Advertisement

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

20 Makanan Tinggi Kalori Sehat untuk Menambah Berat Badan

Jadikan cara asik dan sehat untuk menaikkan berat badan

20 Makanan Tinggi Kalori Sehat untuk Menambah Berat Badan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Apakah Sobat Yummy sering merasa sulit untuk menambah berat badan? Jika iya, maka kamu tidak sendirian. Bagi sebagian orang, menambah berat badan juga merupakan tantangan.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori. Tapi, tentu saja, ini harus dilakukan dengan bijak dan sehat. Jadi, Sobat Yummy perlu memilih makanan yang mengandung kalori tinggi namun tetap memiliki nilai nutrisi yang baik.

Kali ini Yummy App akan memberikan daftar makanan tinggi kalori yang bisa dengan mudah Sobat Yummy dapatkan dan konsumsi, apa sajakah itu? Simak selengkapnya, ya.

1. Alpukat

Dalam daftar pertama makanan tinggi kalori dari Yummy App kali ini adalah alpukat. Alpukat adalah buah yang mengandung lemak sehat dan kalori cukup tinggi. Per 100 gram alpukat mengandung sekitar 160 kalori.

Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa menikmatinya sebagai salad, smoothie, atau sebagai lauk pauk.

2. Kacang Almond

kacang almond makanan tinggi kalori sehat
ilustrasi kacang almond (pexels.com/Kafeel Ahmed)

Kacang almond adalah salah satu makanan tinggi kalori dan lemak. Per 28 gram kacang almond mengandung sekitar 160 kalori. Kacang almond juga mengandung protein, serat, magnesium, dan vitamin E.

Kamu bisa menikmatinya sebagai camilan sehat atau menambahkannya dalam makanan penutup.

3. Keju

Keju adalah makanan tinggi kalori yang mengandung lemak dan protein. Satu ons keju cheddar mengandung sekitar 115 kalori. Keju juga mengandung kalsium, vitamin A, dan vitamin B12. Kamu bisa menambahkan keju dalam sandwich, salad, atau makanan penutup.

4. Salmon

salmon panggang makanan tinggi kalori sehat
ilustrasi salmon panggang (pexels.com/Krisztina Papp)

Salmon adalah ikan yang kaya akan protein dan omega-3. Per 100 gram salmon mengandung sekitar 200–250 kalori. Sedangkan menurut FatSecret, per 100 gram salmon panggang memiliki sekitar 171 kalori.

Selain itu, salmon juga mengandung vitamin D, vitamin B12, dan selenium. Kamu bisa memasak salmon dengan cara dipanggang atau dikukus dan menyantapnya bersama nasi atau sayuran.

5. Susu Full Cream

Susu full cream mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Satu gelas susu full cream mengandung sekitar 150–180 kalori.

Susu juga mengandung kalsium, protein, dan vitamin D. Sobat Yummy bisa minum susu full cream secara rutin atau menambahkannya dalam smoothie atau makanan penutup.

Baca Juga: Berapa Jumlah Kalori Putih Telur Rebus? Kenali Juga Manfaatnya!

6. Peanut Butter

selai kacang makanan tinggi kalori sehat
ilustrasi selai kacang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Peanut butter adalah pasta kacang yang diketahui termasuk salah satu makanan tinggi kalori dan mengandung lemak baik. Satu sendok makan peanut butter mengandung sekitar 90–100 kalori.

Selain itu, peanut butter juga mengandung protein, serat, dan vitamin E. Kamu bisa menyantapnya bersama roti, oatmeal, atau sebagai bahan tambahan dalam smoothie.

7. Kentang Panggang

Kentang panggang mengandung karbohidrat yang tinggi. Satu buah kentang besar panggang mengandung sekitar 270–280 kalori.

Kentang juga mengandung serat, vitamin C, dan potasium. Kamu bisa menikmati kentang panggang sebagai menu utama atau sebagai camilan sehat.

8. Minyak Zaitun

minyak zaitun untuk bahan roti
ilustrasi minyak zaitun untuk bahan roti (pexels.com/ronlach)

Menurut USA Today, minyak zaitun adalah sumber lemak sehat yang tinggi kalori. Satu sendok makan minyak zaitun mengandung sekitar 120 kalori.

Minyak zaitun juga mengandung antioksidan dan vitamin E. Sobat Yummy bisa menggunakan minyak zaitun dalam memasak atau sebagai dressing dalam salad.

9. Pisang

Selain buah alpukat, buah pisang termasuk salah satu makanan tinggi kalori dan karbohidrat. Satu buah pisang sedang mengandung sekitar 100–120 kalori.

Pisang juga mengandung serat, vitamin C, dan potassium. Kamu bisa menyantap pisang sebagai camilan sehat atau menambahkannya dalam smoothie atau oatmeal.

10. Dada Ayam

dada ayam makanan tinggi kalori sehat
ilustrasi dada ayam panggang (pexels.com/alleksana)

Dada ayam adalah salah satu bagian daging ayam yang rendah lemak namun tinggi protein. Per 100 gram dada ayam mengandung sekitar 165 kalori.

Dada ayam juga mengandung vitamin B6, magnesium, dan selenium. Kamu bisa memasak dada ayam dengan cara dipanggang atau direbus.

Baca Juga: 7 Makanan Defisit Kalori yang Bernutrisi

11. Dark Chocolate

Cokelat hitam adalah salah satu makanan manis yang masuk dalam daftar makanan tinggi kalori dari Yummy App kali ini. Satu ons (28 gram) dark chocolate mengandung sekitar 150-170 kalori. Cokelat hitam juga mengandung antioksidan dan zat besi. Kamu bisa menikmati dark chocolate sebagai camilan sehat atau menambahkannya dalam makanan penutup.

12. Yogurt Greek

yogurt greek makanan tinggi kalori sehat
ilustrasi yogurt greek (pexels.com/Any Lane)

Yogurt greek adalah yogurt yang mengandung lemak dan protein tinggi. Per 170 gram yogurt greek mengandung sekitar 170–200 kalori.

Yogurt greek juga mengandung kalsium, vitamin B12, dan probiotik. Kamu bisa menikmati yogurt ini sebagai camilan sehat atau menambahkannya dalam smoothie atau salad.

13. Pasta

Pasta adalah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Per 100 gram pasta mengandung sekitar 350–370 kalori.

Pasta juga mengandung serat, vitamin B, dan zat besi. Kamu bisa memasak pasta dengan berbagai saus yang lezat dan menyehatkan.

14. Avocado Toast

avocado toast makanan tinggi kalori sehat
ilustrasi avocado toast (pexels.com/Wendy Wei)

Avocado toast merupakan makanan yang terbuat dari roti panggang yang diberi topping alpukat. Selain mengandung kalori dari roti, avocado toast juga kaya akan lemak sehat dari alpukat. Kamu bisa menambahkan bahan tambahan lain seperti telur atau tomat untuk variasi rasa.

15. Telur

Telur adalah sumber protein yang tinggi kalori. Satu butir telur mengandung sekitar 70 kalori. Telur juga mengandung vitamin D, vitamin B12, dan kolin. Kamu bisa memasak telur menjadi berbagai hidangan seperti omelet, telur rebus, atau telur dadar.

Baca Juga: Kebutuhan Kalori Harian Wanita dan Pria yang Ideal, Sudah Tahu?

16. Kacang Mede

kacang mede makanan tinggi kalori sehat
ilustrasi kacang mede (pexels.com/Marina Leonova)

Kacang mede adalah kacang yang kaya akan kalori dan lemak. Per 28 gram kacang mede mengandung sekitar 160 kalori.

Kacang mede juga mengandung protein, serat, magnesium, dan vitamin E. Kamu bisa menikmatinya sebagai camilan sehat atau menambahkannya dalam makanan penutup.

17. Dried Fruits

Buah kering seperti kismis, aprikot kering, dan kurma kering adalah salah satu sumber kalori yang tinggi bagi tubuh kamu. Buah kering mengandung serat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa memakan buah kering langsung atau menambahkannya dalam makanan penutup, sereal, atau salad.

18. Makanan Padat Energi

roti gandum dan pasta
ilustrasi roti gandum dan pasta (pexels.com/cheervinska)

Makanan padat energi adalah makanan yang mengandung kalori tinggi dalam volume yang kecil. Beberapa contoh adalah seperti kue, roti tawar, kentang goreng, dan es krim. Kamu dapat mengonsumsi makanan ini secara teratur sebagai camilan atau makanan penutup.

19. Smoothie Tinggi Kalori

Buat smoothie dengan bahan-bahan tinggi kalori seperti buah-buahan kering, krim almond, oat, madu, dan yogurt full cream. Smoothie tinggi kalori ini dapat menjadi alternatif makanan yang lezat dan bergizi untuk menambah berat badan.

20. Suplemen Gainer

suplemen gainer
ilustrasi suplemen gainer (freepik.com/azerbaijan-stockers)

Jika kamu masih kesulitan menambah berat badan meskipun sudah mengonsumsi makanan tinggi kalori, maka kamu dapat mencoba suplemen gainer. Suplemen ini mengandung kalori, protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya yang dapat membantu meningkatkan berat badan dengan cepat.

Menambah berat badan bukanlah hal yang mudah, namun dengan konsumsi makanan tinggi kalori yang sehat dan seimbang, kamu dapat mencapai tujuanmu. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan beragam, serta melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Semoga informasi dari Yummy App ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Sobat Yummy yang ingin menambah berat badan. Selamat mencoba dan salam sehat!

Baca Juga: Jumlah Kalori Gorengan, Apakah Bikin Gemuk?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Fitria

Laila Fitria

Mede Almond Coklat Susu

Mede Almond Coklat Susu

(5.0)

7 langkah

231

Artikel Lainnya di nutrisi