10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

Selain wangi, daun kemangi bermanfaat bagi tubuh

10 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Daun kemangi merupakan daun yang biasa digunakan sebagai lalapan makanan. Biasanya daun kemangi dimakan saat masih mentah, tidak melalui proses memasak, hanya dicuci bersih saja, lalu bisa disantap secara langsung. 

Kabar gembira untuk kamu yang suka makan lalapan daun kemangi, karena manfaat daun kemangi untuk tubuh cukup banyak dan bagus, nih. Berikut ini Yummy App sudah rangkum manfaat daun kemangi untuk Sobat Yummy di rumah!

1. Anti-bakteri penyebab bau badan

bau badan
ilustrasi berkeringat dan bau badan (pexels.com/barbaraolsen)

Daun kemangi merupakan salah satu daun yang memiliki wangi khas semerbak yang sangat enak dihirup. Wangi khas daun kemangi tersebut berasal dari minyak atsiri yang terkandung di dalamnya.

Selain memberikan wangi khas, minyak atsiri juga bersifat anti-bakteri karena mengandung linalool. Hal ini dijelaskan dalam penelitian yang dipublish oleh Jurnal Farmasi Indonesia yang telah membuktikan bahwa minyak atsiri daun kemangi dapat mengurangi bakteri penyebab bau badan.

2. Melawan radikal bebas

kulit sehat
ilustrasi kulit wajah sehat (pexels.com/ronlach)

Radikal bebas merupakan suatu molekul yang bersifat merusak sel dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dini. Daun kemangi yang biasa dikonsumsi sebagai penyedap ini dikatakan memiliki kandungan antioksidan berupa flavonoid yang tinggi. Sehingga bermanfaat dalam melawan radikal bebas, seperti yang tercatat dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Dengan begitu, mengkonsumsi daun kemangi secara teratur mampu membunuh bakteri, virus, yang tidak baik di dalam tubuh.

Baca Juga: 8 Daun Penurun Panas pada Bayi, Alternatif Obat Praktis dan Alami

3. Menjaga kesehatan tulang

tulang sehat
ilustrasi kaki dengan tulang yang sehat (pexels.com/tirachardkumtanom)

Manfaat daun kemangi lainnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang manusia. Daun kemangi dikatakan memiliki kandungan kalsium yang baik, untuk membantu dalam pertumbuhan dan juga menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

tubuh sehat
ilustrasi orang sehat imunitas tinggi (pixabay.com/4993578)

Antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi tidak hanya berfungsi untuk melawan radikal bebas saja, melainkan berperan juga dalam meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Kebanyakan radikal bebas dalam tubuh tentu akan memberikan dampak negatif seperti melemahkan imunitas tubuh. Karena itulah, jika antioksidan mampu melawan radikal bebas dengan baik, sama dengan daun kemangi mampu juga meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Membantu penyembuhan luka lebih cepat

luka
ilustrasi luka (pexels.com/martproduction)

Tak hanya bersifat anti-bakteri untuk menghilangkan bau badan, daun kemangi juga memiliki sifat anti-virus yang dibutuhkan tubuh.

Anti-virus ini mampu membantu penyembuhan luka menjadi lebih cepat, dengan mengoleskannya ke luka tersebut. Sariawan yang biasa muncul dalam bibir juga bisa dibantu disembuhkan dengan daun kemangi.

6. Menjaga pencernaan tetap sehat

pencernaan lancar
ilustrasi pencernaan lancar (freepik.com/wayhomestudio)

Pencernaan yang baik akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Karena itulah kesehatan pencernaan perlu dijaga dengan baik, yang bisa kamu lakukan dengan mengkonsumsi daun kemangi.

Daun kemangi dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan mempertebal lapisan lendir pada lambung. Serta mengurangi asam lambung yang sering kali menyebabkan mual, sesak, dan lain-lain.

7. Mengurangi tingkat kecemasan

ilustrasi orang sedang mengalami stres
ilustrasi stres (pixabay.com/1388843)

Kandungan zat di dalam daun kemangi dapat membantu untuk mengurangi kecemasan dan perasaan stres yang sedang melanda seseorang. Bukan untuk mengatasi masalah penyebab eksternal stres, tetapi daun kemangi membantu dalam meredakan penyebab stres secara internal.

Daun kemangi akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan tenang dari dalam, hanya dengan mengkonsumsinya dengan benar.

8. Mencegah kanker

sel kanker
ilustrasi sel kanker (unsplash.com/nantionalcancerinstitute)

Daun kemangi mempunyai sifat anti-kanker, sehingga bermanfaat dalam membantu pencegahan kamu terkena penyakit kanker. Sifat anti-kankernya mampu melawan sel kanker dalam tubuh, agar tidak berkembang dan menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Sel kanker yang dapat dilawan oleh daun kemangi berupa kanker kulit, kanker mulut, dan juga kanker hati. Kamu harus ingat bahwa daun kemangi hanya mencegah, dan bukan berarti dapat mengobati penyakit kanker.

9. Menurunkan kadar gula darah

glucose meter, alat cek kadar gula darah
ilustrasi glucose meter alat cek kadar gula darah (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini dapat dilakukan daun kemangi karena daun yang satu ini juga bersifat hipoglikemik.

Jadi bukan hanya enak dan wangi saat dikonsumsi, namun daun kemangi juga memiliki peran yang cukup bagus bagi penderita diabetes ataupun kamu yang hendak mencegah terkena diabetes.

10. Menghilangkan bau mulut

mulut sehat
ilustrasi mulut yang sehat (pexels.com/shinydiamond

Sifat antibakteri pada daun kemangi, bisa juga bermanfaat untuk menghilangkan bau pada mulut yang sering kali membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri saat berbicara dengan orang lain. Kamu dapat merebus daun kemangi dan mencampurkannya dengan gula, lalu konsumsi untuk menghilangkan bau mulut.


Manfaat daun kemangi sangat berlimpah dan baik bagi tubuh. Jadi jangan malas untuk konsumsi dedaunan yang punya manfaat untuk tubuh, ya!

Baca Juga: Manfaat Rebusan Daun Salam yang Perlu Diketahui!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Enggar Nugraheni Putri

Enggar Nugraheni Putri

Udang Pedas Daun Kemangi

Udang Pedas Daun Kemangi

(5.0)

7 langkah

806

Artikel Lainnya di nutrisi