8 Makanan yang Mengandung Protein Nabati untuk Tubuh yang Sehat!

Selain tempe, kira-kira ada apa saja, ya?

8 Makanan yang Mengandung Protein Nabati untuk Tubuh yang Sehat!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Tak hanya membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi, tubuh juga memerlukan asupan protein. Protein memiliki peran yang hampir sama seperti karbohidrat yaitu menambah energi pada tubuh. Selain itu, protein juga dapat membantu dalam pembentukan antibodi agar tubuh menjadi lebih kuat.

Protein terbagi menjadi 2 jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati. Seperti namanya, protein hewani diperoleh dari daging hewan, seperti ayam, sapi, dan ikan. Sedangkan protein nabati diperoleh dari berbagai tumbuh-tumbuhan.

Pada artikel kali ini, Yummy App akan khusus membahas tentang macam-macam makanan yang mengandung protein nabati yang bisa kamu konsumsi.

1. Tempe

tempe kedelai
ilustrasi tempe (pexels.com/cottonbrostudio)

Bukan rahasia lagi kalau tempe menjadi salah satu makanan dengan sumber protein yang cukup tinggi. Terdapat sekitar 20,8 gram protein yang terkandung di dalam 100 gram tempe.

Kebutuhan protein seseorang perharinya bisa berbeda-beda, disesuaikan dengan berat badan. Pasalnya, setiap 1 kilogram tubuh membutuhkan 0,8 gram protein nabati.

2. Kacang-Kacangan

ilustrasi kacang almond
ilustrasi kacang almond (freepik.com/jcomp)

Jenis kacang-kacangan juga menjadi sumber protein yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan porsi yang cukup. Contoh kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kandungan protein dalam tubuh adalah kacang hijau, kacang merah, dan juga kacang almond. Kacang almond sendiri memiliki kandungan protein sekitar 21 gram dalam setiap 100 gram kacang.

Baca Juga: 15 Sayuran Tinggi Protein yang Cocok untuk Vegan

3. Chia Seed

rupa chia seed
ilustrasi rupa chia seed (pixabay.com/valerialu)

Chia seed merupakan sejenis biji-bijian yang mempunyai banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh seperti karbohidrat, mineral, dan protein. Kandungan protein dalam chia seed sekitar 18,29 gram.

Chia seed bisa dikonsumsi dengan mencampurkannya bersama makanan lain seperti es krim, yoghurt, oatmeal, dan juga salad. Rasanya hambar, jadi tidak masalah dicampurkan dengan berbagai makanan manis lainnya.

4. Bayam

bayam sayuran sumber vitamin D
ilustrasi bayam (unsplash.com/louis hansel)

Bayam yang sering kali dijadikan menu makanan sehari-hari juga termasuk dalam daftar makanan yang mengandung protein nabati. Bayam mengandung sekitar 2,3 protein pada setiap 100 gram daunnya. Mengkonsumsi bayam dengan takaran yang cukup setiap harinya, dapat memenuhi kebutuhan protein untuk tubuh.

5. Brokoli

brokoli
ilustrasi brokoli (pexels.com/pixabay)

Selain bayam, sayuran yang juga merupakan makanan yang mengandung protein nabati adalah brokoli. Brokoli mengandung setidaknya 2,8 gram protein pada setiap 100 gram daunnya. Brokoli menjadi sayuran yang juga enak dikonsumsi setiap hari, yang biasanya dicampur dengan beberapa sayuran lainnya seperti wortel.

Baca Juga: 15 Buah dan Sayur untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Aman Dimakan

6. Tahu

tahu
ilustrasi tahu (pexels.com/polinatankilevitch)

Tahu merupakan makanan yang selalu disandingkan bersama dengan tempe. Sama seperti tempe, tahu juga mengandung protein yang cukup besar sekitar 20 gram protein untuk setiap 100 gram tahu. Jadi mengkonsumsi tahu dan tempe secara bersamaan bisa memenuhi kebutuhan protein kamu.

7. Kentang

kentang tidak boleh dimakan bersama daging
ilustrasi kentang (unsplash.com/jeshoot)

Kentang adalah makanan yang mengandung protein nabati juga, dengan kandungan proteinnya sekitar 4 gram untuk setiap satu buah kentang. Selain sering dijadikan sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang cukup dapat mengganjal perut, kentang juga bisa membantu dalam pemenuhan kebutuhan protein kamu. 

8. Edamame

edamame
ilustrasi edamame (pexels.com/cottonbrostudio)

Kedelai Jepang yang lebih dikenal dengan sebutan edamame ini juga mempunyai kandungan protein nabati sebesar 11,4 gram pada setiap 100 gram kacang. Edamame memiliki rasa manis, sehingga lezat untuk dikonsumsi secara langsung. Edamame juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lainnya, supaya lebih nikmat untuk dikonsumsi.


Itu dia beberapa contoh makanan yang mengandung protein nabati menurut Yummy App. Pastikan kebutuhan protein kamu terpenuhi setiap harinya, supaya tidak mengalami malnutrisi protein yang bisa berbahaya bagi tubuh. Semua daftar makanan di atas bisa kamu nikmati dengan diolah menjadi masakan yang lezat. Yuk, penuhi kebutuhan protein setiap harinya!

Baca Juga: 8 Makanan yang Mengandung Kalium untuk Kesehatan Jantungmu!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

aini

aini

Edamame rebus

Edamame rebus

(5.0)

25 mnt

416

Artikel Lainnya di nutrisi