10 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Menyehatkan Badan

Sehatkan badanmu dengan mengonsumsi jamu beras kencur!

10 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Menyehatkan Badan

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Dalam buku Jamu Ramuan Tradisional Kaya Manfaat karya Rifqa Armi (2018) tercatat, jamu telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai obat alami dari berbagai macam penyakit. Menjadi salah satu minuman sehat yang bersejarah di Indonesia, jamu diperkirakan sudah ada dari tahun 1300 M. Pada masa tersebut, terciptanya jamu terdorong dari pengaruh kuat tradisi pengobatan alami dari Tiongkok, India, Arab yang pada akhirnya mempengaruhi praktik pengobatan di Indonesia.

Melimpahnya rempah-rempah yang tersebar luas di Indonesia pun menjadi salah satu faktor terciptanya jamu dengan berbagai jenis. Misalnya, kunyit asam, temulawak, kudu laos, dan jamu beras kencur. Artikel kali ini, akan membahas lebih lanjut terkait dengan jamu beras kencur yang mampu menyehatkan badan, nih, Sobat Yummy.

Jamu beras kencur adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari beras, kencur (Curcuma zedoaria), jahe, dan bahan-bahan alami lainnya. Selain memberikan sensasi segar dan nikmat, jamu beras kencur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 10 manfaat jamu beras kencur dan resep serta cara membuatnya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi tubuh sehat (pexels.com/Marcus Aurelius)

Kandungan antioksidan dalam beras kencur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan radikal bebas, dan melindungi tubuh dari penyakit. Sobat Yummy dapat rutin meminum jamu beras kencur ini untuk menjaga daya tahan tubuh. Jangan lupa, diberikan juga kepada anggota keluarga, ya!

2. Meredakan masalah pencernaan

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi pencernaan sehat (pixabay.com/julientromeur)

Mengalami masalah pencernaan? Jamu beras kencur dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, mual, dan muntah. Kandungan jahe dan kencur memiliki sifat antiperadangan dan mengurangi keasaman lambung.

3. Nafas menjadi segar

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi nafas segar (pixabay.com/alfcermed)

Kamu pasti pernah mengalami bau mulut, kan? Rasanya mengganggu sekali. Kandungan jahe dalam jamu beras kencur ini dapat membantu menyegarkan napas, mengurangi bau mulut, dan meredakan sakit tenggorokan, lho.

4. Bantu kurangi mual pada ibu hamil

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi ibu hamil (pixabay.com/StockSnap)

Sering sekali ibu hamil mengalami mual dan muntah. Apakah kamu salah satunya? Yummy App beri solusi, nih, dengan merekomendasikan jamu beras kencur untuk mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil.

5. Meredakan gejala flu dan pilek

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi sakit flu (pixabay.com/Silviarita)

Jangan anggap remeh sakit flu dan pilek! Coba minum jamu beras kencur untuk meredakannya. Hal ini karena pada jamu terkandung sifat antiperadangan dan ekspektoran alami, yang membantu mengurangi gejala pilek dan flu seperti batuk, pilek, dan tenggorokan sakit.

6. Meredakan nyeri haid

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi sakit haid (pixabay.com/Saranya7)

Ini masalah perempuan tiap bulannya, nih. Sakit, melilit, dan sangat mengganggu aktifitas sehari-hari, bukan? Nah, kandungan kencur dalam jamu beras kencur memiliki efek antispasmodik yang dapat meredakan nyeri haid.

7. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi kesehatan kulit (pixabay.com/andreas160578)

Tidak melulu dari krim luar, namun asupan minuman dapat turut membantu menjaga kulit agar tetap sehat dari dalam. Kandungan antioksidan dalam beras kencur membantu memperbaiki kerusakan sel kulit dan mencegah penuaan dini. Jadi, kulit sehatmu bisa didapatkan dari dalam dan luar, melalui konsumsi jamu beras kencur. 

Baca Juga: ​Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi Anak Sesuai Tingkatan Umur

8. Bantu menurunkan berat badan

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi timbangan badan (pixabay.com/kalhh)

Memiliki masalah dengan berat badan? Coba dengan minum jamu beras kencur.

Selain hal-hal di atas, jamu tersebut juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan pembakaran lemak, dan membantu penurunan berat badan, lho. Tubuh tetap sehat dan singset dengan minuman tradisional nan sehat.

9. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi jantung (pixabay.com/DariszSankowski)

Bahkan, jamu beras kencur juga dapat menjaga kesehatan jantung! Kandungan antiinflamasi dan antioksidan dalam jamu beras kencur dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada pembuluh darah. Disarankan sekali untuk kamu yang ingin memiliki tubuh sehat.

10. Meningkatkan energi dan vitalitas

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi energi (pixabay.com/jplenio)

Lebih dari itu, jamu beras kencur juga dapat meningkatkan energi dan vitalitas, lho. Luar biasa, bukan? Hal ini dikarenakan minuman tersebut mengandung bahan-bahan alami yang dapat memberikan energi tambahan dan meningkatkan vitalitas tubuh.

Resep dan cara membuat jamu beras kencur

Manfaat jamu beras kencur
ilustrasi rempah-rempah (pixabay.com/tookapic)

Selanjutnya, setelah kamu mengetahui manfaat mengonsumsi minuman jamu beras kencur, silakan coba buat jamu sendiri di rumah! Dilansir dari IDN Times, Sobat Yummy bisa coba membuat jamu beras kencur dengan menggunakan resep mudah berikut ini.

Bahan:

  1. 50 gram beras, cuci bersih, rendam selama satu jam
  2. air secukupnya
  3. 100 gram kencur
  4. 5 sdm gula pasir
  5. 75 gram gula merah
  6. 3 ruas jahe, geprek 

Cara membuat:

  1. Siapkan seluruh bahan.
  2. Rebus jahe, gula merah, dan gula pasir pada air dalam panci yang telah mendidih, lalu sisihkan.
  3. Haluskan beras, kencur, dan satu gelas air dengan menggunakan blender.
  4. Campur kedua bahan yang telah dibuat. Aduk hingga rata dan tuang dalam gelas.
  5. Jamu beras kencur bisa dinikmati.

Manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan begitu melimpah, mulai dari atasi mual bagi ibu hamil sampai bisa bantu rawat kesehatan kulit dari dalam. Minuman tradisional ini pun bisa kamu coba buat di rumah dengan mudah. Keluarga tercinta sehat dengan minuman yang menyehatkan, jamu beras kencur!

Baca Juga: Kenali Manfaat Jamur, Sayuran yang Mengandung Vitamin D

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Diana Nurjanah

Diana Nurjanah

Sop Ayam Klaten Berempah

Sop Ayam Klaten Berempah

(5.0)

5 langkah

218

Naila Rizqa

Naila Rizqa

Talam Jagung Hunkwe

Talam Jagung Hunkwe

(5.0)

6 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi