10 Makanan yang Harus Dihindari saat Diet, Ketahui Dahulu ya

Hindari makanan ini agar diet berhasil!

10 Makanan yang Harus Dihindari saat Diet, Ketahui Dahulu ya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Saat hendak melakukan diet, kamu perlu mempersiapkan diri agar terus bisa konsisten dan mencapai goals yang diinginkan. Selain meluangkan waktu untuk bisa berolahraga secara teratur, kamu juga harus memperhatikan asupan yang masuk ke tubuh. Salah satu cara diet yang paling umum dilakukan adalah defisit kalori dengan mengontrol berbagai jenis makanan yang dikonsumsi.

Kalori adalah satuan ukuran untuk energi. Secara umum, kalori bisa diartikan sebagai energi yang dibutuhkan tubuh untuk bisa bekerja secara optimal yang bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Jumlah kalori dalam setiap makanan berbeda-beda, dan kebutuhan kalori setiap orang juga berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, dan aktivitas hariannya.

Namun, efek dari kelebihan kalori bisa menyebabkan obesitas hingga berbagai macam kerusakan organ. Jika saat ini kamu sedang menjalankan program diet, sudah pasti kamu harus mengurangi asupan kalori harian dan menjaga tubuh agar tetap aktif.

Nah, sudah tahu belum, bahwa makanan yang sering kita konsumsi ini ternyata mengandung banyak sekali kalori per satu porsinya. Kalau kamu sedang menjalankan diet, ketahui makanan yang harus dihindari saat diet berikut ini. 

makanan yang harus dihindari saat diet

1. Segala macam kerupuk dan keripik

1. Segala macam kerupuk dan keripik
freepik.com

Makanan yang harus dihindari saat diet pertama dari Yummy App adalah segala macam kerupuk dan keripik. Meski kecil, namun satu kerupuk bisa mengandung hingga 150 kalori. Sementara untuk satu bungkus chips atau jenis keripik yang biasa dijumpai di minimarket, mengandung 800 hingga 1000 kalori.

2. Makanan cepat saji

makanan penyebab pembengkakan kelenjar getah bening
ilustrasi makanan cepat saji (freepik.com)

Jika sudah berbicara tentang makanan yang harus dihindari saat diet, maka tentunya makanan cepat saji masuk ke dalam daftar kali ini.

Makanan cepat saji seperti pizza dan burger dikenal memiliki kalori yang cukup tinggi untuk satu porsinya, sehingga dapat memicu kenaikan berat badan. Untuk satu slice pizza misalnya, mengandung 270 kalori.

Baca Juga: 10 Restoran Makanan Cepat Saji yang Paling Terkenal di Indonesia

3. Gorengan

3. Gorengan
freepik.com

Sudah menjadi hal umum bahwa makanan yang harus dihindari saat diet adalah berbagai macam jenis gorengan.

Ragam jenis gorengan seperti kentang goreng, pisang goreng, bakwan, hingga batagor yang merupakan camilan favorit banyak orang memiliki kalori yang cukup tinggi. Misalnya, per 100 gr pisang goreng memiliki 252 kalori, kentang goreng ukuran small memiliki 360 kalori, dan untuk batagor per bijinya mengandung 58 kalori.

4. Makanan bersantan

4. Makanan bersantan
freepik.com

Makanan berkuah santan memang sangat lekat dengan kehidupan kita orang Indonesia. Opor, gulai, nasi Padang, hingga dessert seperti kolak, semuanya memang menggiurkan. Tapi ada baiknya untuk menghindari atau mengurangi konsumsi menu ini saat sedang diet karena mengandung lemak yang tinggi.

5. Aneka makanan manis

5. Aneka makanan manis
freepik.com

Sudah pasti ragam dessert dan makanan manis masuk dalam kategori makanan yang sebaiknya kamu hindari saat diet. Makanan manis memiliki kalori dan gula yang sangat tinggi.

Untuk satu potong martabak manis saja, bisa mengandung hingga 900 kalori, terlebih jika menambahkan topping yang beragam. Selain martabak, makanan manis tinggi kalori lainnya yang sering kali kita konsumsi dan sebaiknya dihindari saat diet ada es krim dan kue ulang tahun.

Baca Juga: ​10 Manfaat Cuka Apel, Dari untuk Diet hingga Mengurangi Risiko Kanker

6. Aneka minuman manis

6. Aneka minuman manis
freepik.com

Selain makanan manis, minuman manis seperti boba, minuman kemasan, dan juga soda juga harus dihindari. Kandungan gula yang tinggi pada minuman-minuman ini dapat memicu kenaikan berat badan dan obesitas.

7. Nasi goreng

7. Nasi goreng
freepik.com

Nasi goreng adalah menu sarapan favorit kebanyakan orang Indonesia. Namun makanan ini termasuk makanan yang harus dihindari saat diet karena proses pengolahan nasi goreng menyebabkan nasi menyerap semua minyak yang menghasilkan kalori dan lemak yang tinggi.

Baca Juga: 8 Resep Nasi Goreng Sederhana Hingga ala Solaria

8. Mi instan

8. Mi instan
freepik.com

Selain nasi goreng yang menjadi menu favorit banyak orang, makanan yang harus dihindari saat diet berikutnya adalah mie instan.

Sebelum mengonsumsi mi instan, coba cek informasi nilai gizi di balik kemasan. Kalori yang terdapat pada satu bungkusnya cukup tinggi. Mulai dikurangi, yuk!

Baca Juga: 10 Mie Instan Terenak di Dunia, Sudah Pernah Coba?

9. Roti tawar putih

description
freepik.com

Roti tawar putih yang dipadukan dengan selai menjadi salah satu pilihan alternatif sarapan karena cukup praktis. Tetapi, makanan ini sebaiknya kamu hindari saat diet.

Kamu bisa mengganti roti tawar putih dengan roti gandum atau oats. Roti gandum lebih kaya serat dan akan membuatmu kenyang lebih lama.

Baca Juga: Kalori Roti Gandum, Kandungan Gizi dan Manfaat Roti Gandum

10. Daging olahan

10. Daging olahan
freepik.com

Dalam daftar terakhir makanan yang harus dihindari saat diet dari Yummy App kali ini adalah olahan daging.

Makanan seperti kornet, sosis, nugget, ham, adalah contoh makanan dari daging olahan. Pada sosis ayam terdapat 172 kalori, kornet sapi 198 kalori, dan nugget ayam dengan 297 kalori.

Selain itu, proses pengolahan daging dilakukan dengan kurang tepat dan juga telah melalui proses pengeringan, fermentasi, atau pengalengan. Sehingga, nutrisi pada daging ikut berkurang.

Nah, itu dia 10 daftar makanan yang dihindari saat diet. Makanan tersebut sebaiknya kamu hindari saat diet karena memiliki kalori yang cukup tinggi. Namun tetap perhatikan asupan dan nutrisi harian kamu, jangan sampai dietnya kebablasan, ya.

Sebaiknya hentikan diet jika kamu merasakan gejala-gejala tertentu seperti lemas dan pusing. Jangan lupa juga untuk selalu konsultasi dengan ahlinya. Selamat menjalankan hidup sehat!

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Spaghetti Gandum Tuna

Resep Teruji

Spaghetti Gandum Tuna

(5.0)

1431,8 Kj

3.1 rb

Artikel Lainnya di nutrisi