8 Manfaat Bayam Merah untuk Ibu Hamil, Dukung Tumbuh Kembang Janin

Sayuran yang miliki banyak manfaat

8 Manfaat Bayam Merah untuk Ibu Hamil, Dukung Tumbuh Kembang Janin

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Selama masa kehamilan, tentunya ibu sudah memperhatikan kecukupan gizi dan nutrisi yang tepat, baik untuk ibu maupun janin. Mengutamakan asupan makanan sehat saat hamil dapat menunjang pertumbuhan yang optimal bagi janin.

Salah satu sumber nutrisi yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah bayam merah. Zat gizi yang terkandung pada bayam merah cukup lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan ibu serta janin.

Bayam merah mengandung serat, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, K, kolin, dan folat. Bayam juga mengandung flavonoid dan lutein yang mengandung antioksidan.

Namun, konsumsi bayam merah juga harus dibatasi. Jangan sampai mengonsumsi terlalu banyak dan berlebihan. Bayam juga mengandung oksalat yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Untuk dapat mengetahui apa saja manfaat bayam merah untuk ibu hamil, simak ulasan berikut ini.

1. Mencegah anemia

1. Mencegah anemia

Anemia adalah kondisi di mana penderitanya mengalami kekurangan zat darah merah yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi yang terkandung pada bayam merah dapat membantu mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Terlebih, saat kehamilan anak kembar atau jarak kelahiran yang cukup dekat dengan sebelumnya, ibu bisa berisiko terkena anemia. Untuk itu, manfaat mengonsumsi bayam merah ketika masa kehamilan tidak bisa disepelekan.

2. Mengontrol tekanan darah

2. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi di masa kehamilan akan berpotensi risiko keguguran karena akan menghambat aliran darah menuju plasenta. Selain dibantu dengan konsumsi bayam merah, ibu hamil bisa melakukan cek kondisi tekanan darah secara rutin untuk dapat mengetahui risiko dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Mencegah sembelit

3. Mencegah sembelit

Ibu hamil memang sering kali mengalami masalah pencernaan. Hal ini merupakan sesuatu yang umum terjadi dan relatif tidak berbahaya. Namun, tetap saja harus ditangani dengan tepat dan tidak boleh disepelekan.

Mengonsumsi bayam merah secara rutin dapat membantu melancarkan pencernaan karena merupakan sumber serat yang baik bagi sistem kerja usus. Selain itu, ibu hamil juga perlu untuk memperhatikan pola makan.

4. Menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh

4. Menjaga kekebalan dan daya tahan tubuh

Ibu hamil dapat memperkuat pertahanan tubuh selama masa kehamilan agar terhindar dari penyakit dengan makan bayam merah. Bayam merah kaya akan vitamin yang bisa membantu ibu untuk tetap fit dan stabil selama menjalani masa kehamilan.

5. Menjaga kesehatan mata

5. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung pada sayuran ini dapat bermanfaat untuk pertumbuhan mata janin maupun menjaga kesehatan mata ibu. Selain bayam merah, ibu juga bisa melengkapi sumber vitamin A dari sayuran lainnya seperti wortel.

6. Mendukung pertumbuhan tulang

6. Mendukung pertumbuhan tulang

Kalsium memang merupakan sumber baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium juga bisa ditemukan pada bayam merah, sehingga dapat membantu menguatkan struktur tulang dan gigi serta sistem saraf dan otot.

7. Sumber antioksidan

7. Sumber antioksidan

Antioksidan dapat meningkatkan sistem imun agar lebih optimal. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi bayam merah secukupnya. 

8. Mendukung tumbuh kembang janin

8. Mendukung tumbuh kembang janin

Kandungan protein, vitamin, lemak, kalsium, karbohidrat, dan mineral yang terkandung pada bayam merah merupakan zat gizi yang berguna bagi perkembangan organ dan saraf janin. Terutama kandungan folat pada bayam yang akan mencegah risiko bayi terlahir cacat.

Nah, itu dia 8 manfaat bayam merah untuk ibu hamil. Jangan sepelekan manfaat dari bayam merah ini, ya, Sobat Yummy!

Baca Juga: ​7 Sayuran ini Mengandung Vitamin B12 yang Baik untuk Tubuhmu!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nungki Wardani

Nungki Wardani

Sop Ayam Bayam Merah #JagoMasakMinggu3Periode3

Sop Ayam Bayam Merah #JagoMasakMinggu3Periode3

(1.0)

6 langkah

762

Artikel Lainnya di nutrisi