8 Manfaat Coklat untuk Kesehatan Tubuh, Jenis dan Tipsnya

Ragam manfaat coklat bagi kesehatan tubuh

8 Manfaat Coklat untuk Kesehatan Tubuh, Jenis dan Tipsnya

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Coklat merupakan salah satu varian rasa yang paling digemari oleh banyak orang, entah itu coklat batangan, minuman rasa coklat, dessert rasa coklat hingga makan-makanan rasa coklat lainnya merupakan favorit orang-orang. 

Selain rasa manisnya yang mampu memikat kebanyakan orang, coklat juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat coklat dan penjelasannya bagi kesehatan tubuh? Berikut merupakan uraian manfaat coklat yang harus Sobat Yummy ketahui jika Sobat Yummy pecinta coklat!

Jenis-Jenis Coklat

manfaat coklat (freepik.com/freepik)
manfaat coklat (freepik.com/freepik)

Sobat Yummy apakah kalian tau bahwa coklat terdiri dari 3 jenis? Yaitu coklat hitam, coklat putih dan coklat susu. Dan masing-masing dari ke-3 coklat tersebut memiliki manfaatnya lho, berikut penjelasan manfaat coklat dari ke-3 jenisnya!

1. Coklat Hitam

Manfaat coklat hitam salah satunya adalah kaya akan antioksidan, yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah. Manfaaat coklat hitam juga menawarkan kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, dan tembaga, yang berkontribusi terhadap nilai gizi secara keseluruhan. 

2. Coklat Putih

Cokelat putih memiliki rasa yang lembut dan manis, tidak mengandung padatan kakao yang ditemukan dalam cokelat hitam atau susu. Cokelat putih memiliki asam linoleat, yang bermanfaat untuk tubuh, terutama pembuluh darah. Asam linoleat membantu menjaga kinerja jantung agar detaknya tetap stabil saat memompa darah.

3. Coklat Susu

Coklat susu menawarkan rasa manis dan lembut, menjadikannya camilan yang paling banyak digemari. Mengandung padatan susu, memberikan tekstur yang lebih halus. Selain itu, konsumsi dalam jumlah sedang memberikan manfaat mengenai sumber kalsium dan antioksidan, yang berpotensi memberikan manfaat bagi kesehatan tulang dan melawan stres oksidatif. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah sedang karena kandungan gula dan kalorinya.

Baca Juga: 8 Resep Es Coklat yang Lezat dan Menyegarkan

8 Manfaat Coklat untuk Kesehatan Tubuh

Coklat memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, dilansir dari Healthline dan Medicalnewstoday, berikut ini adalah beberapa manfaat coklat untuk tubuh:

1. Menangkal radikal bebas

Coklat mengandung antioksidan, seperti flavonoid, yang membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini dapat menyebabkan stres oksidatif, berkontribusi terhadap penuaan dan berbagai penyakit. 

Antioksidan dalam coklat dapat membantu menetralkan molekul berbahaya ini, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan berpotensi mengurangi risiko kondisi kronis tertentu. Namun, penting untuk mengkonsumsi coklat dalam jumlah sedang untuk mendapatkan manfaat ini tanpa melebihi asupan kalori dan gula yang disarankan.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Coklat, khususnya coklat hitam, mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan yang dikaitkan dengan kesehatan jantung. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Selain itu, coklat hitam telah dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol HDL (baik) dan mungkin memiliki efek anti-inflamasi, sehingga berkontribusi terhadap kesehatan kardiovaskular secara keseluruhan.

3. Menurunkan kolesterol

Kandungan polifenol pada coklat dapat mengendalikan kolesterol. Mengkonsumsi coklat hitam selama tiga minggu dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik dan menurunkan LDL atau kolesterol jahat. 

Namun, penting untuk mengkonsumsi coklat dalam jumlah tidak berlebihan, karena asupan berlebihan dapat menyebabkan peningkatan asupan kalori dan gula, sehingga berpotensi mengimbangi efek positifnya terhadap kolesterol.

4. Meningkatkan fungsi otak

Coklat memiliki kandungan senyawa flavonoid pada coklat yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan fungsi kognitif seperti fokus dan memori. 

Selain itu, mengandung sedikit kafein, yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan kinerja kognitif. Kehadiran theobromine, stimulan yang ditemukan dalam coklat, juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan fokus mental. 

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Siapa diantara Sobat Yummy yang gemar sekali merawat kulit? Konsumsi coklat yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kesehatan kulit lho! Antioksidan dalam coklat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, meningkatkan hidrasi, dan meningkatkan produksi kolagen. 

6. Manajemen berat badan

Meskipun coklat hitam padat, kandungan seratnya dapat membantu mengatur berat badan. Sehingga konsumsi coklat yang sederhana dan tidak berlebihan bisa membantu Sobat Yummy jika sedang mengadakan program mengatur berat badan. 

Meskipun coklat dapat menjadi bagian dari diet seimbang, penting untuk mempertimbangkan pilihan nutrisi secara keseluruhan dan tidak hanya mengandalkan coklat untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

7. Aman bagi penderita diabetes

Selain untuk menjaga berat badan, manfaat coklat ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang merupakan pilihan yang lebih aman bagi penderita diabetes, namun penting untuk memantau asupan karbohidrat secara keseluruhan dan memilih coklat dengan tambahan gula yang minimal.

8. Meningkatkan kesehatan usus

Kandungan serat pada coklat, khususnya coklat hitam, dapat menunjang kesehatan usus. Serat membantu mengatur pergerakan usus dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. 

Selain itu, coklat mengandung prebiotik, yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri usus bermanfaat, berkontribusi terhadap keseimbangan mikrobioma usus. Hal ini dapat berdampak positif pada kesehatan usus secara keseluruhan dan dapat mendukung sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 8 Jenis Coklat dan Fungsinya, Pecinta Coklat Harus Tahu

Tips Mengkonsumsi Coklat

manfaat coklat (freepik.com/freepik)
manfaat coklat (freepik.com/freepik)

Dilansir dari Alodokter, untuk memastikan keamanan dan mengurangi risiko potensial, sangat disarankan untuk meningkatkan kehati-hatian saat menikmati coklat. Berikut beberapa saran yang bisa Sobat Yummy pertimbangkan:

1. Sebaiknya pilih coklat hitam dengan kandungan kakao mencapai 70–85% untuk memastikan manfaat kesehatan yang optimal.

2. Mengurangi konsumsi coklat susu, sebab cenderung mengandung gula tambahan dan lemak yang lebih tinggi.

3. Bijaklah dalam membatasi asupan coklat, disarankan hanya 25–30 gram per hari guna menjaga keseimbangan nutrisi harian Sobat Yummy.

4. Perhatikan informasi nutrisi yang tertera pada kemasan coklat batang atau bubuk cokelat sebelum menikmatinya, agar Sobat Yummy dapat membuat pilihan yang lebih sadar terkait kesehatan.

5. Jika Sobat Yummy mengalami gejala tidak biasa setelah mengonsumsi coklat, seperti sakit kepala, mual, atau muntah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan begitu, Sobat Yummy dapat merespons potensi masalah kesehatan dengan cepat dan efektif.

Baca Juga: 8 Merk Cokelat Paling Enak 2023, Ada Kesukaanmu?

Seperti apa yang sudah dipaparkan oleh Yummy App sebelumnya, meskipun coklat memiliki segudang manfaat akan tetapi Sobat Yummy harus bijak mengkonsumsinya agar tidak menimbulkan efek negatif setelah konsumsi coklat yang berlebihan ya!

Untuk mengetahui lebih dalam pengetahuan mengenai dunia kuliner, sudah saatnya untuk install Yummy App sekarang juga!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Azsha Ramadhani

Azsha Ramadhani

Puding Cokelat Vla Vanila

Puding Cokelat Vla Vanila

(5.0)

35 mnt

1.3 rb

Artikel Lainnya di nutrisi