6 Makanan Sehat Ini Turunkan Resiko Penyakit Jantung!

Daftar makanan untuk jaga kesehatan jantung

6 Makanan Sehat Ini Turunkan Resiko Penyakit Jantung!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Jantung merupakan salah satu organ penting yang memiliki peran sebagai pemompa darah untuk dapat memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. Keberadaan jantung tentu sangat diperlukan untuk manusia dapat hidup.

Karena itu, menjaga kesehatan jantung harus kamu lakukan sejak dini, agar jantung kamu tidak terkena penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Jika peredaran darah pada jantung terganggu, maka seluruh organ dalam tubuh juga dapat mengalami gangguan.

Menjaga kesehatan jantung sebenarnya tidak terlalu sulit dengan melakukan olahraga rutin dan menjaga pola makan. Ada beberapa makanan sehat untuk jantung yang bisa kamu konsumsi setiap hari supaya jantung terus melakukan fungsinya dengan baik. Yuk, catat beberapa makanan di bawah ini!

1. Oatmeal

setoples oatmeal
ilustrasi oatmeal (pexels.com/i aboud)

Makanan sehat untuk jantung pertama yang bisa kamu konsumsi adalah oatmeal. Mungkin kamu juga sudah tahu kalau banyak produk oatmeal yang ditujukan untuk jantung.

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Jurnal Cendekia Kimia menyebutkan bahwa oat mengandung alpha-glucan yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol yang juga menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Penyakit jantung sering kali dipicu oleh kolesterol yang menumpuk pada dinding pembuluh darah sehingga menyumbat aliran darah. Penyumbatan tersebutlah yang biasanya menyebabkan penyakit jantung. Dengan mengkonsumsi oat secara rutin, kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik.

2. Gandum Utuh

ilustrasi gandum utuh
ilustrasi gandum utuh (freepik.com/jcomp)

Gandum utuh menjadi salah satu makanan yang berperan sebagai pemberi energi untuk tubuh, karena kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Selain itu, gandum utuh juga ternyata dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Manfaat gandum tersebut dijelaskan dalamNational Center for Biotechnology Information, di mana mengkonsumsi gandum utuh setiap harinya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dan mencegah terkena penyakit jantung koroner.

Kamu juga dianjurkan untuk menjadikan gandum utuh sebagai menu sarapan setiap pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol yang Lezat dan Sehat, Jantung Terawat

3. Ikan Tuna

ikan tuna
ilustrasi makan ikan tuna (pexels.com/cottonbrostudio)

Ikan tuna juga bisa menjadi makanan sehat untuk jantung yang aman dikonsumsi. Dikatakan bahwa ikan tuna memiliki kandungan omega-3 yang mampu mencegah terjadinya penyakit aritmia jantung.

Penyakit aritmia ini merupakan kondisi di mana terjadinya gangguan irama jantung menjadi tidak teratur, entah lebih lambat atau menjadi lebih cepat. Jika keadaan ini dibiarkan terjadi bisa menyebabkan stroke pada penderitanya. Karena itu penting, kan, menjaga kesehatan jantung?

4. Tempe

tempe mentah
ilustrasi tempe (pexels.com/cottonbrostudio)

Tempe yang biasa dijadikan pendamping makanan utama ini ternyata juga memiliki peran untuk kesehatan jantung. Kandung lemak tak jenuh dalam tempe dapat mencegah terjadinya pengentalan darah yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Selain itu, tempe juga dapat menjaga agar kadar kolesterol tidak meningkat pesat dan mengganggu pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, seperti yang disebutkan dalam Cakrawala Pendidikan.

5. Bawang Putih

manfaat makan bawang putih mentah
ilustrasi bawang putih mentah (pixabay.com/congerdesign)

Bawang putih merupakan rempah yang biasa digunakan dalam memasak berbagai makanan. Ternyata, bawang putih memiliki peran untuk menurunkan risiko terjadinya darah tinggi yang sering kali menjadi penyebab penyakit jantung. Jadi mengkonsumsi bawang putih juga bagus untuk kesehatan jantung.

6. Buah Beri

buah beri
ilustrasi buah beri (pexels.com/rodionkutsaiev)

Makanan sehat untuk jantung selanjutnya datang dari buah-buahan yaitu buah beri. Seperti yang disebutkan dalam National Center of Biotechnology Information, buah beri mengandung antosianin yang memang dikenal perannya untuk menjaga kesehatan jantung.

Kamu bisa mengkonsumsi buah beri dengan dibuat menjadi jus terlebih dahulu ataupun dikeringkan. Buah beri memiliki rasa yang enak, jadi tidak semua makanan sehat itu rasanya tidak enak, ya.

Kalau kamu sudah tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan jantung dengan mengkonsumsi berbagai makanan sehat untuk jantung, kamu bisa langsung menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jaga kesehatan jantung, untuk tubuh yang lebih sehat!

Baca Juga: 15 Buah dan Sayur untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Aman Dimakan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Whenie Beckham

Whenie Beckham

Diet Food Oatmeal Yakult

Diet Food Oatmeal Yakult

(5.0)

5 langkah

3.3 rb

Artikel Lainnya di nutrisi