Manfaat Daging Ayam dan Kandungan Gizinya

Konsumsi daging ayam dan rasakan manfaatnya!

Manfaat Daging Ayam dan Kandungan Gizinya

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Tahukah kamu ternyata daging ayam memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan? Daging ayam memang sejak lama dikenal sebagai pilihan sumber protein yang sehat, terutama pada bagian dadanya. 

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa mengonsumsi daging ayam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Serta dipercaya mampu menekan resiko seseorang terkena kanker.

Berikut ini Yummy App akan menjelaskan terkait manfaat daging ayam yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin dalam porsi yang cukup.

1. Menurunkan berat badan

ilustrasi penurunan berat badan karena diet
ilustrasi penurunan berat badan karena diet (freepik.com/freepik)

Manfaat daging ayam yang pertama adalah dapat menurunkan berat badan, terutama pada bagian dada ayam.

Dada ayam merupakan bagian yang paling banyak mengandung protein. Sehingga bermanfaat untuk kamu yang sedang menjalani diet, karena bisa menjaga dan memperbaiki metabolisme tubuh. Kandungan protein yang tinggi pada daging ayam dapat membuat kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Dengan begitu, kamu tidak memiliki keinginan untuk mengkonsumsi banyak makanan lain yang bisa menjadi pemicu naiknya berat badan. Jangan lupa diiringi dengan olahraga yang rutin.

2. Tulang menjadi lebih kuat

tulang sehat
ilustrasi kaki dengan tulang yang sehat (pexels.com/tirachardkumtanom)

Tak hanya mengandung protein, daging ayam juga mengandung banyak senyawa baik lainnya seperti kalsium dan kalium. Kedua senyawa tersebut berperan dalam menjaga kesehatan tulang, untuk mengurangi resiko terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Baca Juga: 10 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Tubuh

3. Mengontrol perasaan

manfaat daging ayam mengontrol mood
ilustrasi mood senang (pexels.com/yaroslavshuraev)

Manfaat daging ayam lainnya berkaitan dengan peningkatan mood menjadi jauh lebih baik. Hal tersebut bisa terjadi, karena daging ayam dikatakan memiliki kandungan asam amino triptofan yang mampu memproduksi hormon serotonin.

Hormon serotonin sendiri merupakan hormon yang bermanfaat untuk mengontrol perasaan senang dan juga membantu untuk mengurangi rasa stres pada manusia.

4. Jantung jadi lebih sehat

menjaga kesehatan jantung
ilustrasi menjaga kesehatan jantung (freepik.com/freepik)

Penyakit jantung biasanya disebabkan oleh penumpukan kolesterol yang mampu menyumbat aliran darah, sehingga kesehatan jantung perlahan menurun.

Inilah salah satu manfaat daging ayam yang perlu kamu ketahui, yaitu dapat mengurangi resiko kamu terkena penyakit jantung. Ini berkaitan dengan kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan dengan daging merah.

Namun hal tersebut juga harus didukung dengan jumlah ayam dan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Lebih baik jika mengkonsumsi daging tanpa kulit, atau yang diolah dengan cara direbus.

5. Membentuk otot

massa otot
ilustrasi massa otot (freepik.com/wirestock)

Manfaat daging ayam selanjutnya yang diperoleh dari kandungan protein di dalamnya adalah membangun massa otot. Selain protein bisa membuat perut lebih cepat kenyang, protein juga dapat diubah menjadi asam amino yang akan membangun jaringan tubuh termasuk otot. 

Kandungan gizi daging ayam

Berikut ini ada uraian mengenai kandungan gizi yang terdapat di dalam 100 gram daging ayam:

  • Air: 55,9 ml
  • Zat besi: 1,5 mg
  • Niasin : 10,4 mg
  • Energi: 298 kalori
  • Kalsium: 14 mg
  • Protein: 18,2 gr
  • Natrium: 109 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Lemak: 25 gr
  • Zinc: 0,6 mg
  • Kalium: 385,9 mg

Kandungan gizi yang dijelaskan di atas merupakan daging ayam dalam kondisi yang masih mentah, segar, dan belum diolah sama sekali. Biasanya, kandungan gizi pada daging ayam dapat berubah ketika diolah menjadi masakan. 

Setiap bagian daging ayam mempunyai kandungan kalori yang jelas berbeda-beda. Bahkan, mengkonsumsi daging ayam dengan atau tanpa kulit memiliki perbedaan kandungannya. Untuk lebih jelasnya, baca penjelasan di bawah ini mengenai kandungan gizi pada setiap bagian daging ayam.

1. Dada ayam

Pada bagian dada ayam terdapat kandungan 25 gram protein, 60 miligram natrium, 2 gram lemak jenuh, dan 7 gram lemak total.

2. Sayap ayam

Sedangkan pada sayap ayam terdapat 23 gram protein, 70 miligram natrium, 4.5 gram lemak jenuh, dan 16 gram lemak total.

3. Paha atas

Kandungan pada paha atas terdapat 21 gram protein, 3.5 gram lemak jenuh, 70 miligram natrium, dan 12 gram lemak total.

4. Paha bawah

Lalu pada paha bawah ayam, terkandung 23 gram protein, 2.5 gram lemak jenuh, 9 gram protein, dan 75 miligram natrium.

Itulah informasi tentang manfaat daging ayam yang perlu kamu ketahui. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa daging ayam pada bagian dada memiliki protein yang tinggi.

Karena itu cobalah untuk mengkonsumsi daging ayam dalam porsi yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu yang sedang diet, bisa juga mengkonsumsi ayam, hanya saja perhatikan jumlah daging ayam yang dimakan.

Baca Juga: 7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Ciri, dan Bedanya dengan Ayam Negri

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Fitria

Laila Fitria

Sup Ayam Tahu Putih

Sup Ayam Tahu Putih

(5.0)

30 mnt

1.9 rb

Yummy Official

Yummy Official

Ayam Goreng Gurih Satu Bumbu

Ayam Goreng Gurih Satu Bumbu

(5.0)

40 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi