5 Manfaat Jus Jambu Biji, Bantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dan antioksidannya tinggi

5 Manfaat Jus Jambu Biji, Bantu Menurunkan Berat Badan

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Tahukah kamu bahwa jus jambu bukan hanya enak, tetapi juga sarat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan?

Jambu biji adalah sumber vitamin C, yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, jambu juga mengandung serat, potassium, dan mineral penting lainnya, yang mampu mendukung berbagai fungsi tubuh.

Dalam artikel ini, Yummy App akan membahas 5 manfaat jus jambu yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak!

1. Mengurangi rasa sakit saat mensturasi

manfaat jus jambu biji untuk menstruasi
ilustrasi sakit menstruasi (freepik.com/diana-grytsku)

Kamu bisa memanfaatkan daun jambu biji untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Kandungan dalam daun jambu mampu mengatasi ketidaknyamanan dan rasa sakit yang sering dirasakan saat menstruasi.

Khasiat ini didukung oleh temuan dari studi berjudul Effect of a Psidii guajavae folium extract in the treatment of primary dysmenorrhea: a randomized clinical trial yang menyebutkan bahwa mengonsumsi ekstrak daun jambu biji efektif dalam meredakan nyeri dan kram menstruasi.

2. Menurunkan kadar gula darah

ilustrasi risiko terkena diabetes rendah
ilustrasi risiko terkena diabetes rendah (freepik.com/xb100)

Manfaat jus jambu biji selanjutnya yaitu dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Selain itu, buah yang kaya akan serat dan antioksidan ini juga turut berperan dalam mengurangi risiko resistensi insulin.

Bahkan, terapi menggunakan air rebusan daun jambu biji telah terbukti sebagai alternatif efektif dalam menurunkan kadar glukosa darah bagi penderita diabetes tipe 2. Ini menjadikannya pilihan buah yang baik bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena penyakit ini.

Baca Juga: 6 Jus Buah untuk Melancarkan BAB dan Atasi Sembelit

3. Meningkatkan kesehatan jantung

kesehatan jantung
ilustrasi kesehatan jantung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin ini memiliki kekuatan luar biasa untuk menjaga jantung tetap sehat. Kandungan potasium dan serat larut air yang tinggi di dalam jambu biji berperan penting dalam mendukung fungsi jantung yang optimal.

Selain itu, buah ini juga berkontribusi pada penurunan tekanan darah dan kolesterol LDL, dua faktor utama yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dengan kemampuannya meningkatkan keseimbangan natrium dan kalium, jambu biji efektif dalam mengatur tekanan darah, sangat cocok bagi Sobat Yummy yang mengalami hipertensi.

4. Menurunkan berat badan

diet menurunkan berat badan
ilustrasi diet menurunkan berat badan (freepik.com)

Mau camilan rendah kalori yang bisa bantu menurunkan berat badan? Sobat Yummy wajib mencoba jus jambu biji! Dengan hanya 37 kalori dalam satu buah jambu biji ukuran sedang, ini menjadi pilihan sempurna bagi Sobat Yummy yang ingin tetap kenyang tanpa khawatir kalori berlebih.

Ditambah, kandungan serat yang tinggi dan gula yang rendah dalam jambu biji, memastikan Sobat Yummy merasa kenyang lebih lama. Sehingga membantu mengurangi keinginan untuk ngemil junk food.

5. Melancarkan sistem pencernaan

sakit nyeri perut
ilustrasi sakit perut (freepik.com/diana-grytsku)

Manfaat jus jambu biji juga sangat berarti bagi kesehatan sistem pencernaan, lho. Jus jambu biji, dan ekstrak daunnya, sudah lama dikenal sebagai obat herbal dalam mengatasi sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi.

Selain itu, jambu biji juga memiliki sifat antimikroba yang dapat menetralkan mikroba berbahaya di dalam usus, mengurangi risiko diare. Dengan mengonsumsi jambu biji, Sobat Yummy tidak hanya mendukung pencernaan yang sehat tetapi juga melindungi tubuh dari gangguan pencernaan seperti diare.

Baca Juga: 8 Cara Membuat Jus Jambu yang Enak dan Segar 

Tak hanya bantu jaga kesehatan pencernaan, manfaat jus jambu biji juga berperan dalam menurunkan gula darah, serta meningkatkan kesehatan jantung. Dengan asupan yang cukup, jus jambu dapat menjadi kunci menuju tubuh yang sehat dan bugar.

Jika kamu ingin menemukan resep, nutrisi, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

andrenia giawati

andrenia giawati

Setup Jambu Biji

Setup Jambu Biji

(5.0)

7 langkah

417

Artikel Lainnya di nutrisi