10 Manfaat Air Zamzam dan Fakta di Dalamnya, Sudah Tahu?

Wajib dikonsumsi ketika ke Tanah Suci

10 Manfaat Air Zamzam dan Fakta di Dalamnya, Sudah Tahu?

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Pernahkah kamu mendengar tentang keajaiban air zamzam? Air zamzam merupakan air suci yang berasal dari sisi timur Ka’bah yang berada di Mekkah, Arab Saudi. Air ini berasal dari sebuah sumur sedalam 35 meter yang diatapi oleh kubah kecil untuk menjaga kesterilannya. 

Menurut kisahnya, air zamzam merupakan mukjizat yang hadir ketika Nabi Ibrahim a.s. diperintahkan untuk membawa istrinya (Siti Hajar) dan putranya (Nabi Ismail a.s.) ke Kota Mekkah.

Pada saat itu, Mekkah merupakan daerah yang tandus. Nabi Ibrahim a.s. meninggalkan istri dan putranya di sana dengan kurma dan air, lalu Nabi Ibrahim a.s. pun kembali ke rumah. Setelah beberapa lama, persediaan kurma dan air pun habis, putranya pun mulai menangis.

Sang Ibu mulai mencari air dengan berlari naik dan turun sebanyak tujuh kali di Bukit Safa dan Marwah. Nabi Ismail a.s. mulai gelisah dan menendang-nendang tanah. Tanpa disangka, air muncul dari tanah yang ditendangnya tersebut.

Sang ibu dengan hati-hati mengumpulkan air tersebut dan memberikannya pada Nabi Ismail a.s. . Air yang menyembur dari tanah tersebutlah yang hingga kini dikenal sebagai air zamzam yang sangat dimuliakan oleh umat Islam.

Dibalik semua kisahnya, air zamzam memiliki banyak sekali khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat air zamzam yang wajib kamu ketahui!

Manfaat Air Zamzam untuk Kesehatan

description
ilustrasi air zamzam (flickr.com/anikaalam)

Air zamzam terkenal sering dibawa dari tanah suci sebagai souvenir setelah melakukan ibadah haji atau umrah. Meskipun begitu, kamu bisa menemukan air zamzam di toko oleh-oleh khas Arab yang tersebar di Indonesia juga lho.

Sebelum kamu mencoba langsung khasiat dari air zamzam, berikut 10 manfaat air zamzam bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui!

1. Air yang tidak terkontaminasi bakteri

Air zamzam adalah satu-satunya air dari sumber mata air yang bebas dari bakteri dan kuman. Menurut beberapa penelitian, air zamzam merupakan air yang paling murni di bumi karena tidak terkontaminasi apapun. Bahkan, beberapa pakar menguji air zamzam dengan sinar ultraviolet dan menemukan bahwa struktur molekul zamzam tidak cocok dengan mikroba seperti bakteri. 


2. Menyehatkan gigi dan tulang

Dikarenakan air zamzam tidak terkontaminasi bakteri apapun, salah satu manfaat air zamzam ini bisa memberikan khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia. Salah satu yang terkena manfaatnya adalah gigi dan tulang.

Gigi dan tulang kita membutuhkan kalsium yang cukup untuk mempertahankan daya tahannya. Meskipun kalsium bisa kamu temukan di susu dan produk susu lainnya, air zamzam juga ternyata mengandung kalsium yang tinggi.

Selain itu, air zamzam juga mengandung fluorida yang tinggi dan dapat menyeimbangkan kadar kalsium pada tubuh manusia. Nah, karena itulah air zamzam sangat bisa diandalkan untuk kesehatan tulang dan gigimu!


3. Menjadi sumber energi bagi tubuh

Air zamzam tidak hanya bisa untuk melepas dahaga saja, air zamzam juga merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Menurut beberapa penelitian, air zamzam ternyata dapat memperkuat sel-sel yang ada dalam tubuh manusia. Air zamzam diketahui mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi. Dua nutrisi ini bisa berperan mengatasi kelelahan dan depresi. 

Penelitian lainnya juga membuktikan kalau air zamzam memiliki manfaat dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga meningkatkan trombosit darah.


4. Sumber cairan yang baik bagi tubuh

Menurut beberapa penelitian, air zamzam mengandung sejumlah bikarbonat yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan air dari sumber mata air lainnya. Hal ini lah yang membuat air zamzam terkenal dengan kandungan mineral dan fluorida yang tinggi. 


5. Sumber antioksidan yang tinggi

Banyak penyakit yang menjangkit manusia yang disebabkan oleh stress oksidatif. Hal inilah yang membuat antioksidan sangat diperlukan oleh manusia. 

Selain mengandung kalsium, magnesium, mineral, dan fluoride. Air zamzam juga mengandung antioksidan, sehingga salah satu manfaat air zamzam adalah bisa membantu menjaga kesehatan ginjal dan menangkal radikal bebas.


6. Membantu menjaga kesehatan kulit

Air zamzam ada dari sumur sedalam 35 meter dan dianggap air paling murni di bumi. Sifatnya yang antikuman dan antibakteri ini menjadikannya sebagai detoksifikasi alami yang terbaik bagi tubuh dan kulit. 

Pori-pori manusia menyerap apapun yang dioleskan pada kulit dan membawanya ke dalam aliran darah. Oleh karena itu, kamu bisa meneteskan air zamzam pada kulit karena air ini dapat meningkatkan kualitas perbaikan pada sel kulit. Hasilnya, kulitmu akan terlihat lebih sehat dan kenyal!


7. Menyembuhkan demam

Air zamzam juga dipercaya memiliki manfaat menyembuhkan demam pada tubuh. Air zamzam memiliki sifat anti inflamasi yang dapat berperan untuk mengurangi peradangan, menurunkan demam, hingga meredakan nyeri pada tubuh. Kamu hanya perlu meminum air zamzam setiap hari selama demam untuk meredakan demamnya. 


8. Menyehatkan mata

Salah satu khasiat yang bisa dirasakan setelah mengkonsumsi air zamzam secara rutin adalah mata yang lebih sehat. Air zamzam dipercaya memiliki manfaat yang dapat membantu mencerahkan penglihatan. Beberapa orang mengatakan bahwa air zamzam memiliki manfaat yang sama seperti wortel.


9. Bersifat antikanker

Air zamzam bersifat basa dan mengandung mineral yang tinggi yang dianggap sebagai agen antikanker yang sangat efektif. Beberapa penelitian juga menyebutkan kalau dengan mengkonsumsi air zamzam secara rutin dapat mengobati tumor paru-paru. 


10. Membantu menyehatkan rambut

Khasiat terakhir yang bisa kamu rasakan dari air zamzam adalah dapat menyehatkan rambut. Belum banyak yang mengetahui manfaat air zamzam yang satu ini. Air zamzam dapat menyuburkan rambut hingga membuat rambut berkilau karena mengandung berbagai nutrisi penting. 

Bukan hanya menyuburkan rambut, air zamzam juga dapat menyembuhkan ketombe dan membuat rambut lebih halus. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan air zamzam ke dalam botol semprot kecil. Semprotkan air zamzam ke kulit kepala dan helaian rambut untuk hasil terbaik. 

Itulah beberapa manfaat air zamzam untuk kesehatan tubuh. Ada banyak sekali bukan? Tak aneh jika air zamzam sangat dimuliakan oleh umat Islam. Selain nilai sejarah di dalamnya, tapi unsur kandungan di dalamnya juga banyak membawa manfaat.

Baca Juga: 7 Manfaat Susu Kurma dan Cara Membuatnya, Stamina Terjaga saat Puasa

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lukman Hidayat

Lukman Hidayat

Air Nabeez  (Infused Water) Kurma

Air Nabeez (Infused Water) Kurma

(5.0)

7 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi