8 Manfaat Jus Nanas yang Mengagumkan untuk Kesehatanmu

Bantu atasi hidung tersumbat sampai cegah diare!

8 Manfaat Jus Nanas yang Mengagumkan untuk Kesehatanmu

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Buah yang memiliki rasa manis dan asam ini tidak hanya lezat, namun juga dipenuhi dengan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatanmu. Nanas kaya akan vitamin C, mangan, dan berbagai enzim yang bermanfaat. Nanas juga memiliki tingkat serat yang baik dan rendah kalori.

Sementara itu, jus nanas memiliki sebagian besar kandungan gizi tersebut, menjadikannya minuman yang bergizi. Lalu, apa saja manfaat jus nanas untuk kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya.

1. Melegakan hidung tersumbat

Jus nanas tidak hanya menyegarkan, tapi juga bermanfaat dalam membantu melegakan hidung tersumbat. Khasiat ini berasal dari bromelain yang terkandung dalam nanas.

Bromelanin berfungsi sebagai pengencer lendir, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, kandungan bromelanin juga memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif dalam meredakan peradangan, termasuk yang menyebabkan hidung tersumbat.

2. Meredakan batuk

Pernah terpikirkan minum jus nanas saat batuk? Good news, nanas dapat menjadi pilihan efektif untuk membersihkan saluran pernapasan dan meredakan gejala batuk yang mengganggu, lho.

Khasiat ini berasal dari enzim bromelain, yang memiliki sifat mukolitik, membantu mengencerkan dan memecah lendir yang menyumbat di tenggorokan.

Lebih daripada itu, jus nanas kaya akan vitamin C yang dikenal dengan kemampuannya meningkatkan sistem imun tubuh. Ini memberi Sobat Yummy kekuatan tambahan dalam melawan infeksi dan alergi yang seringkali menjadi pemicu batuk. 

3. Mengatasi radang tenggorokan

peradangan kulit
ilustrasi kulit mengalami peradangan (pexels.com/picasjoe)

Saat merasa tidak nyaman akibat radang tenggorokan, jus nanas bisa menjadi solusi alami yang efektif, nih. Kandungan enzim bromelain di dalam nanas, berperan aktif dalam meredakan nyeri dan peradangan tenggorokan karena adanya sifat antiinflamasi yang kuat.

Tidak hanya itu, bromelain juga dikenal memiliki kemampuan untuk melawan virus, menawarkan pendekatan ganda dalam mengatasi sakit tenggorokan.

Baca Juga: Resep Minuman Herbal untuk Radang Tenggorokan

4. Mencegah katarak

Manfaat jus nanas selanjutnya yaitu dapat membantu mencegah katarak. Kandungan vitamin C dalam nanas berperan penting dalam mencegah kondisi degenerasi makula yang sering kali berujung pada katarak, sekaligus menjaga Sobat Yummy dari risiko kebutaan.

Lebih jauh, jus nanas diperkaya oleh vitamin A dan beta karoten, yang menjadi booster dalam melindungi kesehatan mata.

5. Mengatasi perut kembung

Salah satu alternatif solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi perut kembung yaitu dengan minum jus nanas. Buah bernama ilmiah Ananas comosus ini mengandung enzim bromelain yang mampu memecah protein yang seringkali sulit dicerna oleh tubuh, sehingga dapat mengurangi gas dalam perut yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan kembung.

Selain itu, enzim bromelain juga berperan penting dalam memperlancar proses pencernaan dan memfasilitasi gerakan peristaltik usus.Di mana, keduanya krusial dalam meminimalkan masalah pencernaan seperti kembung dan gas.

6. Mengatasi sembelit

sakit perut karena sembelit
ilustrasi sakit perut karena sembelit (freepik.com/freepik)

Jus nanas menjadi solusi alami yang efektif bagi Sobat Yummy yang mengalami masalah sembelit. Kombinasi kandungan serat yang tinggi dan enzim bromelain dalam nanas berperan penting dalam memperlancar pencernaan.

Enzim bromelain secara khusus membantu memecah protein, membuatnya lebih mudah diserap oleh usus. Dengan begitu, proses pencernaan menjadi lebih lancar dan mengurangi risiko sembelit.

7. Mencegah Diare

Enzim bromelain dalam nanas tidak hanya efektif dalam mencegah diare yang disebabkan oleh bakteri berbahaya. Melainkan juga menghalangi zat asing berbahaya yang bisa memperparah kondisi diare dengan menempel pada reseptor di usus.

Selain itu enzim bromelain juga memiliki sifat antibakteri yang kuat, menjadikannya pelindung yang efektif terhadap serangan bakteri E. coli dan V. cholera yang menyebabkan diare.

8. Meredakan Asma

Manfaat jus nanas terakhir yaitu dapat membantu meredakan asma. Kandungan enzim bromelain dan vitamin C dalam nanas, terutama ketika dikonsumsi dalam bentuk jus, dikenal memiliki sifat antiinflamasi yang kuat.

Bromelain dan vitamin C berperan penting dalam meredakan gejala bronkokonstriksi, yaitu kondisi penyempitan saluran bronkus yang sering kali memicu kesulitan bernapas pada individu yang mengidap asma.

Selain itu, berbagai pemicu eksternal seperti polusi udara dan stres dapat meningkatkan risiko dan intensitas serangan asma dengan menyebabkan peradangan di saluran pernapasan. Inilah mengapa konsumsi jus nanas dapat menjadi salah satu strategi efektif untuk Sobat Yummy dalam mengelola asma.

Baca Juga: Asap Masakan Jadi Pemicu Penyakit Asma Kambuh, Benarkah?

Buah yang lezat ini ternyata menyimpan banyak manfaat yang luar biasa, bukan? Nanas mengandung enzim bromelanin yang terbukti ampuh secara ilmiah untuk mendukung kesehatan tubuh, mulai dari bantu melegakan hidung tersumbat sampai meredakan asma.

Jadi, tunggu apa lagi, mari mulai memasukkan jus nanas ke dalam rutinitas harianmu untuk mendapatkan semua manfaatnya!

Jangan lupa untuk download Yummy App di ponsel kamu, untuk melihat berbagai resep, makanan, dan berbagai minuman lainnya!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Netty Suherlis

Netty Suherlis

Jus Bit Nanas Strawberry

Jus Bit Nanas Strawberry

(5.0)

15 mnt

166

Artikel Lainnya di nutrisi