10 Manfaat Ikan Tongkol Bagi Tubuh

Temukan manfaat ajaib dari ikan tongkol bagi tubuh

10 Manfaat Ikan Tongkol Bagi Tubuh

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ikan tongkol sering kali menjadi menu andalan di berbagai rumah makan. Ikan yang memiliki nama latin Euthynnus affinis ini erupakan salah satu jenis ikan tuna yang hidup di dekat dasar laut. Ikan tongkokl memiliki punggung berwarna kelam dengan garis miring hitam, sedangkan sisik dan perut berwarna keperak-perakkan.

Dalam ikan tongkol terdapat zat gizi diantaranya:

  • 69,40% air
  • 1,50% lemak
  • 25,00% protein
  • 2,25% abu
  • 0,03% karbohidrat

Tahukah Sobat Yummy, bahwa balik cita rasa lezat yang ditawarkan, ikan tongkol menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh? Simak 10 manfaat ikan tongkol bagi tubuh berikut ini.

Baca Juga: 10 Manfaat Ikan Lele Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

sajian kepala ikan tongkol
Ilustrasi sajian kepala ikan tongkol (wikimedia.org/Mdsheth1986)

Ikan tongkol memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak ini bisa membantu menurunkan tingkat trigliserida dalam darah, mengurangi risiko pembekuan darah, dan memperlebar pembuluh darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Omega-3 yang ada di dalam ikan tongkol juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Asam lemak ini berfungsi untuk memperkuat sel saraf di dalam mata dan mencegah degenerasi makula, kondisi yang dapat menurunkan kualitas penglihatan.

3. Mencegah Anemia

Ikan tongkol kaya dengan zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah. Mengkonsumsi ikan tongkol secara rutin dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi.

4. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Ikan tongkol juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif Sobat Yummy. Kandungan Omega-3 di dalamnya memiliki efek positif terhadap fungsi otak dan dapat membantu meningkatkan memori dan kemampuan belajar.

5. Mengurangi Risiko Gangguan Otak

ilustrasi sarden ikan tongkol
ilustrasi sarden ikan tongkol (yummy.co.id/Lyliput Kitchen's)

Mangan yang ditemukan dalam ikan tongkol dapat membantu mengurangi risiko gangguan otak seperti Parkinson dan Alzheimer. Mineral ini memiliki peran penting dalam proses produksi dan aktivitas enzim yang berhubungan dengan fungsi otak.

6. Mencegah Obesitas

Ikan tongkol kaya akan protein namun rendah dalam kandungan lemak, menjadikannya pilihan yang bagus untuk program diet. Mengkonsumsi ikan tongkol dapat membantu mengontrol berat badan dan mencegah obesitas.

7. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Ikan tongkol kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Serat ini dapat membantu merangsang pergerakan usus dan mencegah sembelit. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi ikan tongkol, Sobat Yummy akan membantu melindungi kelancaran sistem pencernaan.

8. Meningkatkan Kesehatan Kelenjar Tiroid

Selenium, mineral yang terdapat dalam ikan tongkol, berfungsi untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid, organ yang mengendalikan metabolisme tubuh.

9. Memenuhi Kebutuhan Protein

Ikan tongkol adalah sumber protein yang bagus. Protein diperlukan oleh tubuh untuk membentuk otot dan jaringan baru, serta memperbaiki jaringan yang rusak. Ikan tongkol dapat Sobat Yummy masukkan ke dalam menu makan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan protein.

10. Menjaga Kesehatan Tulang

ilustrasi pepes ikan tongkol
ilustrasi pepes ikan tongkol (yummy.co.id/Hana Arnin)

Terakhir, ikan tongkol juga baik untuk kesehatan tulang. Ikan ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup tinggi, yang berperan penting dalam membentuk dan menjaga kekuatan tulang.

Baca Juga:  10 Resep Ikan Tongkol Enak, Praktis Mudah Dibuat 

Itulah 10 manfaat ikan tongkol bagi kesehatan tubuh. Setelah mengetahui banyaknya manfaat ikan tongkol, jangan ragu untuk memasukkan ikan tongkol dalam menu makanan sehari-hari. Mari jaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti ikan tongkol.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Hello Hannah

Hello Hannah

Ikan Tongkol Suwir Sederhana

Ikan Tongkol Suwir Sederhana

(5.0)

30 mnt

412

Artikel Lainnya di nutrisi