10 Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan Tubuh yang Menyegarkan

Apa sajakah manfaat jus mangga?

10 Manfaat Jus Mangga untuk Kesehatan Tubuh yang Menyegarkan

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Jus mangga dikenal menyegarkan dan jadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis, bahkan tanpa perlu ditambah gula. Selain menyegarkan, ternyata ada segudang manfaat jus mangga yang mungkin Sobat Yummy belum sadari, lho. Kira-kira, apa saja, ya, manfaat jus mangga? Untuk kalian yang penasaran, simak artikel ini!

1. Merawat kesehatan jantung

Mengonsumsi buah mangga dapat merawat kesehatan jantung karena mengandung magnesium dan potasium, yang membantu menjaga aliran darah dan stabilitas tekanan darah. 

Kandungan antioksidan seperti mangiferin dalam mangga juga bermanfaat untuk melindungi sel-sel jantung dari peradangan, stres oksidatif, dan mempromosikan penurunan kadar kolesterol serta asam lemak dalam darah.

2. Mengurangi kemungkinan diabetes

Makan buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dan karotenoid bisa membantu mencegah diabetes. Buah mangga, yang tinggi kandungan nutrisi ini, juga dapat memberikan efek yang sama. 

Namun, perlu penelitian lebih lanjut karena mangga mengandung gula alami yang tinggi. Artinya, jus mangga bisa meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Mengurangi risiko kanker

Mangga mengandung polifenol yang memiliki efek anti-kanker dengan melindungi tubuh dari stres oksidatif yang merupakan faktor risiko untuk berbagai jenis kanker. Polifenol dalam mangga dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan menghambat pertumbuhan sel kanker seperti leukemia dan kanker usus besar.

4. Kandungan senyawa nutrisi tinggi dalam buah mangga

Ilustrasi jus mangga (youtube.com/tiffinbox)
Ilustrasi jus mangga (youtube.com/tiffinbox)

Buah mangga mengandung banyak polifenol, senyawa alami dari tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini juga kaya akan beragam senyawa tumbuhan yang terdapat di daging, kulit, dan bahkan bijinya.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mangga memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung nutrisi yang penting seperti vitamin A dan C. 

Vitamin A membantu menurunkan risiko infeksi, sementara vitamin C membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih, meningkatkan efektivitas kerja sel tubuh, dan memperkuat pertahanan kulit.

6. Meningkatkan pencernaan

Buah mangga bisa mendukung kesehatan pencernaan karena mengandung senyawa amilase dan serat makanan yang dapat mencegah masalah sembelit. Senyawa amilase membantu mencerna makanan di perut dan memecah pati yang sulit, yang pada gilirannya dapat menghindari sembelit.

7. Potensial untuk menjaga kesehatan mata

Mangga kaya akan nutrisi yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Selain polifenol, mangga juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Lutein dan zeaxanthin berfungsi sebagai pelindung alami di retina, menyerap cahaya berlebihan serta melindungi mata dari radiasi blue light yang berpotensi merusak.

8. Penting untuk kesehatan tulang dan otot

Ilustrasi jus mangga (youtube.com/bangaafrica)
Ilustrasi jus mangga (youtube.com/bangaafrica)

Mangga mengandung magnesium yang penting untuk kesehatan tulang dan otot. Magnesium membantu dalam pembentukan tulang yang kuat dan menjaga otot agar tetap berfungsi dengan baik. 

Selain itu, magnesium juga berperan dalam proses kontraksi otot dan mengatur keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

9. Bagus untuk diet

Mangga rendah kalori, tetapi kaya serat, vitamin, dan antioksidan. Serat membantu menjaga rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan makan berlebihan. 


Vitamin dan antioksidan membantu menjaga kesehatan tubuh dan mempercepat metabolisme. Jadi, masukkan mangga ke dalam diet penurunan berat badan dapat membantu mengontrol asupan kalori dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

10. Baik untuk pencernaan dan menjaga kesehatan usus

Mangga mengandung serat tinggi, yang baik untuk pencernaan karena membantu dalam memperlancar proses pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. 

Serat juga membantu menjaga kesehatan usus dengan memperbaiki flora usus dan mencegah penyakit usus seperti divertikulitis. Selain itu, serat juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: 10 Cara Membuat Jus Mangga yang Mudah, Segar, dan Menyehatkan

Dengan semua manfaat jus mangga untuk kesehatan ini, tidak ada alasan untuk tidak menambahkan jus mangga ke dalam pola makan sehat Sobat Yummy! Dan segera install Yummy App agar bisa mengetahui berbagai minuman dan makanan sehat lainnya.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Atik Haryono

Atik Haryono

Jus Mangga Jambu Madu

Jus Mangga Jambu Madu

(5.0)

6 langkah

175

Artikel Lainnya di nutrisi