10 Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan, Simbol Kebahagian Imlek

Selain lezat, jeruk mandarin juga menimbulkan kebahagiaan

10 Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan, Simbol Kebahagian Imlek

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Dalam perayaan Imlek tentunya tidak akan bisa lepas dari Jeruk Mandarin. Konon katanya, jeruk Mandarin sering dilambangakan sebagai kekayaan dan nasib baik. Selain itu, orang Tionghoa juga percaya bahwa memberikan jeruk mandarin saat Imlek merupakan cara simbolis mereka untuk mendoakan kebahagiaan dan kemakmuran seseorang.

Meskipun sering disangkut pautkan dengan kepercayaan, ternyata jeruk mandarin juga memiliki banyak nutrisi baik yang menyehatkan tubuh, bahkan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut merupakan 10 manfaat jeruk mandarin yang sudah Yummy rangkum untuk kamu:

1. Mencegah Kanker

Ilustrasi pengidap kanker
Ilustrasi pengidap kanker (unplash/FatCamera)

Kanker merupakan penyakit berbahaya yang sangat mematikan. Penyebaran sel kanker dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada organ lainnya. Namun, siapa sangka salah satu manfaat jeruk mandarin ternyata dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Hal ini dikarenakan jeruk mandarin memiliki kandungan limonene, vitamin, dan  cryptoxanthin beta yang dapat mencegah perkembangan sel kanker, terutama pada kanker hati.

2. Menurunkan Kolesterol

Ilustrasi kolesterol
Ilustrasi kolesterol (unplash.com/donskarpo)

Kandungan antioksidan dalam jeruk mandarin dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Selain itu, synephrine yang diciptakan jeruk ini juga dapat mengekang produksi kolesterol dalam tubuh. Sehingga ketika kamu mengonsumsinya kamu juga bisa mengurangi kolesterol jahat di tubuh kamu.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Ilustrasi mengecek tekanan darah
Ilustrasi mengecek tekanan darah (istockphoto.com/GlobalStock)

Memakan jeruk mandarin secara teratur, dapat membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, lho. Manfaat jeruk mandarin ini dapat dirasakan karena jeruk mandarin memiliki kandungan serat, potasium, kalium dan antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan membuat aliran darah kamu menjadi lebih lancar lagi. 

4. Menurunkan berat badan

Ilustrasi mengecek timbangan
Ilustrasi mengecek timbangan (istockphoto.com/Rostlslav_Sedlacek)

Sobat Yummy sedang diet?

Mungkin buah ini cocok dimakan sebagai hidangan atau cemilan saat diet. Tentunya, ini dikarenakan jeruk mandarin memiliki kandungan kalori dan serat yang rendah sehingga dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, jeruk mandarin juga memiliki kandungan mineral yang baik untuk tubuh agar kamu tidak mudah dehidrasi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ilustrasi kekebalan tubuh yang baik
Ilustrasi kekebalan tubuh yang baik (istockphoto.com/Ijubaphoto)

Pasti Sobat Yummy sudah tidak asing lagi, kalau vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat jeruk mandarin yang satu ini dapat dirasakan karena kandungan vitamin C yang ada pada jeruk mendarin sangat berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, sifat anti-mikroba pada jeruk mandarin juga dapat mencegah luka yang  berasal dari virus, bakteri, dan jamur.

Baca Juga: 15 Macam-Macam Jeruk di Dunia dan Cirinya

6. Melancarkan sistem pencernaan

Ilustrasi sakit pencernaan
Ilustrasi sakit pencernaan (istocphoto.com/lpopba)

Memperbaiki pola makan memang dapat melancarkan sistem pencernaan. Cara terbaik yang biasa dilakukan adalah dengan memperbanyak buah, salah satunya jeruk mandarin. Jeruk mandarin memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Serat dalam jeruk ini juga dapat mencegah sembelit dan mencegah bakteri masuk ke pencernaan.

7. Memperkuat tulang

Ilustrasi sakit tulang
Ilustrasi sakit tulang (hellosehat.com)

Manfaat jeruk mandarin yang berikutnya adalah dapat memperkuat tulang. Kandungan vitamin A pada jeruk mandarin sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan diferensiasi sel pada tubuh.

Tak hanya itu, jeruk mandarin juga memiliki kandungan magnesium, kalsium, fosfor yang tentunya berkontribusi baik pada kesehatan tulang. Dengan mengonsumsinya secara rutin, akan membuat kamu mendapatkan tulang yang sehat.

Baca Juga: 10 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan Tubuh

8. Menurunkan risiko batu ginjal

Ilustrasi batu ginjal
Ilustrasi batu ginjal (istockphoto.com/choicegraphx)

Penyakit batu ginjal biasanya ditandai dengan rasa sakit yang luar biasa pada pangkal perut hingga pangkal dada. Penyebabnya biasanya dikarenakan rendahnya kadar sitrat dalam urine. Untuk pencegahanya, kamu bisa mengonsumsi jeruk mandarin. Manfaat jeruk mandarin ini dapat dirasakan karena jeruk mandarin memiliki manfaat sebagai sumber asam sitrat alami yang dapat mencegah risiko batu ginjal.

9. Meningkatkan kesehatan jantung

Ilustrasi pengecekan jantung
Ilustrasi pengecekan jantung (istockphoto.com/KSChong)

Siapa sangka ternyata salah satu manfaat jeruk mandarin adalah baik untuk kesehatan jantung. Di dalam jeruk mandarin terdapat kandungan serat serta kalium yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, jeruk mandarin juga mengandung mineral dan lemak yang rendah, sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

10. Meningkatkan kesehatan kulit

Ilustrasi kulit sehat
Ilustrasi kulit sehat (istocphoto.com/YakobchukOlena)

Sobat Yummy ingin mencerahkan kulit?

Bagi pengguna skincare, tentunya tidak asing dengan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Jika biasanya skincare diaplikasikan di luar kulit, bukankah akan lebih baik jika kita tambahkan "skincare" dari dalam juga?

Inilah manfaat jeruk mandarin terakhir dari Yummy App kali ini, yaitu dapat mencerahkan kulit.

Dengan mengonsumsi jeruk mandarin kamu akan mendapatkan asupan vitamin C dari dalam tubuh. Hal ini tentunya akan membuat kulit kamu lebih cerah dan bebas dari flek hitam maupun bekas jerawat.

Baca Juga: 10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itulah beberapa manfaat jeruk madarin. Tidak hanya sebagai simbol kebahagiaan, ternyata jeruk kecil ini juga memiliki banyak manfaat. Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi makanan serta wawasan kuliner lainnya di Yummy!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rinka Loumitha

Rinka Loumitha

Nastar Fantasi #ImlekanDiYummy

Nastar Fantasi #ImlekanDiYummy

(5.0)

8 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi