lemon ke dalam segelas air hangat dan minum secara perlahan.

Selain kamu bisa mengonsumsi makanan, untuk menjaga kebersihan mulut, kamu harus sikat gigi secara teratur, membersihkan lidah, dan berkumur dengan larutan antiseptik yang direkomendasikan. Jika pahit terasa terus menerus, disarankan agar kamu konsultasikan hal terkait pada dokter. 

Baca Juga: 10 Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Apa Saja?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Classic Potato Salad

Classic Potato Salad

(4.4)

30 mnt

4.1 rb

Artikel Lainnya di nutrisi