7 Makanan untuk Penderita Ambeien yang Berserat Tinggi

Simak beragam makanan untuk yang baik bagi penderita ambeien

7 Makanan untuk Penderita Ambeien yang Berserat Tinggi

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Sobat Yummy pasti pernah mendengar mengenai penyakit ambeien. Ambeien atau yang juga disebut wasir adalah masalah kesehatan yang dapat menyerang siapa saja, tetapi lebih banyak menjangkiti orang-orang yang berusia di atas 50 tahun.

Lalu, apa itu ambeien? Ambeien adalah kondisi ketika terjadi pembengkakan pada dubur atau usus besar bagian akhir (rektum). Penyebab pasti ambeien sendiri belum dapat dipastikan, tetapi para ahli menduga beberapa penyebabnya seperti:

  • Duduk terlalu lama saat di toilet
  • Mengejan terlalu keras saat buang air besar
  • Mengalami diare berkepanjangan atau sembelit
  • Kurang mengonsumsi makanan tinggi serat
  • Terlalu sering mengangkat beban berat.
  • Obesitas
  • Kehamilan

Nah, kali ini Yummy App akan memberikan beberapa saran makanan untuk ambeien. Yuk, simak selengkapnya!

1. Apel

buah apel berserat tinggi
ilustrasi buah apel (pexels.com/javierbalseiro)

Apel dengan kulitnya mengandung sekitar 4.4 gram serat per buah ukuran sedang. Apel kaya akan serat pektin yang membantu meningkatkan pergerakan usus.

Serat pektin dapat mengurangi konstipasi yang merupakan salah satu penyebab utama ambeien. Kulit apel juga mengandung serat tidak larut yang turut membantu mengurangi tekanan pada ambeien.

2. Pir

ilustrasi buah pir (pexels.com/annanekrashevich)
ilustrasi buah pir (pexels.com/annanekrashevich)

Pir mengandung sekitar 5.5 gram serat per buah ukuran sedang. Serat dalam pir membantu menstimulasi pergerakan usus yang teratur. Ini penting untuk mencegah konstipasi dan menjaga kesehatan usus, sehingga mengurangi iritasi pada ambeien.

3. Brokoli

ilustrasi brokoli
ilustrasi brokoli (unsplash.com/Tyrrell Fitness And Nutrition)

Satu cangkir brokoli yang dimasak mengandung sekitar 5.1 gram serat. Brokoli tidak hanya tinggi serat, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral.

Brokoli mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu melunakkan tinja dan meningkatkan volume tinja. Hal tersebut dapat mempermudah proses buang air besar yang mengurangi gejala ambeien.

Baca Juga: 8 Buah untuk Penderita Darah Rendah yang Harus Ada di Kulkas

4. Oatmeal

ilustrasi oatmeal
ilustrasi oatmeal (unplash.com/lulu)

Oatmeal mengandung serat larut yang membentuk gel di saluran pencernaan, membantu melunakkan tinja dan memfasilitasi pergerakan usus yang lebih mudah. Manfaat yang ditawarkan oatmeal tersebut akan membantu mengurangi ketegangan selama buang air besar yang sangat penting untuk penderita ambeien.

5. Seledri

Ilustrasi seledri
Ilustrasi seledri (freepik.com/picturepartners)

Seledri memiliki banyak kandungan air dan serat yang akan membantu melunakkan tinja  dan mengurangi kebutuhan untuk mengejan saat buang air besar. Melansir nilaigizi.com, per 100 gram seledri bahkan mengandung sekitar 93 gram air dan 2 gram sereat. Kamu bisa menjadikan seledri sebagai minuman booster untuk dikonsumsi secara rutin.

6. Biji Chia

ilustrasi biji chia
ilustrasi biji chia (freepik.com/devmaryna)

Dilansir dari Tua Saúde, biji chia menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk mencegah wasir. Biji chia sangat kaya serat larut yang menyerap air dan membentuk gel dalam usus. Ini membantu melunakkan tinja dan mempermudah buang air besar dengan mengurangi ketegangan dan iritasi pada ambeien.

7. Pisang

ilustrasi buah pisang
ilustrasi buah pisang (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Dengan kandungan pektin dan pati resisten, pisang adalah makanan yang ideal untuk dimasukkan ke dalam menu makan untuk meredakan gejala ambeien. Zat pektin dalam pisang akan menciptakan gel dalam saluran pencernaan, dan pati resisten akan memberi makan bakteri usus yang baik. Satu buah pisang berukuran sedang (18–20 cm) menyediakan sekitar 3 gram serat. 

Baca Juga: 7 Makanan untuk Penderita Tipes, Aman Dikonsumsi dan Cepat Pulih

Itulah 7 makanan untuk penderita ambeien yang dapat dimasukkan ke dalam menu makan Sobat Yummy. Mulai dari apel, pisang, biji chia, pir, oatmeal, dan masih banyak lagi. Sobat Yummy dapat mengkreasikan dan memadukan bahan di atas sesuai selera kalian masing-masing.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Tera Terianti

Tera Terianti

Chia Seed Raisin Oatmeal

Chia Seed Raisin Oatmeal

(5.0)

10 mnt

56

Artikel Lainnya di nutrisi