14 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

Kamu harus pahami, agar kesehatanmu tetap terjaga!

14 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Kelengkapan asupan gizi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, setiap hari kamu dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang sehat dan tinggi gizi.

Tapi, Sobat Yummy harus tahu, nih, tidak semua makanan dan minuman baik untuk tubuh, lho, jika kasusnya dimakan secara bersamaan. Jadi saat mengonsumsi makanan dan minuman kamu harus tahu, mana saja bahan yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan, agar tubuh kamu tetap sehat.

So, kali ini Yummy App akan memberikan edukasi untukmu mengenai makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan. Langsung saja, check it out!

1. Semangka dan Daging Kambing

daging kambing
ilustrasi daging kambing (unsplash.com/jez timms)

Semangka dan daging kambing pantang untuk dimakan secara bersamaan. Pasalnya, jika keduanya dikonsumsi bersamaan akan mengakibatkan penurunan gizi, terutama pada daging kambing. Semangka yang bersifat panas dan kambing memiliki sifat panas, akan mengganggu kesehatan limpa hingga lambung.

2. Chestnut dan Daging

Chestnut dan daging (dari jenis apa saja) jika dikonsumsi secara bersamaan akan menimbulkan kesehatan pencernaan menurun. Selain itu jika keduanya digabungkan, akan mengurangi gizi pada chestnut. Sehingga hindari untuk memakan secara bersamaan kedua bahan ini.

3. Telur dan Daging

telur dan daging tidak boleh dimakan bersamaan
ilustrasi telur (unsplash.com/Nik)

Telur dan daging merupakan sama-sama bahan makanan dengan protein yang tinggi. Jikan keduanya dimakan secara bersamaan akan memperberat sistem metabolisme, karena membutuhkan waktu yang lama dalam memecah gizi tersebut dalam pencernaan.

Maka dari itu, pilih salah satu untuk disantap. Kemudian dapat dikonsumsi dengan makanan yang mengandung tinggi serat agar melancarkan pencernaan, atau makanan yang proteinnya lebih rendah.

4. Keju dan Daging

Makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan selanjutnya yakni, keju dengan daging. Kombinasi kedua bahan antara keju dan daging sebenarnya terasa lezat saat disantap bersamaan. Terlebih lagi, banyak restoran Korean BBQ yang menyajikan paket menu antara keju dengan daging.

Tapi ternyata keju juga tinggi akan protein, lho, Sobat Yummy. Hal ini lah yang membuat keju pantang untuk dimakan bersamaan dengan daging.

5. Kentang dan Daging

kentang tidak boleh dimakan bersama daging
ilustrasi kentang (unsplash.com/jeshoot)

Masih seputar protein, perpaduan kentang dan daging juga dinilai sebagai sebuah pantangan. Hal ini karena kedua bahan tersebut mengandung protein yang tinggi, sehingga jika disantap bersamaan akan mengganggu sistem pencernaan. Kemudian akan mengakibatkan kondisi mulas, hingga perut kebas.

6. Cuka dan Daging

Cuka dan daging pantang untuk dikonsumsi secara bersamaan. Hal ini karena jika keduanya dimakan bersamaan akan menimbulkan kondisi perut terasa tidak nyaman hingga diare.

Baca Juga: ​5 Perbedaan Daging Tenderloin vs Sirloin, Mana yang Lebih Enak?

7. Keju dan Kacang-kacangan

keju dan kacang-kacangan tidak boleh dikonsumsi bersamaan
ilustrasi macam-macam keju (unsplash.com/andra c taylor jr)

Makanan yang tidak boleh disatukan saat makan berikutnya yakni keju dan kacang. Hal ini karena kacang memiliki jenis gula tertentu, yang jika bertemu dengan kandungan pada keju dapat menyebabkan produksi gas berlebih pada perut.

8. Sereal dan Jeruk

Saat sarapan, hindari memakan sereal bersamaan dengan jus jeruk ataupun memakan langsung buah jeruk. Pasalnya asam pada buah citrus mampu mengeliminasi enzim pada metabolisme yang bertugas dalam mencerna karbohidrat. Sehingga jika Sobat Yummy menggabungkan keduanya akan menimbulkan sejumlah masalah pencernaan.

9. Tomat dan Timun

tomat dan timun tidak boleh dikonsumsi bersamaan
ilustrasi tomat (unsplash.com/josephine baran)

Sering dijumpai dibeberapa masakan, tomat dan timun digabung. Ternyata jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan akan menghilangkan manfaat tomat pada tubuh. Hal ini karena timun memiliki sejumlah kandungan yang mampu menggangu penyerapan vitamin C pada tomat.

10. Susu dan Pisang

Siapa yang tidak doyan banana milk di sini? Perpaduan yang lezat antara susu dan buah pisang memang tak tertandingi.

Tapi ternyata, kombinasi keduanya menyebabkan kondisi di mana terganggunya sistem pencernaan. Hal ini, karena jika kamu mengonsumsi keduanya akan memperberat laju metabolisme.

11. Susu dan Coklat

susu cokelat
ilustrasi susu cokelat (unsplash.com/giancarlo duarte)

Susu cokelat memang minuman yang paling lezat. Tapi ternyata susu dan cokelat jika dikonsumsi bersamaan akan menimbulkan beberapa efek penurunan kesehatan pencernaan. Hal ini karena kalsium pada susu bertemu dengan asam oksalat yang ada pada cokelat dapat menyebabkan diare jika dikonsumsi terlalu sering.

12. Susu kedelai dan Telur

Mengonsumsi susu kedelai dan telur secara bersamaan akan menghambat metabolisme tubuh, lho, Sobat Yummy. Hal ini karena telur merupakan sumber protein, sedangkan susu kedelai dapat mengurangi aktivitas enzim protease yang bertugas dalam mencerna protein.

13. Piza dan Cola

pizza dan cola tidak boleh dimakan bersama
ilustrasi piza (unsplash.com/alan hardman)

Piza dan Cola merupakan duo makanan dan minuman yang saling melengkapi. Tapi ternyata yang jika dikonsumsi bersamaan mampu menaikkan berat badan secara signifikan, lho. Selain itu piza memiliki kandungan proten yang membutuhkan waktu lama dalam mencernanya, sedangkan Cola memiliki kandungan gula yang dapat memperlambat pencernaan.

14. Yogurt dan Ham

Ham merupakan daging olahan yang pada umumnya telah diberi kandungan nitrat untuk menanggulangi proses pembusukan. Jika produk olahan daging ini bertemu dengan nitrat asam organik dari yogurt akan menciptakan nitrosamine, yang mana merupakan senyawa karsinogen penyebab kanker.

Ternyata banyak makanan dan minuman yang jika dipadukan memang memiliki rasa yang lebih nikmat, akan tetapi dapat menimbulkan beberapa efek penurunan kesehatan. So, apakah sekarang Sobat Yummy telah paham mengenai makanan dan minuman apa saja yang perlu dihindari untuk dikonsumsi bersamaan? Jika kamu memiliki masalah serius dari efek mengonsumsi perpaduan makanan, segera hubungi dokter, ya!

Baca Juga: 10 Buah yang Tidak Boleh Masuk Kulkas, Wajib Tahu

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hayati MS

Hayati MS

Tumis Bakso Jamur Champignon

Tumis Bakso Jamur Champignon

(5.0)

20 mnt

282

Artikel Lainnya di nutrisi