10 Manfaat Es Jeruk Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Walaupun asam ternyata punya banyak nutrisi

10 Manfaat Es Jeruk Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Hai Sobat Yummy! Pernahkah kamu merasakan dahaga yang parah  dan minuman pertama yang muncul di pikiranmu adalah es jeruk?

Tak hanya menawarkan kesegaran, es jeruk juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Tapi, tahukah kamu bahwa di balik rasa segarnya itu, es jeruk memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatanmu? Yuk, kita jelajahi 10 manfaat es jeruk yang fantastis ini!

Kandungan Nutrisi dalam Jeruk

ilustasi jeruk
ilustasi jeruk (istockphoto.com/zoranm)

Jeruk yang biasa dikenal karena kaya vitamin C, juga menyuguhkan berbagai nutrisi memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Satu jeruk dengan berat 140 gram menawarkan beberapa nutrisi, seperti berikut:

  • 66 Kalori
  •  86% kandungan air
  •  1,3 gram protein
  • 14,8 gram karbohidrat
  • 12 gram gula
  • 2,8 gram serat
  • 0,2 gram lemak
  • 92% dari kebutuhan harian vitamin C
  • 9% dari kebutuhan harian folat
  • 5% dari kebutuhan harian kalsium
  • 5% dari kebutuhan harian potasium.

Dengan megonsumsi 140 gram jeruk kamu sudah berkontribusi pada pemenuhan 10% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Tak hanya itu, jeruk juga kaya akan senyawa bioaktif tanaman yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan, termasuk flavonoid dan karotenoid, yang berperan dalam mendukung kesehatan tubuh. 

Manfaat Buah Jeruk

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari minum es jeruk yang perlu Sobat Yummy ketahui:

1. Tinggi Antioksidan

ilustrasi jeruk
ilustrasi jeruk (istockphoto.com/PeopleImages)

Jeruk memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dalam jeruk dapat meningkatkan kesehatan dengan mencegah kerusakan oksidatif, yaitu ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas. 

Selain itu, antioksidan flavonoid pada jeruk memberikan manfaat antiinflamasi, antivirus, dan antimikroba, untuk melawan stres oksidatif yakni ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ilustrasi kekebalan tubuh yang baik
Ilustrasi kekebalan tubuh yang baik (istockphoto.com/Ijubaphoto)

Jeruk dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Ini dikarenakan jeruk mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C sendiri dapat membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh dan menghasilkan kolagen, serta mengurangi peradangan.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients, vitamin C memiliki peran krusial dalam mendukung fungsi sistem imun. Vitamin ini tidak hanya esensial dalam memperkuat pertahanan tubuh tetapi juga efektif dalam memperbaharui sel-sel tubuh yang telah rusak atau mati, menggantikannya dengan sel-sel baru yang lebih sehat. 

3. Menghidrasi Tubuh

minum air putih mencegah dehidrasi
ilustrasi minum (pexels.com/gustavofring)

Dalam satu buah jeruk kecil dapat mengandung sekitar 87 gram air. Disisi lain, kebutuhan air harian manusia adalah sekitar 2,5 - 3,5 liter (kilogram) air. Artinya, mengonsumsi jeruk dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan sekitar 3 - 4 persen. 

Minum es jeruk asli dapat membantu dalam menjaga hidrasi tubuh. Hidrasi yang cukup, penting untuk mempertahankan suhu tubuh yang optimal. Penting juga untuk mengenali gejala-gejala dehidrasi yang mungkin timbul, seperti rasa kering di mulut, sakit kepala, penurunan dalam jumlah buang air kecil, serta perasaan lelah dan kekurangan energi. Jika sudah begini, segera cukupilah asupan mineral mu

4. Menjaga Kesehatan Jantung

jantung
ilustrasi detak jantung sehat (pixabay.com/geralt)

Dengan mengonsumsi buah jeruk, yang kaya akan vitamin C, flavonoid, dan karotenoid, dan kalium dapat memiliki manfaat bagi kesehatan jantung.  Hal ini menyebabkan jeruk berpotensi dalam menurunkan risiko berbagai masalah kardiovaskular.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Lipids in Health and Disease" melibatkan 129 partisipan yang mengonsumsi jus jeruk murni secara teratur dalam periode waktu yang panjang.  Penelitian ini menunjukkan hasil positif dengan adanya penurunan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Selain itu, konsumsi jeruk juga dapat berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang baik untuk jantung.

5. Menurunkan Resiko Terkena Kanker 

Ilustrasi pengidap kanker
Ilustrasi pengidap kanker (unplash/FatCamera)

Konsumsi buah sitrus, termasuk jeruk, terbukti dapat berkontribusi dalam mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker paru, perut, mulut, dan leher. Flavonoid dalam jeruk dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan memicu apoptosis (kematian sel kanker). Sedangkan limonoid dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan menginduksi proses apoptosis.

Studi yang dipublikasikan dalam Pharmacological Research menemukan bahwa mengonsumsi jeruk secara rutin dapat menurunkan risiko kanker mulut hingga 50% dibandingkan dengan individu yang tidak mengonsumsi jeruk. 

6. Mencegah Anemia

perempuan pusing karena anemia
ilustrasi perempuan pusing karena anemia (freepik.com/jcomp)

Memasukkan sumber vitamin C yang kaya, seperti jeruk, ke dalam diet harian dapat berperan penting dalam pencegahan anemia. Vitamin C dikenal dapat meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh, yang esensial dalam pembentukan sel darah merah yang sehat dan mencegah anemia.

Selain itu, jeruk juga mengandung asam folat yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Asupan asam folat yang cukup dapat membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah baru. Jeruk, terutama jenis jeruk sitrus, seperti jeruk bali dan lemon, dapat menjadi pilihan buah penambah darah yang baik.

7. Mengoptimalkan Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

description
ilustrasi janin (istockphoto.com/Natalia Riabchenko)

 Es Jeruk kaya akan vitamin C, yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Vitamin C membantu pembentukan kolagen, protein struktural yang diperlukan untuk pembentukan kulit, tulang, ligamen, dan pembuluh darah janin.

Hal ini dikarenakan jeruk mengandung folat yang sangat penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. Kekurangan folat saat hamil bisa berisiko spina bifida, suatu kondisi dimana sumsum tulang belakang janin tidak berkembang dengan baik.

8. Menurunkan Tekanan Darah

Alat tes tekanan darah
ilustrasi cek tekanan darah (pixabay.com/38308446)

Bagi mereka yang berjuang dengan tekanan darah tinggi, memasukkan jeruk ke dalam rutinitas makanan sehari-hari sebagai snack sehat dapat menjadi strategi yang efektif. Nutrisi seperti vitamin C dan potasium yang terkandung dalam jeruk berperan dalam mengatur dan menurunkan tekanan darah. 

Jeruk mengandung antioksidan hesperidin yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat dijadikan jus untuk dikonsumsi sebagai penurun tekanan darah tinggi. Selain itu, jeruk tidak mengandung natrium sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah berada di batas normal. Mempertahankan asupan natrium yang rendah sangat penting untuk menurunkan tekanan darah.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat
Ilustrasi kulit sehat (istocphoto.com/YakobchukOlena)

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk berperan sebagai antioksidan yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk dalam mencegah penuaan dini. Kelembapan kulit juga dapat terjaga dengan baik berkat asupan cairan yang cukup, yang membantu mencegah kulit kering.

Sebuah studi pada hewan yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak jeruk dapat mengurangi kerutan dan melambatkan kerusakan kolagen. Meskipun hasil ini menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia

10. Mengurangi Peradangan

peradangan kulit
ilustrasi kulit mengalami peradangan (pexels.com/picasjoe)

Konsumsi es jeruk berpotensi menurunkan risiko peradangan di dalam tubuh, berkat properti antiinflamasi yang dimiliki oleh jeruk. Sifat antiinflamasi ini efektif dalam mengurangi tingkat penanda inflamasi yang sering kali terkait dengan kondisi penyakit kronis. Peradangan sendiri adalah bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi.Selain itu, buah ini juga mengandung flavonoid yang cukup tinggi yang dapat berperan dalam mengurangi peradangan.

11. Mencegah Batu Ginjal

batu ginjal
ilustrasi orang terkena batu ginjal (pexels.com/sorashimazaki)

Jeruk mengandung sitrat alami, yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengurangi keasaman pada urine. Selain itu, kondisi pH urine yang lebih tinggi dan lebih basa, yang dapat diperoleh dari mengonsumsi jeruk, bisa membantu mencegah munculnya batu ginjal.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Korean Journal of Urology menunjukkan bahwa rendahnya kadar sitrat dalam urine bisa menyebabkan batu ginjal, dan mengonsumsi jeruk dapat meningkatkan kadar sitrat ini, memberikan efek protektif. 

12. Mengoptimalkan Kesehatan Mata

menjaga kesehatan mata
ilustrasi menjaga kesehatan mata (pexels.com/Sound On)

Jeruk, yang kaya akan flavonoid, dapat berkontribusi secara signifikan dalam mendukung kesehatan mata. Kandungan flavonoid yang tinggi dalam jeruk membantu dalam memelihara kesehatan visual dan melindungi mata dari kondisi seperti degenerasi makular, yang dapat mengganggu penglihatan.

Selain itu, Jeruk juga mengandung vitamin C yang tinggi dan penting untuk kesehatan mata. Vitamin C dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan pembuluh darah di mata. Selain itu, jeruk juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A dan E yang penting untuk kesehatan mata.

Baca Juga: 10 Resep Es Jeruk Segar dan Cara Membuatnya

Dari semua manfaat es jeruk yang telah kita jelajahi, kini kamu tahu bahwa minuman ini lebih dari sekadar penyegar yang lezat, bukan?

Jadi, jangan ragu untuk sering-sering menyelipkan es jeruk dalam menu makanan dan minuman harianmu Sobat Yummy. Selain akan memberimu kesegaran, es jeruk juga akan menunjang kesehatanmu.

Nantikan rekomendasi resep dan berbagai manfaat lainnya di Yummy!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Riska Wijaya

Riska Wijaya

Jus Semangka Jeruk Nipis

Jus Semangka Jeruk Nipis

(5.0)

10 mnt

1.6 rb

Artikel Lainnya di nutrisi