8 Makanan Tinggi Protein Murah dan Sehat

Sumber protein yang berkualitas bukan hanya dari salmon, lho

8 Makanan Tinggi Protein Murah dan Sehat

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Setiap makanan biasanya mengandung berbagai kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti karbohidrat, kalsium, kalium, hingga protein. Kali ini Yummy App akan membahas terkait makanan tinggi protein yang murah dan bisa kamu konsumsi dengan aman. Lalu, sebenarnya protein itu zat apa, ya?

Protein merupakan salah satu zat yang diperlukan oleh tubuh untuk sumber energi, memperbaiki jaringan tubuh, hingga berperan dalam pembentukan antibodi. Protein bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Simak beberapa makanan tinggi protein yang sehat berikut ini.

1. Ikan sarden

ikan sarden sumber protein murah
ilustrasi ikan sarden (pexels.com/javierbalseiro)

Ikan memang dikenal menjadi salah satu makana tinggi protein. Salah satu ikan dengan protein tinggi yang bisa kamu konsumsi adalah ikan sarden.

Dalam 100 gram ikan sarden, setidaknya terkandung 24,62 gram protein. Hal ini juga dibahas dalam penelitian yang dipublikasikan di Gorontalo Journal Health & Science Community, bahwa ikan sarden mengandung protein tinggi yang dibutuhkan tubuh.

Ikan sarden juga menjadi makanan tinggi protein yang murah karena dijual kalengan dengan harga sekitar Rp12.000 hingga Rp45.000 tergantung berapa gram ikan sarden yang kamu beli.

Dengan harga yang murah, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat yang cukup banyak dari kandungan protein dalam ikan sarden. Mengolah ikan sarden yang dijual kalengan juga tidak terlalu sulit.

2. Telur

telur sumber protein murah
ilustrasi telur (pexels.com/pixabay)

Telur sudah sangat dikenal sebagai makanan tinggi protein yang murah harganya. Protein yang terkandung dalam telur juga mencapai 6–7 gram.

Namun, kandungan protein tersebut bisa dipengaruhi dari ukuran. Ada juga telur yang mengandung hingga 13 gram protein dalam satu butirnya. Harganya murah sekitar Rp28.000 untuk 1 kilogram telur, yang bisa kamu beli di warung sembako terdekat.

Baca Juga: 6 Buah yang Mengandung Protein Paling Banyak  

3. Kedelai

kacang kedelai mentah sumber protein murah
ilustrasi kacang kedelai (unsplash.com/danielapaolaalchapar)

Kacang kedelai juga termasuk makanan tinggi protein.Terdapat sekitar 18,2 gram protein dalam 100 gram kacang kedelai.

Harganya pun termasuk murah dan bisa kamu peroleh dengan mudah. Rata-rata harga untuk 1 kilogram kedelai berkisar Rp20.000. Kamu bisa membelinya di pasar, supermarket, ataupun marketplace.

4. Tempe

tempe mentah salah satu makanan sumber protein murah
ilustrasi tempe mentah (pexels.com/cottonbrostudio)

Tempe merupakan salah satu produk kedelai yang difermentasi terlebih dahulu sebelum dikonsumsi sebagai makanan. Tempe juga menjadi makanan tinggi protein yang murah dan bisa diperoleh di pasar atau supermarket terdekat.

Dalam satu porsi tempe yang ditaruh dalam cangkir, memiliki sekitar 34 gram protein. Cukup tinggi, kan? Harga 1 papan tempe berkisar di Rp8.000 sampai Rp15.000.

5. Keju

Keju yang bagus untuk mpasi
ilustrasi keju (pexels.com/Nastysensei)

Makanan tinggi protein yang murah lainnya adalah keju. Keju biasa dijadikan topping pada spaghetti, berbagai macam minuman, hingga dijadikan isian pada roti tawar.

Makanan yang satu ini memiliki kandungan protein sebesar 25 gram untuk setiap 100 gramnya. Harga keju biasanya tergantung merek, namun rata-rata untuk 165 gram keju dijual dengan harga Rp21.500.

6. Brokoli

brokoli sayuran sumber vitamin D
ilustrasi brokoli (unsplash.com/louis hansel)

Kali ini makanan tinggi protein berasal dari sayur-sayuran yang tidak lain tidak bukan adalah brokoli. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan protein sekitar 2,5 gram untuk setiap 100 gramnya. Tiap 1 kg brokoli dijual pasaran mulai dari Rp27.000.

7. Kacang tanah

kacang tanah makanan sumber protein murah
ilustrasi kacang tanah (pexels.com/shatthapilabut)

Selain kacang kedelai, kacang tanah juga termasuk makanan tinggi protein. Pada 100 gram kacang tanah dikatakan mengandung protein sekitar 25,8 gram.

Cukup dengan merebusnya saja, kacang tanah sudah bisa dikonsumsi. Harga 1 kg kacang tanah biasanya dijual sekitar Rp28.000.

8. Yoghurt

Yoghurt dengan taburan granola dan strawberry
ilustrasi yoghurt (pixabay.com/poncephotography)

Dalam 100 gram yoghurt diperkirakan memiliki kandungan protein sekitar 10 gram. Tak hanya tinggi protein, yoghurt juga bisa bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Harga yoghurt juga biasanya berbeda-beda tergantung dari mereknya. Namun pada umumnya, yoghurt plain atau yoghurt tanpa gula tambahan dijual dengan harga Rp40.000.

Nah, kamu jadi paham, kan, kalau untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh setiap harinya, tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal. Banyak sekali ragam makanan tinggi protein murah yang bisa kamu beli di supermarket atau pasar terdekat. Yuk, penuhi kebutuhan protein untuk tubuh yang lebih sehat!

Download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru dengan mudah!

Baca Juga: 15 Sayuran Tinggi Protein yang Cocok untuk Vegan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Serundeng Kelapa Kacang Kedelai

Serundeng Kelapa Kacang Kedelai

(5.0)

8 langkah

2.0 rb

Artikel Lainnya di nutrisi