10 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

​Temukan beragam manfaat jus alpukat untuk kesehatan tubuh

10 Manfaat Jus Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Alpukat yang memiliki nama latin Persea americana merupakan buah yang memiliki kulit lembut tidak rata dan cenderung berwarna hijau tua hingga kecokelatan. Dagingnya sendiri berwarna hijau muda dengan gradasi kuning di dekat kulit dan bijinya. Alpukat sering diolah sebagai pengganti daging dalam roti lapis ataupun diolah menjadi jus.

Di Indonesia sendiri, jus alpukat menjadi salah satu minuman olahan yang sangat populer. Biasanya, para penjual menambahkan pemanis seperti susu untuk mengakali rasa daging alpukat yang cenderung tawar.

Kandungan jus alpukat

jus alpukat
ilustrasi jus alpukat (unsplash.com/Art Rachen)

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi dan kerap dijadikan sebagai makanan pemberi energi. Alpukat telah banyak digunakan dalam industri farmasi dan kosmetik karena berbagai tingkat minyak yang ada dalam daging buahnya.

Jus alpukat dianggap sebagai makanan super karena menjadi sumber dari berbagai nutrisi seperti serat dan kalium yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, jus alpukat memiliki kandungan fruktosa yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk orang yang mengidap diabetes, obesitas, dan asam urat. Menurut Food Data Central US Departement of Agriculture kira-kira dalam setengah buah alpukat, atau 100 gram, mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 160 kalori (kkal)
  • 14,7 gram lemak
  • 8,5 gram karbohidrat
  • 6,7 gram serat
  • kurang dari 1 gram gula

Nah, yuk simak lebih lanjut lagi beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi jus alpukat!

Manfaat jus alpukat

Jus alpukat memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Penasaran apa saja manfaatnya? Untuk itu, simak manfaat jus alpukat berikut ini!

1. Kesehatan jantung

Alpukat kaya akan lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik), sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Menjaga sistem pencernaan

Jus alpukat dapat menjadi sumber serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat dalam alpukat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Alpukat juga merupakan makanan rendah fruktosa sehingga memperkecil kemungkinan pembentukan gas. 

3. Mengontrol gula darah

Alpukat memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Ini bisa bermanfaat bagi mereka yang memiliki diabetes atau yang ingin menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Baca Juga: 15 Resep Olahan Alpukat yang Sehat, Nikmat dan Bikin Nagih

IDNTimes

4. Mengurangi risiko kanker

Alpukat mengandung senyawa antioksidan seperti glutation, karotenoid, dan vitamin E, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko perkembangan kanker. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa tingginya kadar lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat juga relevan untuk pencegahan risiko kanker mulut dan faring, kanker pankreas, dan kanker kandung kemih.

5. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi

Lemak sehat dalam alpukat membantu penyerapan nutrisi tertentu yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K. Ini berarti jus alpukat dapat membantu tubuh memanfaatkan nutrisi lebih baik.

6. Kulit yang sehat

Sobat Yummy harus tahu nih bahwa alpukat dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan berkilau. Kandungan dalam alpukat yang bagus untuk kulit salah satunya adalah vitamin C, vitamin E, dan jumlah senyawa radikal bebas seperti beta-cryptoxanthin, beta karoten, zeaxanthin, alfa-karoten, dan lutein. Alpukat juga kaya akan antioksidan, sehingga banyak digunakan karena sifat anti-penuaannya yang mampu membantu perbaikan kulit.

7. Menjaga kesehatan mata

Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang penting untuk kesehatan mata. Konsumsi jus alpukat secara teratur dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan radikal bebas.

Ilustrasi Jus Alpukat (youtube.com/myfoodbook)
Ilustrasi Jus Alpukat (youtube.com/myfoodbook)

8. Mengurangi peradangan

Alpukat mengandung senyawa anti-inflamasi, seperti fitosterol dan polifenol, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi penderita arthritis atau kondisi inflamasi lainnya.

9. Menyediakan energi

Alpukat mengandung nutrisi seperti protein dan serat yang dapat membantu mempertahankan tingkat energi sepanjang hari. Buah dengan tekstur yang creamy ini juga mengandung lemak baik yang dapat meningkatkan tingkat energi dan membuat nutrisi yang larut dalam lemak lebih tersedia di dalam tubuh. Selain itu, meminum jus alpukat dapat memberikan dorongan energi yang sehat tanpa menyebabkan lonjakan gula darah.

10. Meningkatkan kesehatan otak

Alpukat kaya akan asam lemak omega-3, yang penting untuk kesehatan otak. Konsumsi jus alpukat secara teratur dapat mendukung fungsi kognitif yang baik dan menjaga kesehatan otak.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Jus Alpukat yang Enak, Lezat, dan Mudah

Itulah beberapa manfaat jus alpukat yang harus Sobat Yummy ketahui. Meskipun jus alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan, pastikan untuk mengonsumsinya dengan bijak, tanpa pemanis yang tidak perlu, dan  dengan porsi seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan aktif.

Apabila ingin mengetahui informasi serupa lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam tips dan rekomendasi seputar kuliner yang tentu sangat bermanfaat.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

amalia saras

amalia saras

Alpukat Kocok

Alpukat Kocok

(5.0)

30 mnt

90

Artikel Lainnya di nutrisi