7 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuhmu

Simak beragam manfaat biji selasih untuk kesehatan tubuh

7 Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuhmu

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Biji selasih, atau biji basil, adalah jenis biji yang berasal dari tanaman selasih atau basil. Biji yang memiliki rasa yang khas ini dimanfaatkan dalam berbagai olahan makanan dan minuman. Selain dikenal dengan rasanya yang unik, biji selasih juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Inilah 10 manfaat biji selasih yang perlu Sobat Yummy ketahui. Yuk baca selengkapnya!

Baca Juga: 10 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Tubuh

1. Sebagai Sumber Mineral

biji selasih
Ilustrasi biji selasih (wikimedia.org/Marjeeva)

Biji selasih adalah sumber mineral yang baik, terutama kalsium dan magnesium. Keduanya berkontribusi dalam mempertahankan kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga fungsi otot dan sistem saraf yang optimal.

2. Tinggi Zat Besi

Biji selasih memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat ini sangat penting untuk produksi sel darah merah dan mencegah anemia. Konsumsi biji selasih secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian Sobat Yummy.

3. Kaya akan Serat

Serat adalah komponen esensial dalam diet yang seimbang. Biji selasih sangat kaya akan serat, yang dapat membantu fungsi pencernaan yang baik dan mencegah sembelit. Oleh karena itu, Sobat Yummy dapat mengonsumsi biji selasih yang telah direndam secara rutin.

4. Menjaga Kesehatan Usus

Serat di dalam biji selasih juga berfungsi untuk menjaga kesehatan usus. Ini dikarenakan serat dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang dapat mencegah berbagai masalah pencernaan.

5. Membantu Menjaga Gula Darah

biji selasih yang telah direndam air
Ilustrasi biji selasih yang telah direndam air (wikimedia.org/Daderot)

Konsumsi biji selasih dapat membantu menjaga gula darah. Ini karena kandungan serat yang tinggi dalam biji ini dapat meredam penyerapan gula dalam darah, mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba.

6. Membuat Perut Cepat Kenyang

Biji selasih dapat membantumu merasa kenyang lebih cepat dan lebih lama. Ini karena serat yang ada dalam biji selasih mengembang saat berkontak dengan air, sehingga dapat menciptakan sensasi kenyang.

7. Membantu Menurunkan Kolesterol

Biji selasih dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini karena serat dalam biji ini dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membantunya dikeluarkan dari tubuh.

8. Kaya akan Lemak Omega-3

Biji selasih juga kaya akan lemak omega-3, yang dikenal sebagai lemak baik yang dapat membantu memperkuat jantung dan otak. Konsumsi biji selasih secara teratur dapat memberikan asupan omega-3 yang cukup untuk tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Jus Strawberry untuk Kesehatan Tubuh

Jadi, itulah 10 manfaat biji selasih untuk kesehatan yang bisa Sobat Yummy dapatkan. Dengan serat, mineral, dan lemak omega-3 yang kaya, biji selasih adalah tambahan yang sempurna untuk pola makan seimbang. Jangan lupa, konsumsi biji selasih dalam jumlah yang tepat dan tambahkan dalam minuman yang tidak tercampur banyak pemanis untuk mendapatkan manfaat maksimal dari biji selasih.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Elvira Novianty

Elvira Novianty

Es Timun Selasih

Es Timun Selasih

(5.0)

15 mnt

292

Artikel Lainnya di nutrisi